3 Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

Jumat 06 Juli 2018 23:57:26 WIB Dilihat : 21 Kali


3 Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi di Malam Hari

HAUANNEWS.COM, Kesehatan gigi adalah hal yang penting, khususnya bagi perkembangan anak. Penyakit seperti gigi berlubang, selain dapat mengganggu fungsi pengunyahan, juga dapat menghambat perkembangan anak sehingga dapat menurunkan tingkat kecerdasan dan kepercayaan diri pada dirinya. Hal ini dapat dicegah dengan cara menggosok gigi.

Menggosok gigi merupakan salah satu kegiatan membersihkan rongga mulut yang paling sederhana dan efektif. Kegiatan ini antara lain bertujuan untuk membersihkan permukaan gigi dari plak yang menempel. Selain menggosok gigi, menjaga kesehatan gigi dan mulut anak juga dapat dilakukan dengan membatasi makanan yang banyak mengandung gula, serta rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Memiliki gigi yang sehat dapat membantu anak menikmati makanan yang dimakan.

Pentingnya menggosok gigi pada malam hari untuk anak

Menggosok gigi pada malam hari lebih efektif daripada ketika dilakukan pada pagi hari. Namun, bukan berarti sikat gigi pada pagi hari lantas disepelekan, ya! Gosoklah gigi sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur, yang dilakukan selama 2-3 menit.

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan gunakan pasta gigi khusus anak-anak. Ajak anak memilih sikat giginya agar si Kecil selalu merasa senang dalam kegiatan menggosok gigi.

Selain itu, berusahalah untuk selalu ceria saat mengajak anak menyikat gigi dan hindari kalimat bernada memerintah apalagi sambil marah-marah. Terapkan juga metode modeling, yaitu dengan memberi contoh dengan mendampinginya. Cara ini disebut-sebut lebih berhasil membuat anak mau menyikat gigi ketimbang orang tua yang hanya menyuruh tanpa mendampingi anaknya.

Ya, peran orang tua sangat berpengaruh terhadap pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut anak. Di Indonesia, kebiasaan anak-anak untuk menggosok gigi sebelum tidur masih jarang dilakukan. Padahal, ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi jika anak tidak melakukan atau meninggalkan kebiasaan tersebut.

Berikut ini adalah tiga alasan kenapa anak harus menggosok gigi pada malam hari:

1. Bakteri lebih cepat berkembang biak

Keadaan mulut yang kekurangan air liur seperti pada saat tidur malam hari, ketika tidak ada aktivitas membuat pH di dalam mulut bersifat asam. Hal ini mengakibatkan aktivitas kuman dan bakteri meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan pada siang hari.

Air liur yang berfungsi sebagai self-cleansing akan berkurang. Jadi, setiap kali anak tidak menggosok gigi sebelum tidur, ini seakan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di mulut anak. Bakteri akan mengubah sisa makanan menjadi asam, yang dapat melarutkan email gigi sehingga gigi menjadi mudah berlubang.

2. Makan saat malam hari sebelum tidur

Sebenarnya kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan, tapi tak dapat dimungkiri bahwa kebiasaan makan pada malam hari sudah menjadi hal yang umum. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa berkumur saja sudah cukup. Namun hanya dengan berkumur saja sebetulnya masih kurang.

Cobalah untuk mengurangi kebiasaan makan anak pada malam hari—terutama makanan manis—dan mulailah rutin menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur agar gigi tetap bersih dan sehat.

3. Dapat memicu timbulnya bau mulut

Bila anak tidak menggosok gigi pada malam hari, plak dapat menempel pada gigi dan lama-kelamaan akan menjadi keras, sehingga terbentuklah karang gigi. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya masalah bau mulut pada anak Anda.

Bagi para orang tua, kini Anda sudah (makin) tahu tentang pentingnya anak untuk menggosok gigi. Jadi, mulai hari, lindungi kesehatan gigi dan mulut anak dengan membiasakan dirinya untuk tidak pernah lupa menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Pemerintah Diminta Tidak Tunda Rekrutmen CPNS
Selasa 04 Oktober 2016

Pemerintah Diminta Tidak Tunda ...

Simulasi Penanggulangan Bencana
Rabu 28 Desember 2016

Simulasi Penanggulangan Bencan ...

Menteri Hanif Sebut Angka Pengangguran 2016 Terendah
Senin 24 Oktober 2016

Menteri Hanif Sebut Angka Peng ...

PELETAKAN BATU PERTAMA GEREJA MASANEDA
Jumat 13 April 2018

PELETAKAN BATU PERTAMA GEREJA ...

Dugaan Proyek Siluman di Desa Lembak Bungur
Sabtu 31 Desember 2016

Dugaan Proyek Siluman di Desa ...