4 Penyebab Sakit Kepala yang Tidak Terduga

Selasa 29 Mei 2018 13:31:23 WIB Dilihat : 28 Kali


4 Penyebab Sakit Kepala yang Tidak Terduga

HALUANNEWS.COM--Sakit kepala sering terjadi secara tiba-tiba. Jika keluhan ini terjadi di tengah aktivitas, performa Anda tentu akan mengalami gangguan. Ini karena sakit kepala umumnya memberikan keluhan berupa sensasi seperti ditusuk, ditindih benda berat, atau terasa diikat kuat.

Meski gejalanya sungguh terasa, menentukan penyebab sakit kepala bukanlah perkara yang mudah. Ini karena keluhan tersebut dapat terjadi akibat berbagai kondisi. Bahkan, 4 hal tidak terduga berikut ini juga dapat menjadi penyebabnya:

1. Menatap layar komputer

Menatap layar komputer seharian tak hanya akan membuat mata menjadi lelah, tapi juga bisa memicu terjadinya sakit kepala. Perubahan cahaya dan sinar dari layar komputer dapat merangsang saraf area mata dan memicu terjadinya sakit kepala. Selain itu, postur tubuh yang salah sewaktu duduk di depan komputer juga bisa memperberat sakit kepala yang terjadi.

Solusinya? Berikan jeda selama 10 menit untuk setiap jam yang Anda habiskan di depan komputer. Jadi, jika Anda duduk di depan komputer selama 2 jam, waktu jeda yang Anda butuhkan adalah 20 menit. Nah, saat sedang menikmati waktu jeda, Anda dapat memejamkan mata, berjalan-jalan di sekitar, atau melihat pepohonan hijau agar mata lebih relaks.

2. Tatanan rambut

Berbagai tatanan rambut kerap dicoba agar penampilan terlihat lebih menarik dan nyentrik. Namun tak jarang, tatanan rambut yang indah bisa berujung pada sakit kepala.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh The City of London Migraine Clinic, lebih dari setengah wanita mengalami sakit kepala tipe tension (tension type headache) akibat tatanan rambut yang terlalu ketat, seperti mengikat atau mengonde terlalu kencang. Menurut penelitian tersebut, melonggarkan ikatan alias menggerai rambut dapat mengurangi, atau bahkan menghilangkan keluhan sakit kepala yang terjadi.

3. Sinar matahari

Sinar matahari memang membuat lingkungan terasa hangat dan nyaman untuk beraktivitas. Namun bagi sebagian orang, berada di bawah sinar matahari yang terik dapat menjadi suatu “siksaan”.

Ya, bagi Anda yang memiliki riwayat migrain, sebaiknya berhati-hati terhadap cahaya matahari. Sebab, penderita migrain yang menatap cahaya matahari secara langsung dapat memicu serangan sakit kepala sebelah. Hal ini terjadi karena sinar matahari dapat memberikan rangsangan ke pusat thalamus di otak sehingga sakit kepala kerap tidak bisa dihindari.

Untuk menyiasati keadaan tersebut, pastikan Anda menggunakan kacamata hitam berlensa khusus yang memiliki proteksi UVA dan UVB 100%.

4. Stres

Saat sedang stres, khawatir, atau cemas, Anda cenderung bernapas lebih pendek. Akibatnya, oksigen yang masuk dan mengalir ke otak menjadi berkurang, pembuluh darah menyempit, dan menimbulkan keluhan sakit kepala.

Jadi, ketika Anda sedang berada dalam kondisi yang membuat stres, cobalah menarik napas panjang, tahan selama 5-7 detik, dan buang secara perlahan. Ulangi beberapa kali hingga perasaan Anda sekiranya membaik.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa sakit kepala juga dapat terjadi akibat hal-hal tidak terduga seperti di atas. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sakit kepala akibat faktor di atas biasanya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, jika sakit kepala sering terjadi berulang atau tak kunjung hilang dalam beberapa hari, segera berobat ke dokter, ya!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


IAI As’adiyah Sengkang Wajo  Gelar  Dialog Pendidikan
Selasa 28 November 2017

IAI As’adiyah Sengkang Wajo ...

Walikota Resmikan Fasum Di RW 05 Gedong Kuning
Senin 21 Maret 2016

Walikota Resmikan Fasum Di RW ...

Kota Padang Kembali Juara Umum MTQ Tingkat Provinsi Sumbar
Sabtu 11 November 2017

Kota Padang Kembali Juara Umum ...

Hebat,, ZA Diarak Mengelilingi Danau Kerinci
Selasa 13 Februari 2018

Hebat,, ZA Diarak Mengelilingi ...

IRJEN POL MACHFUD ARIFIN RESMI JABAT KAPOLDA JATIM
Kamis 05 Januari 2017

IRJEN POL MACHFUD ARIFIN RESMI ...