KADES SUNGAI GELAM BERHASIL TURUNKAN KONFLIK LAHAN

Kamis 02 Agustus 2018 17:23:18 WIB Dilihat : 420 Kali


KADES SUNGAI GELAM BERHASIL TURUNKAN KONFLIK LAHAN

HALUANNEWS.COM, Muaro Jambi--Kades Sungai Gelam yang baru Hasanudin, dimana baru menjabat beberapa bulan ini telah berhasil menekan angka kasus sengketa lahan di wilayahnya. Keberhasilan ini disampaikan oleh Sekretaris Desa Sungai Gelam Asishudin kepada HaluanNews.com baru-baru ini.
 
"Alhamdulillah saat ini angka konflik lahan di Sungai Gelam cenderung menurun" ungkap Asis saat ditemui di ruangannya. 
 
Dia menambahkan bahwa keberhasilan ini karena Pak Kepala Desa cenderung berhati-hati saat memberikan surat menyurat berkenaan dengan tanah. Bahkan saat ini dalam penerbitan Girik, SKT atau Sporadik sebagai legalitas tanah, harus di lengkapi surat keterangan ketua RT setempat, pernyataan pemilik tanah yang berbatasan, dan pernyataan tua-tua kampung.
 
Sekdes juga menambahkan bahwa dalam pembuatan surat-menyurat tanah tidak lah langsung jadi. "Ada proses dulu, idak langsung jadi, karena kita punya SOP" jelas nya 
 
Asis bahkan menerangkan kasus atau kejadian sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan Pemerintah Desa langsung menyelesaikan dengan cara musyawarah. "Ada baru-baru ini sengketa di lahan PT.Borneo, alhamdulillah kami dapat menyelesaikannya dengan musyawarah" ungkap Asis.
 
Selain itu, Asis juga menyampaikan bahwa kepada masyarakat dihimbau untuk bisa memaklumi, apabila Pemerintah Desa dilarang menerbitkan atau membuat surat tanah yang berada di kawasan hutan.
 
Dirinya juga menghimbau agar masyarakat yang merasa memiliki tanah agar segera menerbitkan PBB guna meningkatkan penerimaan daerah dan meningkatkan pembangunan di desa Sungai Gelam. (RS)

Tag Berita :
#InfoTerkini #MuaroJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia

Berita terakit :


Pembukaan Unit Pelayanan Sosial Keliling
Selasa 27 September 2016

Pembukaan Unit Pelayanan Sosia ...

CEGAH KENAKALAN REMAJA, WAKIL BUPATI CIANJUR LAKUKAN SOSIALISASI DI LINGKUNGAN SEKOLAH
Kamis 18 Januari 2018

CEGAH KENAKALAN REMAJA, WAKIL ...