Data Kelompok Tani di Duga di Manipulasi PT Kaswari Unggul

Sabtu 14 Juli 2018 09:47:40 WIB Dilihat : 720 Kali


Data Kelompok Tani di Duga di Manipulasi PT Kaswari Unggul

HALUANNEWS.COM, MUARASABAK - PT. Kaswari Unggul II yang terletak di Desa Rantau Karya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) diduga telah melakukan manipulasi data Kelompok Tani untuk kepentingan sendiri.

Menurut  Ketua Kelompok Tani Suka Maju, Muhammad usai saat pertemuan dengan pihak Kaswari Unggul II,

sudah empat kali pertemuan,antara Kelompok Tani dengan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Kaswari Unggul II, yang difasilitasi Pemerintah Daerah Tanjabtim ini,saat ini pertemuam belum menemui kesepakatan. Sehingga pertemuan serupa akan kembali dilaksanakan pada tanggal 18 Juli mendatang. ‘’Sepanjang belum adanya kesepakatan,aksi tetap dilaksanakan, dengan menduduki lahan atau pengkaplingan lahan plasma yang disebutkan,’’ ujarnya.

Di katakan nya dalam perjanjian antara Kelompok Tani dengan pihak PT. Kaswari Unggul II itu sudah jelas. Intinya pra plasma, yang untuk membangun lahan plasma untuk masyarakat, ternyata didalam tekniknya bukan membangun dan merealisasikan untuk plasma, justru malah digunakan untuk mengurus Hak Guna Usaha (HGU). ‘’Diduga pihak perusahaan telah memanipulasi data. Oleh karena itu, kita menuntut supaya persoalan pemakaian nama Kelompok Tani Suka Maju yang diduga telah dipalsukan pihak PT. Kaswari Unggul,’’ ungkapnya. ‘’Seperti yang disampaikan oleh pihak Badan Pentanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tanjabtim jelas, untuk peta plasma itu sudah ada. Namun tetapi realisasinya di lapangan tidak ada. Selain itu, pernyataan lainnya HGU PT. Kaswari Unggul batal, dikarenakan syarat administrasinya belum terpenuhi, otomatis harus ukur ulang. Kelompok Tani juga menuntut ukur ulang lahan Kaswari,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Humas PT. Kaswari Unggul II, Saharudin mengatakan, bahwa pihaknya tidak bisa memberikan keterangan terlalu jauh. Karena yang bisa menyatakan manipulasi data itu pihak yang berwenang. ‘’Yang dimanipulasi itu yang mana, terus seperti apa manipulasi itu. Dan itu bisa saja mereka beranggapan seperti itu, tapi kami tidak bisa memberikan lebih jauh keterangan terkait hal itu. Karena nantinya takut salah, nanti kami bilang tidak ternyata iya, dan bilang iya ternyata tidak. Bukan kami yang bisa menentukan manipulasi atau tidaknya,’’ Kata nya.

Soal HGU PT. Kaswari Unggul batal, Saharudin juga mengaku tidak dapat memberikan komentar menyangkut persoalan itu. ‘’. Kalau itu ada yang lebih berhak menjawabnya, yang di Jambi sama Tede Harahap,’’ papar nya.(Sin)


Tag Berita :
#Sabak #InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia

Berita terakit :


Jumat 27 Oktober 2017

"Presiden Sering Ingatkan Kepa ...

Ilustrasi Fauna Mentilin Khas Babel Jadi Logo PPMN III 2017
Jumat 31 Maret 2017

Ilustrasi Fauna Mentilin Khas ...

Presiden Jokowi: Tidak Ada Keharusan Sekolah Terapkan ‘Full Day School’
Kamis 10 Agustus 2017

Presiden Jokowi: Tidak Ada Keh ...

Ganjar Usulkan Honor Perawat Honorer Kabupaten/ Kota Di-UMK-kan
Jumat 08 Desember 2017

Ganjar Usulkan Honor Perawat H ...