Pilihan Ikan Terbaik untuk Jantung Sehat

Jumat 29 Juni 2018 21:16:31 WIB Dilihat : 38 Kali


Pilihan Ikan Terbaik untuk Jantung Sehat

HALUANNEWS.COM--Ikan merupakan sumber protein yang baik. Tidak seperti daging merah, ikan tidak memiliki kandungan lemak jahat yang tinggi. Sehingga, ikan sering dikaitkan dengan jantung yang sehat.

Ikan merupakan sumber omega-3 yang memiliki banyak manfaat. Bahkan American Heart Association (AHA) setuju bahwa ikan adalah jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin setiap hari. Lembaga tersebut menganjurkan untuk mengonsumsi ikan setidaknya dua kali dalam seminggu.

Ikan kaya omega-3

Untuk menjaga kesehatan jantung, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3. Beberapa ikan yang dimaksud, antara lain: anchovy, tuna, makarel, dan sarden.

Ikan-ikan tersebut terbukti dapat meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik. Ini berarti, konsumsi ikan yang mengandung omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sehingga risiko penyakit jantung, stroke, dan serangan jantung bisa ditekan.

Tak hanya itu, konsumsi ikan yang mengandung omega-3 juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida (lemak jahat) hingga sekitar 15–30%. Dengan kadar trigliserida yang rendah, tekanan darah Anda akan lebih stabil, sehingga hipertensi atau tekanan darah tinggi tak akan terjadi di kemudian hari.

Olah dan pilih dengan tepat

Untuk mendapatkan manfaat sepenuhnya dari ikan, Anda perlu mengolahnya dengan cara yang tepat: dikukus atau direbus. Anda dapat membuat sup ikan atau mengukus ikan dengan tambahan berbagai rempah yang menambah kelezatan ikan Anda.

Hindari menggoreng, apalagi dengan menggunakan banyak minyak. Ikan yang diolah dengan cara digoreng dapat meningkatkan kadar kolesterol yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Selain memperhatikan cara mengolahnya, Anda juga perlu memperhatikan jenis ikan yang dipilih. Beberapa jenis ikan bisa mengandung merkuri di dalamnya. Merkuri merupakan senyawa berbahaya, yang jika masuk ke tubuh dapat mengganggu fungsi otak, jantung, paru-paru, dan organ penting lainnya.

Nah, jika tak yakin dengan ikan yang dipilih, Anda tetap bisa mendapatkan kebaikan omega-3 dari suplemen minyak ikan yang dijual bebas di pasaran. Suplemen yang seperti ini biasanya juga mengandung DHA dan EPA, yang sama-sama baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Jadi, sudahkah Anda makan ikan yang mengandung omega-3 hari ini? Jika belum, jangan lupa untuk memasukkannya dalam menu harian Anda. Namun, jika Anda tidak terlalu menyukai jenis ikan, Anda dapat memilih suplemen minyak ikan sebagai alternatifnya. Dengan demikian, jantung sehat bukan lagi sekedar impian.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Wakil Bupati  Sarolangun  Meletakkan Batu Pertama Pondok pesantren Sunan Gunung Jati Siliwangi
Jumat 13 April 2018

Wakil Bupati Sarolangun Mele ...

Hadir di Makassar, AS Center Galleri Lontarak Bugis Makassar
Kamis 11 Januari 2018

Hadir di Makassar, AS Center G ...

Mahasiswa Menurut Pencabutan PP NO.60 TH 2016
Kamis 12 Januari 2017

Mahasiswa Menurut Pencabutan P ...

Box Culvert di Desa Lebak Bungur Baru di Bangun
Rabu 01 Februari 2017

Box Culvert di Desa Lebak Bung ...

Akhir 2017, Aktifitas illegal drilling Ditutup Habis
Sabtu 16 September 2017

Akhir 2017, Aktifitas illegal ...