Kementrian PUPR Kick Off Percepatan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Provinsi Jambi

Kamis 26 Juli 2018 22:48:12 WIB Dilihat : 821 Kali


Kementrian PUPR  Kick Off Percepatan Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Provinsi Jambi

HALUANNEWS.COM, Jambi- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang melakukan Kick Off Percepatan Uji Sertifikasi  Serentak di Provinsi Jambi.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas Peralatan dan Pembekalan (Alkal), Kamis (26/7) Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR. Turut hadir dalam kegiatan ini Plt Gubernur Jambi diwakili Asisten III Ir Agus Sunaryo, serta seluruh perwakilan Dinas PUPR Kabupaten dan Kota. 
 
Sekertaris Direktorat Jendral Bina Konstruksi Kementerian PUPR Ir. Yaya Supriatna M.eng, Sc mengatakan tujuan kegiatan ini guna mencetak tenaga kerja konstruksi berkualitas sejalan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. 
 
"Jika tenaga kerja konstruksi yang melaksanakan proyek kontruksi tertib menerapkan aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta tertib melaksanakan Standar Operasional Prosedur (S0P), bisa dipastikan pekerjaan konstruksi juga aman dan berkualitas," jelasnya Yaya. 
 
Tidak hanya itu, lanjut Yaya, hal ini juga sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, bahwa target di tahun 2018 ini adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk menambah jumlah tenaga kerja konstruksi bersertifikat, Kementerian PUPR memiliki program percepatan sertifikasi dengan mengembangkan beberapa metode.
 
Untuk tenaga kerja tingkat ahli menggunakan metode distance learning atau belajar jarak jauh berbasis teknologi informasi. Sedangkan untuk tenaga terampll dapat menggunakan metode pengamatan langsung di lapangan (on site project), pelatihan mandiri dan menggunakan fasilitas Mobile Training Unit (MTU).
 
Setditien Bina Konstruksi juga mengingatkan bahwa dukungan stakeholder bidang jasa konstruksi sangat diperlukan, terutama kerjasama dalam pelaksanaan program link and match dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), politeknik, dan Perguruan Tinggi melalui optimalisasi permemagang BUMN Karya. 
 
"Kita juga memperkuat tingkat awereness terhadap kompetensi tenaga kerja konstruksi dalam proyek di lingkungan Kementerian PUPR melalui tindak lanjut Surat Kewajiban Sertitikasi yang telah di buat oleh Ditjen ABCP (SDA, Bina Marga, Cipta Karya, Penyediaan dan Pembiayaan Perumahan)," tambah Yaya.
 
Sementara Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar melalui Asisten II Bidang Ekomoni Pembangunan Ir Agus Sunaryo mengatakan l, bahwa di era desentralisasi dan otonomi daerah, peran Pemerintah Daerah untuk memberikan layanan kepada publik, termasuk penyediaan layanan infrastruktur, sangat diperlukan.
 
Uji Sertifikasi tahap I ini dikuti oleh 542 orang tenaga kerja konstruksi,  Mereka terdiri dari 143 orang yang berasal dari unit organisasi Kementerian PUPR seperti Balai/Satker Ditjen Sumber Daya Air. Lalu 133 orang dari Balai/Satker Ditjen Bina Marga
 
Selanjutnya ada 121 orang dari Dirjen Cipta Karya, 24 Orang dari Dirjen Penyediaan Perumahan daj 121 orang dari seluruh kabupaten dan kota dalam Provinsi Jambi. (rif) 

Tag Berita :
#InfoTerkini #KotaJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia

Berita terakit :


Distribusi KIS Tepat Sasaran, Presiden Jokowi: Perhatikan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Daerah Ter
Rabu 05 Oktober 2016

Distribusi KIS Tepat Sasaran, ...

Pencarian Korban Diperluas, 20 Masih Hilang
Minggu 25 September 2016

Pencarian Korban Diperluas, 20 ...

Panja KUHP Komisi III Terima Masukan Penghapusan Hukuman Mati
Rabu 05 Oktober 2016

Panja KUHP Komisi III Terima M ...

Polsek Kalideres Tangkap Wanita Pengedar Sabu dan Rekan Prianya
Jumat 19 Januari 2018

Polsek Kalideres Tangkap Wanit ...