Bangsa yang Maju Harus Hargai Lingkungan

Selasa 31 Juli 2018 22:42:21 WIB Dilihat : 483 Kali


Bangsa yang Maju Harus Hargai Lingkungan

HALUANNEWS.COM, NTB--Bangsa yang maju tercermin dari penghargaannya terhadap lingkungan hidup. Dan Indonesia sudah memiliki setidaknya 42 kebun raya (KR) sebagai tempat konservasi tanaman khas Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mengelola KR tetsebut dengan baik sebagai komitmen terhadap lingkungan.

“Kami cukup terkesan dengan Kebun Raya Lemor yang merupakan hasil kreasi dari LIPI. Saya pikir perlu diperbanyak KR seperti ini di Indonesia, sebagai apresiasi terhadap lingkungan. Saya pikir ukuran suatu bangsa maju adalah bagaimana bangsa itu menghargai lingkungan. Saya apresiasi LIPI yang telah mengelola banyak KR di Indonesia,” kata Anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan saat mengikuti Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (30/7/2018).

Seperti diketahui di NTB ada KR Lemor yang menyimpan banyak tumbuhan endemik khas Sunda Kecil (NTB, NTT, Bali). Dan Komisi VII DPR RI sudah melihat dari dekat kawasan KR Lemor yang rencananya akan diresmikan pada 8 Agustus 2018. Proyek membangun sejumlah KR di Tanah Air merupakan bentuk kepedulian dan penghargaan bangsa ini terhadap lingkungan hidup.

“Kebun raya ini menandakan pula komunitas masyarakat lokal sangat menghargai lingkungan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya konservasi alam,” ucap Anggota F-PAN DPR RI itu.

Masing-masing KR, sambungnya, punya keunikannya sendiri dari sisi flora dan fauna. Di KR Lemor misalnya, ada anggrek Vanda lombokensis sebagai tanaman endimik khas Lombok. Bunganya putih dengan bintik-bintik coklat yang sangat anggun. (Parlementaria)


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional

Berita terakit :


Seskab dan Dirut Bank Mandiri ‘Launching’ Lomba Media Sosial#MenujuIndonesiaMaju
Senin 26 Maret 2018

Seskab dan Dirut Bank Mandiri ...

Santap Makanan Ini Setelah Anda Melahap Junk Food
Minggu 24 Desember 2017

Santap Makanan Ini Setelah And ...

Kota Surabaya Akan Miliki Kebun Raya Mangrove Pertama di Dunia
Jumat 23 Februari 2018

Kota Surabaya Akan Miliki Kebu ...