Kemenristekdikti Gelar Lomba Produk Inovasi Peringati Hakteknas 2018

Selasa 05 Juni 2018 12:30:21 WIB Dilihat : 63 Kali


Kemenristekdikti Gelar Lomba Produk Inovasi Peringati Hakteknas 2018

HALUANNEWS.com, Jakarta - Kemenristekdikti akan mengadakan lomba produk inovasi dalam rangka Hari Kebangkitan Tehnologi Nasional (Hakteknas) ke-23 tahun 2018.  Puncak kegiatan ini akan digelar di Pekanbaru, Riau.

Demikian ditegaskan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe pada siaran persnya, Selasa (5/6/2018).

Dijelaskan, kegiatan ini sejalan dengan upaya percepatan inovasi dalam mendukung pencapaian daya saing bangsa, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, pada tahun 2018 ini akan menyelenggarakan Lomba Produk Inovasi Industri.

Tujuan lomba ini, mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa yang dimulai dari akar rumput.

Membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreachdari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial-budaya secara berkelanjutan.

Memberikan dorongan kepada para pelaku inovasi (individu, organisasi, lembaga) agar dapat terpacu dalam mewujudkan ide kreatif dalam penciptaan nilai tambah, baik sebagai individu maupun melalui kemitraan dan kerjasama antar unsur inovasi.

Adapun peserta lomba  dikategorikan dalam tiga komponen yakni kategori masyarakat; Start up dan  Industri.

Kategori masyarakat  dinilai produk-produk inovasi yang telah dihasilkan oleh berbagai lapisan masyarakat Indonesia untuk diberi apresiasi. Kategori start up, akan dinilai produk-produk inovasi yang berbentuk start upatau perusahaan pemula berbasis teknologi untuk diberi apresiasi.

Kategori industri, akan dinilai produk inovasi yang dihasilkan oleh perusahaan yang berkomitmen melakukan inovasi dalam industrinya untuk diberi apresiasi.

Bidang produk inovasi  diikutkan dalam lomba untuk masing-masing kategori tersebut di atas adalah: 1). Energi;  2). Pangan dan  3). Teknologi Informasi dan Komunikasi. 

Peserta lomba yang hendak mengajukan produk inovasi startup sesuai kriteria dan tatacara dalam buku panduan yang bisa di downlond melalui https://www.ristekdikti.go.id atau http://inovasi.ristekdikti.go.id/.

Para inovator produk-produk inovasi pemenang di setiap kategori hasil seleksi dan penilaian dari panelis Lomba Produk Inovasi Nasional 2018 akan diundang dan diberi apresiasi pada acara puncak Hakteknas 2018 yang diselenggarakan di Pekanbaru, Riau. (yahya)


Tag Berita :
#Makassar #kampus/sekolah

Berita terakit :


APTISI Sulawesi Inventarisasi PTS Binaan dan Dicabut Izin Operasional
Kamis 05 April 2018

APTISI Sulawesi Inventarisasi ...

PTS Tidur Jika Tidak Melakukan Penelitian
Sabtu 21 Oktober 2017

PTS Tidur Jika Tidak Melakukan ...

FKIP Unibos Makassar Kembali Akan Membuka 2 Prodi Baru
Senin 29 Januari 2018

FKIP Unibos Makassar Kembali A ...

Unsa Makassar Bisa Gelar Wisuda dan PKL di Trans Studio
Jumat 17 Agustus 2018

Unsa Makassar Bisa Gelar Wisud ...

Yayasan Cahaya Hati Baksos di Pulau Lae-Lae
Minggu 17 September 2017

Yayasan Cahaya Hati Baksos di ...

Aiptu Hasanuddin Ketua Senat Unsa Makassar 2000-2004
Sabtu 07 Oktober 2017

Aiptu Hasanuddin Ketua Senat U ...

IRMABA Borong Programkan Pelatihan Memandikan Jenzah
Selasa 10 April 2018

IRMABA Borong Programkan Pelat ...

Launching TemanKanker, Wali kota : Obat terbaik Bagi Penderita Kanker Adalah Menyemangati
Minggu 17 September 2017

Launching TemanKanker, Wali ko ...