Program Desa Maritim Bakamla Di Sambas, Diklatnya Dimulai Hari Ini

Rabu 25 Juli 2018 21:19:01 WIB Dilihat : 1572 Kali


Program Desa Maritim Bakamla Di Sambas, Diklatnya Dimulai Hari Ini

HALUANNEWS.COM, Sambas-- Setelah diresmikannya Desa Kuala sebagai Desa Maritim oleh Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, LC., yang beriringan pula dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama antara Bakamla dengan Pemda Sambas, maka sebagai tindak lanjutnya, kini dimulai Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Safetry Training Kapal Layar Motor (BST KLM), di Kantor Desa Kuala, Selakau, Sambas, Kalimantan Barat, Rabu (25/7/2018).
 
Diklat pada hari pertama berlangsung dengan pemberian materi di kelas, yang dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama berlokasi di Kantor Desa Kuala dipandu oleh Hadi Permadi, sedangkan kelas kedua berlangsung di Kantor PPI Sungai Nyirih dibawakan oleh Dr. Riri Anita Agustie. Keduanya adalah dosen dan pengajar di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.
 
Dalam metode klasikal ini, peserta yang berjumlah 115 orang dibekali dengan teknik bertahan hidup dilaut keadaan darurat diatas kapal (Emergency Situations), Evakuasi/persiapan meninggalkan kapal, Pencegahan terjadinya Kebakaran, serta peralatan keselamatan diri (personal live saving applianes). Selain itu ada juga pemberian materi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan. Seluruh materi yang diberikan ini menjadi bekal untuk menghadapi praktek di laut yang akan dilaksanakan pada hari kedua.
 
Kegiatan pemberian materi di kelas berlangsung dalam suasana santai dan kekeluargaan, meskipun tidak mengurangi keseriusan peserta dalam menyerap pengetahuan yang diberikan. Turut serta mendampingi pelaksanaan kegiatan yaitu Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Bakamla Eli Susiyati, S.H., M.H., M.M. dan Kepala SPKKL Sambas Arief Purwantono, S.E., serta Riandi Yudha Gunawan, S.IP., M.Han dan Benny Latif Setiawan yang berperan aktif  mendukung lancarnya kegiatan yang merupakan hasil kerja sama apik antara Bakamla, Pemkab Sambas dan STIP ini.
 
Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla, Mayor Marinir Mardiono

Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #daerah

Berita terakit :


Lumba-Lumba Terdampar  di Pantai Mangindara Takalar
Minggu 09 Juli 2017

Lumba-Lumba Terdampar di Pant ...

Wujudkan Generasi Muda Bebas Rokok
Minggu 18 Maret 2018

Wujudkan Generasi Muda Bebas R ...

Pemkot fokus cegah penyalahgunaan NAPZA
Selasa 11 Oktober 2016

Pemkot fokus cegah penyalahgun ...

Tahun 2018, Dana Desa Naik Menjadi 120 Triliun
Jumat 13 Januari 2017

Tahun 2018, Dana Desa Naik Men ...