Obyek Wisata Leang Lonrong Pangkep Butuh Uluran Tangan Pemerintah

Minggu 08 Juli 2018 20:17:05 WIB Dilihat : 19 Kali


Obyek Wisata Leang Lonrong Pangkep Butuh Uluran Tangan Pemerintah

HALUANNEWS.com, Makassar - Leang Lonrong merupakan tempat wisata renang yang terletak di Desa Panaikang Kecamatan MinasateneKabupaten Pangkajene Sulawesi Selatan.

Obyek wisata ini  merupakan lokasi permandian alam yang segar dan menyejukkan karena air yang jernih dan alami dari dalam gunung membuat  beta pengunjung berendam.

Menuju ke lokasi ini,  sangatlah mudah, karena sarana jalan  kesana  lancar dan bagus.  Pemandangan yang indah, gunung-gunung tinggi membuat suasana Leang Lonrong semakin sejuk.

Tempat ini termaksud obyek  wisata yang murah meriah, karena cukup membayar Rp. 3.000 dan sudah termaksud parkir motor. Sehingga banyak masyarakat yang menghabiskan waktu akhir  pekan ke tempat ini.

Leang Lonrong  bagus untuk berkumpul bersama keluarga dan juga teman, karena hanya membutuhkan biaya  sedikit” ujar  salah seorang pengunjung, Uni  Minggu, (8/7/2018).

Obyek Wisata ini padat pengunjung di hari Sabtu dan Minggu, baik pengunjung yang sekedar berswafoto maupun yang benar-benar datang berenang. Serta sekedar mengunjungi gua  tempat keluarnya air dari celah batu gunung.

Namun, sangat disayangkan tempat yang begitu indah dan sejuk kurang perhatian dari pemerintah. Kurangnya campur tangan pemerintah terhadap tempat wisata satu ini, seakan-akan tempat ini terlihat tak begitu terurus dengan baik.

Terkadang banyak pemilik ternak  mengingat hewan peliharaan   seperti sapi di jalur ataupun sekitar kolam lonrong. Dan biasanya  saat berjalan kaki tak jarang  menginjak  kotoran hewan itu.

Sehingga tak jarang banyak pengunjung yang tak merasa nyaman di tempat wisata satu ini, karena kebersihan tak di perhatikan dan tak jarang pula banyak pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat.

Selain itu di tempat ini juga kurang fasilitas umum seperti toilet untuk berganti pakaian. Dulunya terdapat toilet yang digunakan pengunjung berganti pakaian. Namun tempat itu sudah rusak sehingga tempat itu tidak ada lagi.

Itu merupakan salah satu bukti, bahwa Leang Lonrong ini butuh uluran tangan pemerintah. Padahal tempat ini berpotensi menjadi tempat wisata yang akan ramai dikunjungi pegunjung disetiap harinya.

Kenapa tidak, karena banyak masyarakat bahkan masyarakat kota  mencari  permandian yang sifatnya alami, air yang langsung dari sumbernya tanpa adanya campuran kaporit.

Jika dikelolah dengan baik, maka itu juga akan menguntungkan bagi  Kabupaten  Pangkep. Sebab itu dapat menambah jumlah wisatawan yang datang dan berkunjung  

Oleh karena itu tempat ini  butuh  uluran tangan pemerintah. Agar tempat wisata satu ini dapat terkelolah dengan baik. Sehingga pengunjung yang datang juga merasa nyaman dan ada keingina  untuk datang berkunjung lagi.

 Leang Lonrong semakin terkelolah lagi, karena dari aku kecil sampai sekarang yang umurku sudah 20 tahun, tidak ada perubahan yang signifikan, harapa Uni lagi.

 

Laporan: Sri Wahyuni

Mahasiswa STKIP UMMA Maros


Tag Berita :
#Makassar

Berita terakit :


S3 Sosiologi PPs-UNM Raih Akreditasi A
Rabu 03 Januari 2018

S3 Sosiologi PPs-UNM Raih Akre ...

Wali Kota Jajaki Kerjasama Smart City dengan Konjen AS
Kamis 28 September 2017

Wali Kota Jajaki Kerjasama Sma ...

Inilah Mahasiswa Berprestasi 2018 Kopertis IX
Selasa 17 April 2018

Inilah Mahasiswa Berprestasi 2 ...

Kementerian Pertahanan Gelar Seminar Bela Negara di UMI Makassar
Rabu 15 November 2017

Kementerian Pertahanan Gelar S ...

Menristekdikti Luncurkan  S2 Manajemen Stratejik Universitas Fajar
Jumat 11 Agustus 2017

Menristekdikti Luncurkan S2 M ...

Rektor UNPI Manado:  Ini Tiga Kunci Sukses Lulusan Profesi Ners
Senin 26 Februari 2018

Rektor UNPI Manado: Ini Tiga ...