4 Pengobatan Terbaik untuk Atasi Kanker Hati

Kamis 05 Juli 2018 20:56:55 WIB Dilihat : 78 Kali


4 Pengobatan Terbaik untuk Atasi Kanker Hati

HALUANNEWS.COM--Kanker hati merupakan salah satu jenis penyakit keganasan yang menyerang organ hati. Saat ini, ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia untuk membantu mengatasi kanker hati. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua jenis pengobatan bisa diterapkan bagi setiap penderita kanker hati. Lantas, apa pengobatan yang terbaik?

Sebelum memutuskan jenis pengobatan yang akan dilakukan, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti stadium kanker, seberapa luas dampak kanker pada organ hati, fungsi hati, adanya persebaran kanker atau metastasis, kemungkinan efek samping pengobatan, pengaruh efek samping pengobatan terhadap area tanpa kanker, dan lain-lain.

Dengan banyaknya pertimbangan dalam memilih jenis pengobatan kanker hati yang tepat, penting bagi pasien untuk bekerja sama dengan tim dokter agar pengobatan yang dilakukan bisa sesuai dan tepat sasaran.

Pilihan pengobatan terbaik kanker hati

Beberapa pilihan pengobatan kanker hati yang mungkin ditawarkan antara lain:

  1. Pembedahan

Pembedahan yang sering kali ditawarkan berupa hepatektomi parsial dan transplantasi hati. Hepatektomi parsial adalah tindakan pembedahan berupa pembuangan sebagian dari hati, terutama bagian yang terkena kanker. Tindakan ini hanya dapat dilakukan pada penderita kanker hati dengan kanker hanya pada satu bagian hati, dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain dan memiliki fungsi hati yang baik.

Pada beberapa panderita kanker hati, fungsi hati pun sudah tidak baik (misalnya pada kasus sirosis). Pada kasus seperti ini, opsi transplantasi hati bisa ditawarkan. Syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Tidak lebih dari lima tumor pada hati, dengan ukuran ≤ 3cm
  • Satu buah tumor pada hati, dengan ukuran ≤ 5cm
  • Satu buah tumor pada hati dengan ukuran 5-7 cm yang tidak bertambah besar selama 6 bulan terakhir
  1. Terapi ablasi

Terapi ini bertujuan untuk menghancurkan sel kanker tanpa mengambil tumor tersebut. Sering kali terapi ini disarankan pada penderita kanker berukuran kecil saat pembedahan tidak memungkinkan (misalnya karena fungsi hati yang buruk, kesehatan umum yang buruk, dan sebagainya). Beberapa jenis terapi ablasi adalah radiofrequency ablation (RFA), ethanol ablation, microwave thermotherapy, dan cryosurgery.

  1. Terapi radiasi

Terapi radiasi umumnya menggunakan sinar X-ray untuk membunuh sel kanker. Terdapat beberapa jenis terapi radiasi, antara lain external beam radiation therapy, misalnya stereotactic body radiation therapy (SBRT), dan radioembolisasi.

Terapi radiasi dapat disarankan bagi pasien dengan kanker hati berukuran besar, berlokasi di area hati yang sulit dicapai dengan pembedahan, jumlah tumor yang banyak, ataupun kanker yang sudah menyebar. Terapi ini dapat menimbulkan efek samping  berupa perubahan kulit pada area radiasi masuk (terbakar atau mengelupas), mual, muntah, lelah, dan lain-lain.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat untuk menghancurkan sel kanker, sehingga sering kali digunakan untuk mengatur pertumbuhan kanker. Obat kemoterapi dapat diberikan langsung pada hati (chemoembolisation) ataupun melalui pembuluh darah untuk dialirkan ke seluruh tubuh.

Sama seperti terapi radiasi, kemoterapi dapat disarankan bagi pasien dengan kanker hati berukuran besar, berlokasi di area hati yang sulit dicapai dengan pembedahan, jumlah tumor yang banyak, ataupun kanker yang sudah menyebar.

Kemoterapi dapat menimbulkan efek samping kerontokan rambut, hilangnya nafsu makan, mual, muntah, diare, dan lain-lain.

Selain empat jenis pengobatan terbaik untuk mengatasi kanker hati seperti yang disebutkan di atas, sebetulnya masih ada lagi beberapa teknik pengobatan lainnya seperti targeted therapy dan immunotherapy. Namun, kembali lagi pemilihan teknik pengobatan akan menyesuaikan kondisi penderita kanker hati dan dapat berbeda antara penderita satu dan lainnya.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Yuswandi Yakin Bangka Belitung Bisa Lebih Maju
Rabu 23 November 2016

Yuswandi Yakin Bangka Belitung ...

Parpol Diundang Hadir Dalam Muktamar Tapak Suci XV di Makassar
Sabtu 17 Februari 2018

Parpol Diundang Hadir Dalam Mu ...

Jalan Ditutup  Warga Dusun Sungai Mancur Terpaksa Bikin Jalan Sendiri
Minggu 29 Oktober 2017

Jalan Ditutup Warga Dusun Sun ...