Mendagri : Pilkada Tahun 2018, Aromanya Sudah Berbau Pemilihan Presiden

Senin 02 Juli 2018 22:51:27 WIB Dilihat : 1874 Kali


Mendagri : Pilkada Tahun 2018, Aromanya Sudah Berbau Pemilihan Presiden

HALUANEWS.COM, Jakarta - Dalam berbagai kesempatan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selalu mengatakan bahwa pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 (pilkada serentak 2018), aromanya sudah berbau pemilihan presiden. Soal itu sempat ditanyakan para wartawan ketika Tjahjo usai menghadiri acara Pengukuhan Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Propinsi Seluruh Indonesia (APPSI), di Jakarta, Senin (2/7).

Menurut Tjahjo, kalau melihat pemberitaan yang ada sepanjang tahapan pilkada serentak berlangsung sampai kemarin pemungutan suara digelar di 171 daerah, isu yang mengemuka ke permukaan adalah isu-isu terkait dengan pemilihan presiden. Nyaris tak terdengar isu tentang pilkada. Pemberitaan pilkada tenggelam oleh isu tentang pilpres. Setidaknya itu yang ia catat dan direkam dalam pemberitaan media, baik cetak maupun elektronik.

" Kalau kita mau jujur, coba  teman-teman media cetak , media elektronik,  kalau kita kliping pemberitaan lebih banyak siapa calon presiden, siap rival Pak Jokowi, siapa calon wapresnya Pak Jokowi, kira-kira partai ini berkoalisi ke sana, kan jarang membahas koalisi pilkada atau adu program, adu konsep," kata Tjahjo. 

Jadi, pemberitaan yang ramai itu lanjut Tjahjo, lebih banyak seputar pilpres. Isu pilkada hanya pelengkap saja. Karena itu, ia selalu menyebut pilkada serentak 2018, aromanya sudah berbau pilpres. Kalau pun ada isu pilkada, kerapkali selalu dikaitkan dengan pilpres. Padahal kalau melihat tahapan, pilpres itu baru dimulai pendaftarannya pada bulan Agustus mendatang. Tahapan kampanyenya pun jika tak ada aral melintang, seusai jadwal KPU baru akan dimulai pada bulan September. 

" Mayoritas pemberitaan yang kami kliping semua rasanya sudah mau rasa pilpres padahal forumnya baru September nanti kampanye pilpresnya," kata Tjahjo.(Humas Kemendagri)


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #politik

Berita terakit :


DPC PWRI Kabupaten Bungo Galang Dana Turun ke jalan Peduli PALU Dan DONGGALA
Rabu 03 Oktober 2018

DPC PWRI Kabupaten Bungo Galan ...

Songsong Bonus Demografi, Mahyeldi Motivasi Siswa SMK Muhammadiyah I Padang
Rabu 24 Januari 2018

Songsong Bonus Demografi, Mahy ...

Wakil Wali Kota Serahkan Bantuan Masa Panik bagi Korban Kebakaran
Senin 04 September 2017

Wakil Wali Kota Serahkan Bantu ...