Ini Dia, Tips Raih Hidup Lebih Bahagia!

Selasa 12 Juni 2018 15:12:18 WIB Dilihat : 17 Kali


Ini Dia, Tips Raih Hidup Lebih Bahagia!

HALUANNEWS.COM--Setiap orang tentu ingin hidup lebih bahagia. Memang tak mudah, karena kebahagiaan bukanlah sesuatu yang dapat diciptakan secara materi misalnya dengan menggunakan uang. Kebahagiaan datang begitu kompleks dan tak terduga.

Terlepas dari apa yang digambarkan dalam dongeng maupun sinema, kebahagiaan sebenarnya tidak datang secara tiba-tiba. Ini karena kebahagiaan adalah sesuatu yang bisa diciptakan dan dikembangkan.

Dilansir dari Mayo Clinic, hanya sebagian kecil orang yang mendeskripsikan bahwa kebahagiaan datang begitu saja. Tampaknya, sebagian besar dari penentu kebahagiaan adalah karena kepribadian, pikiran, serta perilaku yang dapat diubah.

Intinya, Anda dapat belajar bagaimana menjadi bahagia. Ciptakanlah kebahagiaan Anda sendiri, meski kekayaan atau kecantikan tak berpihak di sisi.

Kunci menciptakan kebahagiaan

Orang-orang yang bahagia mengetahui secara intuisi bahwa perasaan ini berdasarkan pada pilihan hidup mereka. Secara nyata, pilar sebuah kebahagiaan dibangun berdasarkan aspek berikut:

  • Membaktikan waktu untuk keluarga dan teman
  • Mensyukuri apa yang telah dimiliki
  • Mempertahankan pandangan yang optimis
  • Memiliki tujuan hidup

Berdasar pada pilar-pilar tersebut, maka tindakan yang bisa Anda lakukan agar lebih bahagia adalah sebagia berikut:

1. Berada di dekat lingkungan yang bahagia

Pilihan, pikiran, dan tindakan dapat memengaruhi tingkat kebahagiaan Anda. Berada di sekitar orang-orang yang memancarkan kebahagiaan juga dapat membuat diri ikut merasa bahagia. Anda bisa memberikan sesuatu kembali kepada orang-orang di sekitar dengan menunjukkan kehangatan. Ini juga bikin bahagia, lho!

2. Hargai orang lain

Bangun hubungan emosional Anda dengan kata-kata dan tindakan yang baik. Hati-hati dan berbaik hati dengan kritik. Biarkan orang tahu bahwa Anda menghargai apa yang mereka lakukan untuk Anda.

3. Selalu berpikiran positif

Kembangkan kebiasaan melihat sisi positif dari berbagai hal. Meski demikian, Anda juga tak perlu terlalu optimis akan segalanya. Sebab bagaimana pun juga, hal-hal buruk bisa terjadi.

Ingatlah untuk tidak membiarkan pikiran negatif menyelimuti seluruh pandangan hidup Anda.

“Anda bisa mengendalikan diri untuk menghadapi berbagai situasi. Bagaimana pun juga, setiap individu adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk kebahagiaan diri sendiri,” kata dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.

Menciptakan kebahagiaan sendiri bukan berarti Anda harus memaksakannya dan berpura-pura seolah tidak terjadi masalah apa-apa. Jika seperti itu terus, justru Anda malah membiarkan emosi dan pengalaman negatif terus mengalir di dalam diri. Sains membuktikan bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengubah pandangan hidup saat itu juga.

Selalu ingat bahwa orang yang berusaha mencapai tujuan atau memenuhi misi akan merasa lebih bahagia daripada mereka yang tidak memiliki hal tersebut. Memiliki tujuan memberikan harapan, mendorong harga diri dan menyatukan orang.

Cobalah untuk menyelaraskan kegiatan harian Anda dengan makna dan tujuan jangka panjang hidup Anda. Hal tersebut akan memberikan makna dan tujuan terkuat bagi Anda untuk terus bahagia dan bersemangat dalam menjalani hidup. Selamat mencoba!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) mulai direalisasikan di Kota Bandung.
Sabtu 14 Oktober 2017

Program Kota Tanpa Kumuh (Kota ...

Pesan Ketua Umum MUI Kepada BAZNAS
Selasa 20 Februari 2018

Pesan Ketua Umum MUI Kepada BA ...

Pembangunan Infrastruktur PUPR Mendorong Pemerataan Pembangunan
Jumat 06 Januari 2017

Pembangunan Infrastruktur PUPR ...

Rabu 01 November 2017

"Buang Sial", Padang Theatre " ...