Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik

Kamis 12 Juli 2018 23:15:04 WIB Dilihat : 61 Kali


Tips Memilih Sabun Mandi Terbaik

HALUANNEWS.COM--Sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan harian yang penting. Benda ini biasa digunakan untuk membantu membersihkan kulit dari kotoran, kuman, dan minyak yang menempel pada tubuh akibat aktivitas fisik.

Namun belakangan, memilih sabun mandi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dipengaruhi oleh ketersediaan beragam jenis, aroma, dan kandungan sabun mandi yang dijual di pasaran.

Tips memilih sabun mandi terbaik

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat maksimal dari sabun mandi yang digunakan sehari-hari, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Jenis Kulit

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Orang dengan kulit kering dan sensitif membutuhkan sabun mandi yang berbeda dengan orang yang memiliki kulit berminyak.

  • Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya ditandai dengan kulit yang mudah merah, gatal, dan iritasi, apalagi bila sering terpapar bahan kimia. Atas alasan itu, pemilik kulit sensitif dianjurkan untuk memilih sabun mandi yang bersifat ringan, hipoalergenik, dan mengandung pelembap. Pastikan pula sabun mandi yang dipilih bebas pewangi, pewarna, detergen dan alkohol. Sabun yang mengandung banyak detergen biasanya ditandai dengan banyaknya busa yang dihasilkan.

  • Kulit Kering

Orang dengan kulit kering biasanya akan merasakan kulit terasa seperti tertarik sehabis mandi. Hal ini disebabkan oleh produksi minyak alami kulit yang sangat rendah. Makanya, orang dengan jenis kulit ini disarankan untuk tidak mandi dengan air panas.

Untuk sabun mandi, pilihlah yang besifat ringan dan mengandung pelembap. Hindari sabun dengan kandungan banyak detergen. Sebagai gantinya, gunakanlah sabun yang mengandung shea buttercoconut butter, alpukat, minyak jojoba, dan lidah buaya.

  • Kulit berminyak

Jenis kulit ini kebalikan dari kulit kering, dimana kelenjar minyak terlalu aktif menghasilkan pelembap alami kulit. Bukannya untung, hal itu malah meningkatkan risiko terjadinya jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya.

Jadi, jika Anda adalah pemilik kulit berminyak, jadikanlah produk sabun berlabel oil free dan non-comedogenic sebagai pilihan utama. Anda bisa juga membeli produk yang mengandung asam salisilat, untuk mengurangi risiko jerawat.

  1. Komposisi pada sabun

Saat hendak membeli sabun, sebaiknya pilih yang tidak terlalu banyak mengandung busa. Adanya banyak busa pada sabun menunjukkan adanya kandungan detergen di dalamnya, yang dapat mengganggu produksi minyak alami kulit. Jika Anda memakai sabun seperti ini, apalagi bila sabun tersebut mengandung unsur pewangi, bukan tak mungkin kulit akan menjadi kering dan rusak.

  1. Perhatikan tanggal kedaluwarsa

Saat membeli sabun mandi, jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsanya. Selain itu, perhatikan pula kemasan sabun. Jika terdapat sobekan atau kemasan terlihat sudah rusak, jangan beli produk tersebut.

Selain menerapkan tips di atas, Anda juga disarankan untuk menggunakan pelembap setiap habis mandi dan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari. Tindakan tersebut bertujuan agar kulit tetap terjaga kelembapan dan elastisitasnya.

Jika Anda memiliki masalah pada kulit seperti alergi, sebaiknya diskusikan lebih lanjut pada dokter mengenai pemilihan sabun yang tepat. Anda tak ingin kulit rusak hanya gara-gara salah pilih sabun mandi, bukan?

Sumber :www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


4 Cara Praktis Atasi Lonjakan Kolesterol
Minggu 11 Februari 2018

4 Cara Praktis Atasi Lonjakan ...

Menkeu Ingatkan CPNS Agar Tidak Tertipu Oknum
Minggu 10 September 2017

Menkeu Ingatkan CPNS Agar Tida ...

Direktur SDM dan Umum PTPN IV Sambut Juara I Tenis Lapangan
Selasa 27 Desember 2016

Direktur SDM dan Umum PTPN IV ...

Anggaran KA Tahun 2017 Rp 1,4 Triliun
Minggu 25 Desember 2016

Anggaran KA Tahun 2017 Rp 1,4 ...

5 Masalah Kesehatan Ini Bisa Dideteksi dari Mata
Kamis 02 Agustus 2018

5 Masalah Kesehatan Ini Bisa D ...

Jangan Gunakan Nama Gubernur Riau Untuk Menekan Bawahan
Selasa 18 Oktober 2016

Jangan Gunakan Nama Gubernur R ...

Wako AJB & Ketua HKK DR Basyarudin Hadiri Bakti Sosial MINKER
Sabtu 23 Desember 2017

Wako AJB & Ketua HKK DR Basyar ...