TIM URCL BAKAMLA RI SIAP BERANTAS TINDAK KEJAHATAN DI LAUT BERSAMA JAPAN COAST GUARD

Rabu 11 Juli 2018 09:15:03 WIB Dilihat : 1812 Kali


TIM URCL BAKAMLA RI SIAP BERANTAS TINDAK KEJAHATAN DI LAUT BERSAMA JAPAN COAST GUARD

HALUANNEWS.COM, Jakarta--Tim Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI siap ikuti latihan penanggulangan tindak kejahatan di laut dengan Japan Coast Guard. Kesiapan operasi tim URCL dimatangkan dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar di Lounge Room pasukan, KN. Tanjung Datu, yang bersandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/07/2018).
 
Guna mendukung suksesnya operasi dan latihan ini Tim URCL Bakamla RI melibatkan tiga orang pelatih personel pasukan khusus laut TNI AL, dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada I, yang dipimpin oleh Komandan Kompi Markas Satkopaska Koarmada I Kapten Laut (P) Edy Tirtayasa. Perwira Kopaska tersebut menyampaikan materi latihan sekaligus memberikan pembekalan kepada Tim URCL mengenai prosedur pengamanan personel saat melakukan pemeriksaan kapal, taktik dan manuver pemeriksaan kapal Ship Boarding, pergerakan di kapal Ship Movement, serta penanganan tawanan atau Personal Handling.
 
Dalam latihan bersama ini, rencananya Tim URCL Bakamla RI akan diperkuat oleh gabungan tim dari Pol Air , KKP dan KPLP. Aksi manuver laut yang akan dilakukan dibawah kendali Kasi Operasi Keamanan Laut Bakamla RI Mayor Laut (T) Puadi Hasani. Adapun pergerakan yang akan dilakukan bersama dengan kapal Japan Coast Guard Ship (JCGS) Tsugaru PLH 02 antara lain Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dengan target pemeriksaan dan penggeledahan terhadap kapal yang yang diduga menangangkut Narkoba di wilayah perairan Yurisdiksi nasional.
 
Konsep operasi pemerikasaan kapal bersama tim VBSS Japan Coast Guard  sedikit agak berbeda dengan konsep operasi yang diadopsi oleh tim dari Indonesia, dimana tim URC/VBSS akan naik kapal target dari kapal pemeriksa tanpa menggunakan Combat Boat atau Searider, namun kapal pemeriksa akan menempel dilambung kapal target kemudian tim URCL melakukan pemeriksaan dan penggeledahan. Kegitan TFG Tim URCL diikuti oleh gabungan pasukan VBSS dari lintas sektoral di bidang kemaritim yang rencananya akan terlibat dalam latihan bersama ini antara lain Tim dari Pol Air, KKP dan KPLP.
 
Autentikasi Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono

Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional

Berita terakit :


Bareskrim Polri Bongkar Pabrik Pemalsu 200.000 Ton Solar di Tangerang
Kamis 15 Februari 2018

Bareskrim Polri Bongkar Pabrik ...

Ormas Diminta Tunduk dan Patuh pada Pancasila dan UUD 45
Kamis 31 Agustus 2017

Ormas Diminta Tunduk dan Patuh ...

Terapkan SNI Wajib, Industri Kawat Baja Pratekan Kembali Bergairah
Rabu 06 Desember 2017

Terapkan SNI Wajib, Industri K ...

Hindari 6 Kebiasaan Ini agar Tak Kena Stroke
Minggu 08 April 2018

Hindari 6 Kebiasaan Ini agar T ...

Subsidi Bantuan Uang Muka Rumah Ditargetkan 550 Ribu Unit
Rabu 11 Januari 2017

Subsidi Bantuan Uang Muka Ruma ...

Rektor Unsa dan Dekan Hukum Seminar Internasional di Bali
Sabtu 09 September 2017

Rektor Unsa dan Dekan Hukum Se ...