Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

Kamis 21 Juni 2018 22:14:54 WIB Dilihat : 52 Kali


Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

HALUANNEWS.COM, Sumut--Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya TNI Syaugi, S.Sos., M.M., dan Direktur JenderalPerhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi mewakili Menhub RI, meninjau secara langsung lokasi dan mengunjungi korban tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun, Kamis (21/6/2018).
 
Setelah tiba di Bandar Udara Internasional Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan langsung menuju Dermaga Pelabuhan Tigaras, Nagori Tigaras, Kecamatan Dolok Perdamaian, Kabupaten Simalungun, dilanjutkan menerima paparan oleh Tim SAR terkait kronologis tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun termasuk pencarian dan evakuasi korban, bertempat di Pos SAR Gabungan Pelabuhan Tigaras.
 
Di hadapan awak media, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan rasa duka cita mendalam kepada semua keluarga korban atas terjadinya musibah ini. Selanjutnya Panglima TNI menyatakan bahwa proses upaya pencarian akan terus dilakukan dengan melakukan beberapa langkah nyata guna meningkatkan hasil upaya pencarian penumpang lainnya dan berharap penumpang lainnya segera ditemukan. 
 
Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapal Motor Sinar Bangun tidak memiliki manifes, sehingga data-data laporan korban yang selamat dan meninggal masih simpang siur. “Basarnas dan Kepolisian akan melakukan pencarian sesuai dengan SOP. Dari dua institusi ini, tentunya memiliki tugas masing-masing,” katanya.
 
Terkait teknis pencarian korban Kapal Motor Sinar Bangun, Panglima TNI mengatakan bahwa pencarian tersebut sudah diupayakan di atas permukaan dengan berbagai teknik sesuai dengan SOP Basarnas, namun untuk menentukan dimana posisi kapal tersebut berada dibawah permukaan tentunya memerlukan alat. “Sore hari ini, alat tersebut akan didatangkan dari Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut di Jakarta,” ujarnya.
 
“Untuk pencarian korban, kita tidak batasi sampai jam 18.00 kalau perlu 24 jam apabila kapal posisinya sudah ditemukan.  Kita juga akanpasang lighting di tengah danau, sehingga bisa memberikan penerangan kepada tim SAR untuk mengambil korban. Untuk korban yang mungkin hanyut, besok pagi akan didatangkan satu pesawat dari Basarnas dan satu pesawat Heli untuk menyisir di setiap sudut atau pantai di Danau Tobaini,” jelasnya.  
  
Selanjutnya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan rombongan menyempatkan diri menaiki Kapal Pesiar Patra Jasa, dimana kapasitasnya hampisama dengan Kapal Motor Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba beberapa waktu lalu.
 
Turut serta mendampingi Panglima TNI, antara lain Danjen Akademi TNI Laksda TNI Aan Kurnia, S.Sos. Asops Panglima TNI Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Aslog Panglima TNI Laksda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M., Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Pangkoarmada 1Laksda TNI Yudho Margono, S.E., M.M. serta Dankormar Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.
 
Autentikasi :
Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman

Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #Hukum #daerah

Berita terakit :


Pengibaran Bendera OPM di KJRI Melbourne Sebagai Kriminal Murni
Senin 09 Januari 2017

Pengibaran Bendera OPM di KJRI ...

Balitbang SDM Bahas Hasil Kajian Indikator TIK 2016
Minggu 20 November 2016

Balitbang SDM Bahas Hasil Kaji ...

409 Siswa SMA Lobalain Ikut UNBK
Selasa 10 April 2018

409 Siswa SMA Lobalain Ikut UN ...

STIE Nobel Kerjasama BPD HIPMI Sulsel Goes to School
Jumat 19 Januari 2018

STIE Nobel Kerjasama BPD HIPMI ...

Oknum Pejabat Kemenag Kerinci di Polisikan
Rabu 25 Oktober 2017

Oknum Pejabat Kemenag Kerinci ...