Tol Merak – Banyuwangi Tersambung di 2019

Jumat 22 Juni 2018 22:43:57 WIB Dilihat : 2027 Kali


Tol Merak – Banyuwangi Tersambung di 2019

HALUANNEWS.COM, Pasuruan--Meskipun mash ada yang fungsional dan juga ada yang dalam proses konstruksi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, secara umum jalan tol dari ujung Pulau Jawa, yaitu Merak (Banten) hingga kota Pasuruan (Jatim) secara umum sudah bisa dilewati.

“Kita harapkan di akhir tahun ini Merak – Pasuruan sudah rampung, kemudian dilanjutkan lagi ke Banyuwangi yang diharapkan selesai 2019,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai meresmikan penggunaan ruas Tol Gempol – Pasuruan, di Gerbang Tol Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (22/6) siang.

Jika jalan tol Merak sampai Banyuwangi tersambung keseluruhan, yang diharapkan selesai 2019, menurut Presiden Jokowi, akan ada jalan Daendels baru. “Kalau dulu Daendels dari Anyer sampai Panarukan sekarang dari Banyuwangi sampai ke Merak,” ujarnya.

Mengenai tarif  tol tersebut, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa investasi tersebut dikerjakan oleh investor baik oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) maupun oleh swasta. Ia mengingatkan, masyarakat harus tahu ini jalan tol ini dikerjakan oleh investor baik BUMN ataupun swasta.

Oleh karena itu, lanjut Presiden, penentuan tarif jalan tol harus berbicara dengan mereka karena pemerintahtidak ingin investor dirugikan.

“Kita ingin investor diuntungkan tapi kita juga ingin masyarakat diuntungkan. Artinya apa dengan kecepatan mobilitas barang distribusi logistik, distribusi barang kita harapkan biaya logistik akan turun lebih murah karena jauh lebih cepat,” terang Presiden.

Presiden juga mengingatkan, bahwa pembangunan infrastruktur jalan tol harus terintegrasi dengan titik-titik pertumbuhan ekonomi. Baik itu dengan kawasan industri, baik dengan namanya Pelabuhan, kawasan wisata harus diintegrasikan semua. Sehingga jalan tol dibangun betul-betul berguna dan bermanfaat maksimal untuk dunia usaha, untuk pariwisata, untuk Kawasan Industri, dan untuk kawasan kawasan pelabuhan.

“Nanti bisa disambungkan. Kan ini sudah ada ruasnya kalau ada Kawasan Industri 20 kilometer dari sini nanti bisa disambungkan bisa dengan tol, bisa dengan jalan biasa, misalnya Pelabuhan Patimban yang akan kita bangun nanti kita integrasikan dengan tol Trans-Jawa ini,” kata Presiden Jokowi seraya menambahkan, hanya kurang tambahan ke sana 40 kilometer untuk menuju jalan tol terdekat dengan kawasan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. (Biro Pers)


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #daerah #ekonomi

Berita terakit :


Truk Tabrak Separator Busway di Kebon Nanas Jaktim, Lalin Padat
Kamis 01 Februari 2018

Truk Tabrak Separator Busway d ...

Walikota Medan Hadiri HUT Satpol PP Ke 67 dan Hut Sat Limnas Ke 55 Tahun 2017
Rabu 08 Februari 2017

Walikota Medan Hadiri HUT Satp ...

Menteri Perindustrian Buka Bengkulu EXPO 2016
Selasa 08 November 2016

Menteri Perindustrian Buka Ben ...

7 Tanda Anda Kurang Minum Air Putih
Minggu 04 Februari 2018

7 Tanda Anda Kurang Minum Air ...

Selain Membangun Infrastruktur, Presiden: Dana Desa Dapat Dimanfaatkan Untuk Keolahragaan
Minggu 05 Agustus 2018

Selain Membangun Infrastruktur ...

Panglima TNI:  Keikutsertaan Purnawirawan TNI Dalam Pilkada Tidak Pengaruhi Netralitas Prajurit
Selasa 17 April 2018

Panglima TNI: Keikutsertaan P ...

4 Tahun Menderita Menuju Kota Muara Bulian
Minggu 24 Desember 2017

4 Tahun Menderita Menuju Kota ...