KPUD Hanya Akui Dua Saksi TPS 

Kamis 31 Mei 2018 11:44:56 WIB Dilihat : 638 Kali


KPUD Hanya Akui Dua Saksi TPS 

Haluannews.com, Jambi - Menjelang hari pencoblosan Pilkada serentak khususnya Kota Jambi tepatnya tanggal 27 Juni 2018, tentunya banyak persiapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi dan kedua Pasangan Calon (Paslon). Salah satu persiapan yang penting yakni soal saksi agar berjalan suksesnya pelaksanaan pemilihan dan penghitungan suara.
 
Divisi Teknis KPU Kota Jambi Yetno mengatakan paslon hanya menyiapkan maksimal dua orang saksi setiap TPS, satu orang saksi didalam apabila istirahat maka akan diganti dengan saksi yang satunya lagi,Rabu(30/05/2018).
 
"Di luar regulasi PKPU nomor 8 tahun 2018 tidak dikategorikan sebagai saksi, jadi saksi itu ada 2 orang dari masing-masing paslon setiap TPS. Saksi kan yang meng-SK-kan bisa paslon atau tim kampanye," kata Yetno.
 
Dalam mengantisipasi terjadinya politik uang dengan sistem rekrut saksi yang banyak ataupun kekacauan dalam penghitungan suara yang mengatas namakan saksi, KPU kota Jambi telah melaksanakan Rakor bersama Tim Kampanye.
 
"Dari KPU hanya mengaku saksi-saksi mandatnya yang ditandatangani oleh paslon atau tim kampanye dan itu sudah dirakorkan dengan pihak tim kampanye masing-masing paslon," jelas Yetno.
 
Penyampaian nama-nama saksi ke KPU maksimal H-1 sebelum hari H. Guna penyampaian nama-nama saksi di setiap TPS itu, rekapnya akan disampaikan ke KPU dan akan diteruskan ke KPPS agar nama yang dikirim ke KPU dengan KPPS itu sama.
 
"Kami hanya memastikan nama yang dikirim sama dengan yang dibawah, kalau seandainya ada perubahan, kami akan koordinasi," pungkas Yetno. (rif) 

Tag Berita :
#KotaJambi #politik

Berita terakit :


Menlu: Bantuan Indonesia Untuk Pengungsi Rakhine State Berkesinambungan
Senin 29 Januari 2018

Menlu: Bantuan Indonesia Untuk ...

Tajuddin dan Rivai ‘Tukar’ Jabatan
Rabu 21 September 2016

Tajuddin dan Rivai ‘Tukar’ ...

WAGUB PIMPIN APEL GABUNGAN DI KAB. PASAMAN
Senin 17 Oktober 2016

WAGUB PIMPIN APEL GABUNGAN DI ...