5 Cara Alami Redakan Sakit Kepala Sebelah

Minggu 22 Juli 2018 11:49:25 WIB Dilihat : 57 Kali


5 Cara Alami Redakan Sakit Kepala Sebelah

HALUANNEWS.COM--Sakit kepala sebelah, atau migrain, adalah satu dari berbagai jenis sakit kepala yang sangat menyiksa. Untuk meredakannya, para penderita migrain umumnya mengandalkan obat-obatan medis. Efektif memang, tapi perlu diingat, selain obat penting juga untuk mengetahui cara-cara sederhana agar serangan menyebalkan ini dapat segera terlewati.

1. Redakan dengan istirahat

Salah satu pemicu sakit kepala sebelah adalah kelelahan. Istirahatkan tubuh Anda sejenak dari rutinitias dengan tidur yang lelap. Untuk membantu, Anda dapat melakukan beberapa ritual sederhana sebelum memulai tidur, seperti:

  • Mandi air hangat
  • Melakukan pijatan ringan
  • Latihan pernapasan
  • Meredupkan lampu kamar
  • Mendengarkan musik klasik yang menenangkan
  • Tidur pada jam yang sama dari hari ke hari

Jangan memaksakan diri untuk tidur bila tidak sedang mengantuk, karena hal ini justru akan membuat Anda makin terjaga. Lakukan hal lain yang menenangkan seperti mendengarkan musik atau membaca buku hingga Anda benar-benar mengantuk dan siap untuk tidur.

2. Olahraga untuk cegah serangan berikutnya

Anda memang tidak disarankan olahraga saat sakit kepala sebelah. Namun setelah sakit mereda, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda. Olahraga dapat membantu memperlancar peredaran darah, termasuk ke saraf dan otak. Efek ini diharapkan dapat membantu meredakan serangan migrain dan mencegah serangan berikutnya.

Selain itu, olahraga juga mampu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin, hormon antistres yang juga bekerja menawar rasa nyeri yang dialami tubuh.

3. Pilih makanan dengan bijak

Jenis makanan tertentu mampu memperberat sakit kepala sebelah yang sedang dialami. Buat catatan setiap kali sakit kepala sebelah ini menyerang, kemudian ingat-ingat kembali makanan yang Anda makan sebelumnya. Keju, cokelat, kopi, dan alkohol adalah beberapa bahan yang ternyata dapat memicu migrain.

Bila daftar makanan atau minuman tersebut ada pada menu Anda sebelum migrain menyerang, sebaiknya hindari. Selain pilihan makanan, penting juga untuk makan tepat pada waktunya. Menunda jam makan atau bahkan melewatkannya begitu saja dapat memicu serangan migrain tiba-tiba.

4. Pentingnya manajemen stres

Masalah sehari-hari tentu tidak bisa begitu saja dihindari. Akan tetapi, Anda dapat mengaturnya agar tidak berlarut-larut, memicu stres, dan mengundang serangan migrain. Relaksasi adalah salah satu kuncinya.

Relaksasi dapat dilakukan dengan melakukan hobi, latihan pernapasan, yoga, atau bahkan dengan menyendiri. Lakukan apa pun yang membuat hati merasa lebih nyaman dan tenang. Ceritakan dengan orang terdekat perihal masalah yang dihadapi. Bila perlu, berkonsultasilah dengan para ahli kejiwaan agar pikiran menjadi lebih tenang.

5. Perhatikan pemicu serangan migrain

Bila sakit kepala sebelah cukup sering menghampiri, ada baiknya Anda membuat catatan khusus yang merekam waktu terjadinya dan apa hal-hal yang menjadi kemungkinan penyebabnya. Dengan catatan ini, Anda akan terbantu untuk mengenali pemicu yang sebenarnya. Jika sudah ketemu, pencetus inilah yang harus Anda hindari bila tidak ingin migrain datang kembali.

Cara-cara sederhana tersebut, bersama dengan pengobatan medis, diharapkan efektif untuk meredakan sakit kepala sebelah sekaligus mencegah serangan berikutnya. Lakukan setiap kiat dengan disiplin, dan dengan demikian migrain pun tidak lagi jadi ancaman bagi Anda.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Anak Tumbuh Sehat: Investasi Masa Depan Indonesia
Senin 19 September 2016

Anak Tumbuh Sehat: Investasi M ...

GULA SEMUT HASIL PRODUKSI KELOMPOK TANI HUTAN
Senin 28 November 2016

GULA SEMUT HASIL PRODUKSI KELO ...

Kampanyekan Isu SARA, Pasangan Calon Bisa Didiskualifikasi
Sabtu 26 Agustus 2017

Kampanyekan Isu SARA, Pasangan ...

LSM GASAK: Zainal Abidin Dinilai Tak Layak Jadi Orang Nomor Satu Kerinci
Kamis 18 Januari 2018

LSM GASAK: Zainal Abidin Dinil ...

Ahmad Hijazi Hadiri Pembukaan FGD Pemantauan Permasalahan Sektor Energi Sumber Daya Mineral
Sabtu 29 April 2017

Ahmad Hijazi Hadiri Pembukaan ...