Komisioner Panwaslu Kerinci dan Sungaipenuh Sebaiknya Wajah Baru

Jumat 27 Juli 2018 15:36:23 WIB Dilihat : 846 Kali


Komisioner Panwaslu Kerinci dan Sungaipenuh Sebaiknya Wajah Baru

HALUANNEWS.COM, KERINCI - Hasil evaluasi dan seleksi ulang komisioner Panwaslu tingkat Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jambi, hampir selesai. Termasuk untuk komisioner Panwaslu Kerinci dan Panwaslu Sungaipenuh. 

Menjelang keluarnya hasil akhir seleksi tersebut, khusus untuk Panwaslu Kerinci dan Panwaslu Sungaipenuh, masyarakat berharap pemangku jabatan pengawas pemilu tersebut diganti dengan wajah-wajah baru yang tepat dan berkompeten. 

Mengingat, masa jabatan Panwaslu cukup lama yakni lima tahun. Oleh sebab itu, diharapkan timsel tidak sembarangan menetapkan siapa yang akan menjadi komisioner Panwaslu Kerinci dan Panwaslu Sungaipenuh. 

"Penting untuk digaris bawahi oleh timsel dan Bawaslu, dalam menentukan komisioner Panwaslu untuk Kerinci dan Sungaipenuh, harus benar-benar selektif, dan orang-orang yang mau bekerja serta berkompeten dibidang Pemilu khususnya pengawasan," ungkap Rudi Hartono Ridwar


Selain itu, Timsel dan Bawaslu Jambi dan Bawaslu RI juga harus mempertimbangkan kinerja komisioner Panwaslu selama ini, khususnya kepuasan masyarakat dan peserta pemilu terhadap kinerja mereka. 

"Disamping itu, timsel dan Bawaslu juga perlu menjajaki mencari info ke lapangan, khususnya para Panwascam dan Panwaslu Desa, terkait bagaimana kinerja Panwaslu selama ini, apakah koordinasi dan komunikasi dengan bawahan mereka lancar atau tidak, baik atau tidak," jelasnya. 

Menurut dia, ini penting untuk ditelusuri, mengingat dari kinerja panwas tingakat kecamatan dan desa, sepertinya kurang koordinasi dengan Panwaslu tingkat Kabupaten/Kota. Seolah-olah tanpa dibimtek dan diberi petunjuk sebelum turun ke lapangan, alias dilepas begitu saja dan arahan atau perintah tuntas di Whatsapp saja. 

"Ini salah satu bentuk kinerja Panwaslu tidak efektif, sehingga pengawasan berjalan tidak sempurna. Apalagi setelah bawahan selesai mengawasi baru ada intervensi dari tingkat kota yang menyalahkan bawahan, seharusnya sebelum turun ke lapangan dikoordinasi dulu antara atasan dengan bawahan," jelas Lulusan magister ilmu pendidikan karakter IAIN Kerinci ini

Yang lebih miris lagi, Panwaslu Kerinci saat ini juga telah dilapor ke DKPP, hal ini menunjukkan kinerja Panwaslu Kerinci tidak efektif dan tidak memuaskan. Bahkan saat pendaftaran caleg oleh parpol, dihari terakhir Panwaslu tidak tampak di KPU di jam-jam terakhir. 

Sedangkan Panwaslu Sungaipenuh, lebih banyak melimpahkan ke tingkat kecamatan dan desa, jika terjadi ketidak sesuaian baru diintervensi, padahal seyogyanya sebelum turun ke lapangan dilakukan koordinasi terlebih dahulu agar pengawasan berjalan dengan tepat. 

"Untuk itu, dalam seleksi Panwaslu ini, perlu dipertimbngkan untuk mempertahan yang lama. Akan lebih baik diisi wajah-wajah baru yang berkompeten dan tepat, apalagi dari nama-nama yang ikut seleksi banyak orang-orang yang berpengalaman dibidang pemilu, mereka lah yang lebih pantas dan layak," ungkapnya. 

"Kita yakin dan percaya, timsel sangat profesional untuk mengambil keputusan, karena masyarakat luas sudah tau jejak rekam semua calon yang ikut seleksi dan sejauh mana pengalaman dan pengetahuan mereka dibidang pemilu. Jika yang dipilih bukan orang yang tepat, tentu masyarakat akan sangat kecewa," pungkasnya. (Idp)
 

Tag Berita :
#InfoTerkini #Kerinci/Sungai Penuh #berita terkini indonesia #koran indonesia

Berita terakit :


Indonesia Raih Penghargaan dalam 1st ASEAN Mineral Awards
Jumat 01 Desember 2017

Indonesia Raih Penghargaan dal ...

Kenaikan 15 Persen, Mendagri: Daerah Lakukan Operasi Pasar
Selasa 07 Juni 2016

Kenaikan 15 Persen, Mendagri: ...

Ketua P3KG Unhas Tatap Muka dengan Koordinator Kopertis IX Sulawesi
Jumat 20 Oktober 2017

Ketua P3KG Unhas Tatap Muka de ...

WAGUB KUNKER KE KAB.50 KOTA
Kamis 05 Mei 2016

WAGUB KUNKER KE KAB.50 KOTA

Lakukan Inovasi dan Pelayanan Prima
Sabtu 19 November 2016

Lakukan Inovasi dan Pelayanan ...