Ingin Sperma Anda Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini

Sabtu 28 Juli 2018 23:07:54 WIB Dilihat : 23 Kali


Ingin Sperma Anda Sehat? Konsumsi 5 Makanan Ini

HALUANNEWS.COM--Apakah Anda pasangan suami istri yang hingga kini belum memiliki anak? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena sperma suami yang kurang sehat. Sebetulnya ada banyak faktor yang bisa memengaruhi kesehatan dan kesuburan sperma, tapi ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk demi kesehatan sperma Anda.

Daripada sembarangan mengonsumsi obat-obatan atau suplemen untuk penunjang kesehatan dan kesuburan sperma, lebih baik dahulukan cara alami dengan mengonsumsi lima jenis makanan di bawah ini:

  1. Tiram (oyster)

“Tiram merupakan jenis makanan laut yang kaya akan kandungan zink, yang mana sperma juga mengandung zink. Dengan mengonsumsi tiram, otomatis produksi sperma dapat meningkat. Selain itu, kandungan mineral zink dalam tiram memiliki efek antivirus,” papar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan zink yang rendah berkaitan dengan infertilitas pria. Tak hanya itu, meski prosesnya belum jelas, tapi ada penelitian yang menemukan bahwa zink berperan besar dalam sistem imun, termasuk dalam penyembuhan luka.

  1. Kacang-kacangan

Dikatakan juga oleh dr. Alvin, kacang-kacangan dapat meningkatkan jumlah sperma. Selain itu, pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, seperti pola makan khas Mediterania, juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit vaskular.

Mengkonsumsi kacang berkaitan dengan perbaikan dari kadar kolesterol darah berdasarkan data analisis dari 25 penelitian yang dipublikasikan pada bulan Mei 2010 dalam jurnal “Archives of Internal Medicine”.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi adalah kacang almond. “Kacang ini dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh akibat dampak stres. Ini karena kandungan zink dalam kacang ini sangat banyak,” kata dr. Alvin.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi biji labu, kacang mete, biji bunga matahari, juga  tahu dan tempe yang merupakan sumber zink yang juga baik bagi tubuh.

  1. Ikan salmon

Makanan yang kaya protein diketahui dapat meningkatkan sperma. Jadi, makanan seperti ikan salmon yang kandungan proteinnya tinggi sangat baik untuk kesehatan sperma. Selain salmon, makanan yang juga kaya protein adalah daging olahan.

Tak hanya tinggi protein, dr. Alvin juga mengatakan bahwa ikan salmon merupakan sumber omega-3 yang tinggi, yang berguna untuk mencegah kolesterol di pembuluh darah serta membantu melindungi jantung terhadap kelainan irama jantung.

Jadi, dengan mengonsumsi ikan salmon, tak hanya sperma sehat yang Anda dapat, tapi juga manfaat kesehatan lain seperti memiliki kadar kolesterol yang baik dalam tubuh.

  1. Bawang putih

Meski banyak orang lebih memilih untuk menghindari bawang putih karena dianggap bisa menciptakan aroma tak sedap, tapi ternyata jenis makanan ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan, termasuk pada vitalitas dan sperma .

“Bawang putih dapat meningkatkan aliran darah ke alat genital dan meningkatkan kekuatan sperma. Selain itu, bawang putih juga kaya akan vitamin B6 dan selenium yang berguna untuk kesehatan sperma. Selenium dan beberapa mineral lain dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu selenium juga berfungsi untuk mencegah kanker kulit,” dr. Alvin menjelaskan.

  1. Dark chocolate

Ya, cokelat tak hanya enak tapi juga kaya manfaat bagi kesehatan. Jika Anda dan pasangan sedang dalam program hamil, jangan ragu untuk mengonsumsi dark chocolate. Menurut dr. Alvin, dark chocolate kaya akan L-Arginin HCL, jenis asam amino yang dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah dan volume sperma.

Selain dengan mengonsumsi lima jenis makanan di atas, secara umum diet yang baik untuk kesehatan sperma adalah diet yang rendah lemak, tinggi protein, gandum, dan sayuran. Selain menerapkan pola makan sehat, kunci untuk kesehatan sperma adalah menghindari atau mengelola stres dan berolahraga secara teratur.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Tak sesuai Kesepakatan awal, Sejumlah Cabup Kerinci Hilir Tolak lembaga Survey yang ditunjuk Tim 7
Sabtu 07 Oktober 2017

Tak sesuai Kesepakatan awal, S ...

Menkeu: “Saya Sangat Mencintai Indonesia”
Rabu 05 Oktober 2016

Menkeu: “Saya Sangat Mencint ...

Ketum IKKT PWA : Anggota IKKT PWA Harus Tingkatkan Wawasan Guna Kemajuan Organisasi
Selasa 20 Februari 2018

Ketum IKKT PWA : Anggota IKKT ...

Gubernur Resmikan Vihara Ksitigarbha Budhisattva
Sabtu 11 Februari 2017

Gubernur Resmikan Vihara Ksiti ...

Luar Biasa, Ribuan Masyarakat Jambi Ikuti Tabligh Akbar Bersama Pemerintah Kota Jambi
Kamis 19 Januari 2017

Luar Biasa, Ribuan Masyarakat ...

Budi daya buah naga bersama H. HENDRO
Minggu 26 November 2017

Budi daya buah naga bersama H. ...