5 Minyak Goreng Terbaik untuk Kolesterol Tinggi

Selasa 29 Mei 2018 13:42:21 WIB Dilihat : 50 Kali


5 Minyak Goreng Terbaik untuk Kolesterol Tinggi

HALUANNEWS.COM--Dalam usaha mengontrol kolesterol tinggi dalam darah, dokter tak akan  pernah bosan menganjurkan Anda untuk menghindari makanan yang digoreng. Namun, bagaimana jika makanan yang digoreng tak dapat dihindari? Atau memang Anda sangat menginginkan makanan yang digoreng? Solusinya, pilihlah minyak goreng yang sehat dan tidak memicu kadar kolesterol tinggi.

Dalam pencarian minyak goreng yang sehat dan tepat untuk diet rendah kolesterol, banyak orang yang mengandalkan minyak zaitun. Padahal, ada banyak jenis minyak goreng yang dijual di pasaran, yang manfaatnya setara, bahkan lebih baik, dari minyak zaitun.

Memilih minyak untuk menggoreng

Minyak yang digunakan untuk menggoreng dapat bersumber dari buah, kacang-kacangan, biji-bijian, atau merupakan produk hewani. Masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Semua minyak merupakan kombinasi dari berbagai asam lemak, tapi memiliki kalori per takaran saji yang kurang lebih serupa, yaitu sekitar 102-104 kalori. Penting untuk memperhatikan kandungan jumlah lemak sehat atau lemak tak jenuh dalam minyak. Karena hal ini dapat memengaruhi kadar kolesterol saat minyak dikonsumsi melalui makanan.

Semua jenis minyak yang bersumber dari produk hewani mengandung lebih banyak lemak jenuh dan kolesterol. Tak hanya minyak hewani, beberapa jenis minyak sayuran tropis seperti minyak kelapa sawit juga mengandung lemak jenuh. Padahal, diet rendah kolesterol berarti memilih minyak yang tinggi akan lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat.

Minyak untuk memasak yang sebaiknya Anda hindari karena tidak sehat untuk kolesterol tinggi antara lain:

  • Mentega dan keju krim
  • Lemak hewani
  • Minyak kelapa dan kelapa sawit

Minyak goreng ramah kolesterol

Dalam memilih minyak goreng yang sehat, pilih minyak yang tinggi kandungan omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal, untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain baik untuk kolesterol, omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meredakan inflamasi serta mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

Ingat juga bahwa masing-masing jenis minyak goreng memiliki smoke point yang berbeda-beda. Smoke point adalah titik suhu terendah dari minyak yang dipanaskan hingga pertama kali menghasilkan asap. Pada saat smoke point ini tercapai, maka lemak dalam minyak goreng tersebut akan terurai menjadi gliserol dan asam lemak bebas, sehingga memengaruhi rasa dan tentunya kualitas minyak dan makanan yang dimasak.

Pilihlah minyak dengan smoke point yang lebih tinggi untuk menggoreng, sehingga Anda dapat memasak pada suhu yang sesuai dan makanan dapat dimasak lebih cepat dan menyerap lebih sedikit minyak dalam prosesnya.

Lalu, apa saja jenis minyak sehat yang bisa Anda pilih untuk menggoreng?

1. Minyak kanola

Minyak kanola memiliki rasa yang netral dan smoke point yang cukup tinggi, sehingga cocok untuk menumis dan memanggang. Meski minyak kanola mengandung lebih sedikit antioksidan dibandingkan dengan minyak zaitun, minyak ini mengandung asam alfa-linoleat, sejenis omega-3 yang juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan jantung.

2. Minyak alpukat

Meski jarang terdengar, minyak alpukat merupakan minyak yang sehat karena kaya akan lemak tak jenuh tunggal. Minyak alpukat juga kaya akan berbagai nutrisi, seperti lemak sehat, kalium, vitamin E, dan antioksidan kuat seperti lutein dan zeaxanthin. Minyak alpukat juga memiliki smoke point yang tergolong tinggi, cocok untuk menumis dan menggoreng.

3. Minyak almon

Minyak almon adalah salah satu minyak dengan smoke point yang sangat tinggi, sehingga pas untuk menggoreng. Minyak almon juga cocok digunakan untuk mengolah makanan penutup, seperti pengganti krim kocok, namun lebih sehat.

4. Minyak biji anggur

Minyak biji anggur, atau sering kali juga disebut sebagai minyak anggur, memiliki rasa kacang-kacangan yang ringan sehingga dapat sekaligus menjadi perasa tambahan pada masakan Anda. Minyak ini juga memiliki smoke point yang cukup tinggi, sehingga cocok digunakan untuk memanggang, atau sebagai dressing salad dan bahan mayones.

5. Minyak kenari

Kacang kenari dikenal sebagai salah satu kacang yang sehat dan kaya akan omega-3. Dengan smoke point yang tidak terlalu tinggi, minyak kenari dapat digunakan untuk memanggang atau menumis dengan api kecil, atau sebagai penambah rasa pada salad dan hidangan lainnya.

Dalam memasak, pastikan Anda selalu menggunakan bahan terbaik, segar, dan sehat untuk menjamin kesehatan diri dan keluarga. Untuk urusan menggoreng, pilih minyakgoreng yang sehat agar tidak menyebabkan kolesterol tinggi seperti lima jenis minyak yang telah disebutkan diatas. Selamat memasak!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Bupati Siak Alfedri  Menutup Open Tournament Tri Mukti Cup
Selasa 20 Februari 2018

Bupati Siak Alfedri Menutup O ...

 Tartiniah Resmi  Gantikan Masnah Busroh Di DPRD Provinsi Jambi
Selasa 17 Januari 2017

Tartiniah Resmi Gantikan Mas ...

Kemenperin Prioritaskan Industri Berorientasi Ekspor
Kamis 01 Februari 2018

Kemenperin Prioritaskan Indust ...

Wabup Keluhkan Harga Jual Pascapanen
Minggu 05 Maret 2017

Wabup Keluhkan Harga Jual Pasc ...

UMMA Sebar KKN Pertama 350 Mahasiswa
Kamis 23 November 2017

UMMA Sebar KKN Pertama 350 Mah ...