FACHRORI APRESIASI PROGRAM KEMENTERIAN ESDM

Senin 06 Agustus 2018 23:18:58 WIB Dilihat : 732 Kali


FACHRORI APRESIASI PROGRAM KEMENTERIAN ESDM

Ajak Masyarakat Rawat Sumur Bor dan Lampu Tenaga Surya

HALUANNEWS.COM, Kemingking Dalam, Ma.Jambi– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum sangat mengapresiasi program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), yakni Penyediaan Air Bersih Melalui Sumur Bor dan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi masyarakat. Fachrori mengatakan bahwa keduanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu, Fachrori pun mengajak masyarakat untuk merawat dan memelihara bantuan Kementerian ESDM tersebut, serta seluruh infrastruktur yang dibangun pemerintah beserta seluruh stakeholder terkait. Hal itu dikemukakan Fachrori pada Peresmian Penyediaan Air Bersih Melalui Sumur Bor dan Penyerahan Secara Simbolis Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) Kepada Masyarakat Provinsi Jambi, bertempat di Desa Kemingking Dalam Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, Senin (06/08). Plt. Gubernur Jambi mendampingi Menteri ESDM meresmikan sumur bor untuk air bersih dan menyerahkan secara simbolis LTSHE.

Fachrori berpesan kepada masyarakat Provinsi Jambi, khususnya masyarakat Desa Kemingking untuk senantiasa menjaga dan memelihara seluruh infrastruktur yang telah dibangun Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Hal tersebut dikatakan Fachrori

“Kita harus bisa menjaga dan memelihara semua infrastruktur yang telah dibangun Pemerintah, karena selama ini permasalahan yang ada adalah masalah pemeliharaan. Kita bisa membangun, tetapi soal penjagaan dan pemeliharaan sering menjadi kendala,” tutur Fachrori.

Fachrori mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI yang telah membangun sarana penyediaan air bersih melalui sumur bor dan program pemasangan LTSHE. Semoga dengan pembangunan ini, akan mempengaruhi keberhasilan pembangunan sektor ekonomi masyarakat di Provinsi Jambi.

“Kita semua mengetahui, rakyat dikatakan sejahtera apabila kebutuhan terpenuhi, baik itu kebutuhan pangan, sandang, papan, pendidikan, kesehatan, rasa aman dan lingkungan yang nyaman. Pemerintah tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menekan angka kemiskinan yang masih ada sampai saat ini,” ujar Fachrori.

Fachrori mengungkapkan, peresmian penyediaan air bersih dan pemasangan LTSHE ini merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah akan terus melakukan percepatan pembangunan, karena pembangunan sendiri merupakan proses yang terus berjalan secara berkesinambungan, bukan sesuatu yang jadi begitu saja semudah membalikkan telapak tangan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Ignasius Jonan mengemukakan, kebutuhan air lebih penting dari penerangan, karena jika airnya kurang bagus maka tingkat kesehatan masyarakat juga tidak bagus, sehingga tingkat kehidupan masyarakatnya pun tidak panjang. Jadi sumur bor ini menjadi sangat penting bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Jika airnya tidak bersih, biaya kesehatan masyarakat makin lama menjadi sangat tinggi, untuk itu program yang saya bawa ini sangat penting sekali bagi masyarakat, terlebih lagi masyarakat yang tinggal jauh di desa-desa dan sulit mendapatkan air bersih,” ungkap Jonan. 

Jonan berpesan kepada Plt.Gubernur Jambi dan Bupati/Walikota yang ada di Provinsi Jambi untuk segera mengusulkan daerah mana saja yang ingin mendapatkan program air bersih ini, karena Kementeria ESDM RI akan membangun 750 sumur bor pada tahun 2019. “Untuk tahun ini saja Provinsi Jambi masih kurang dalam alokasi sumur bor ini, harusnya bisa mendapat 15 sumur bor karena Kementerian ESDM pada tahun ini membangun 550 sumur bor di 34 Provinsi di Indonesia,” ujar Jonan.

Lebih lanjut, Jonan menambahkan terkait LTSHE ini juga merupakan program dari Kementerian ESDM bagi masyarakat, terutama masyarakat di wilayah yang tidak ada sambungan listrik umum dan pada tahun ini Kementerian ESDM memasang 175 ribu LTSHE, sedangkan Jambi hanya mendapat 809 LTSHE. “Untuk tahun depan, saya berharap Provinsi Jambi bisa mendapatkan lebih dari 1.000 LTSHE, jadi Provinsi Jambi harus segera mengajukan daerah mana saja yang butuh LPTSHE ini, supaya kami bisa cepat mengalokasikannya untuk Provinsi Jambi,” kata Jonan.

Muaro Jambi, Hj.Masnah Busro,SE mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menteri ESDM di Desa Kemingking Dalam ini untuk meresmikan sumur bor dan menyerahkan LTSHE yang merupakan program dari Kementerian ESDM. “Semoga program yang telah diberikan oleh Kementerian ESDM ini membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Muaro Jambi,” kata Masnah Busro. (Humas Pemprov Jambi) 


Tag Berita :
#InfoTerkini #PemprovJambi #MuaroJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia

Berita terakit :


Ketua Darma Wanita Buka Lomba Busana Melayu
Senin 28 November 2016

Ketua Darma Wanita Buka Lomba ...

Panglima TNI :  Perlengkapan BNPP Semakin Baik
Sabtu 13 Januari 2018

Panglima TNI : Perlengkapan B ...

4 Cara Praktis Atasi Lonjakan Kolesterol
Minggu 11 Februari 2018

4 Cara Praktis Atasi Lonjakan ...

Pemda Diharapkan Memberikan Perhatian Yang Lebih Terhadap Pengawasan Ketenagakerjaan
Jumat 06 Januari 2017

Pemda Diharapkan Memberikan Pe ...