Cegah Tindak Korupsi, KPK Datangi Bakamla

Selasa 29 Mei 2018 13:24:57 WIB Dilihat : 676 Kali


Cegah Tindak Korupsi, KPK Datangi Bakamla

HALUANNEWS.COM, Jakarta---Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kantor Bakamla Pusat dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan  Bakamla, di Aula Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/5/2018).
 
Kegiatan sosialisasi yang dipandu oleh Inspektur Bakamla Brigjen Pol Drs. Sarono, M.H. ini menghadirkan tiga nara sumber yaitu Drs. Subarkah, M.M. dari Bidang Konsultasi Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), Sekretaris Umum GMPK Erif Hilmi, S.H., dan Kabid Penindakan Anti Korupsi Nanang Mubarok, S.H.I., M.M.
 
Sesuai pasal 12 UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa peran pegawai ASN adalah sebagai perencana, pelaksana, dan pengawas penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional melalui pelaksanaan kebijakan dan pelayanan publik yang professional, bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. Oleh karena itu kedatangan KPK dalam rangka sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi ini merupakan salah satu upaya Bakamla bersama KPK untuk menghasilkan ASN yang berintegritas dalam lingkungan Bakamla.
 
Berbagai pemahaman baru tentang korupsi diperoleh dari penjelasan yang diberikan oleh nara sumber, mulai dari latar belakang, fenomena gunung es korupsi yang meliputi berbagai aspek yaitu aspek lokasi, aspek manusia, aspek barang, aspek kegiatan, hingga aspek kebijakan, serta serta upaya pencegahannya melalui pemahaman hukum agama dan moral. Dalam pertemuan ini dijelaskan pula tentang pengertian gratifikasi, yang merupakan salah satu bentuk korupsi, beserta pemahaman tentang ketentuan hukum bagi pemberi, perlindungan hokum bagi pelapor, serta cara-cara untuk menolak gratifikasi.
 
Sosialisasi ini pada dasarnya merupakan pembekalan bagi para Calon PNS Bakamla 2018, namun dalam pelaksanaannya dihadiri pula oleh pejabat dari berbagai eselon dan staf yang telah mengabdi sebagai PNS beberapa tahun lamanya. Melalui sosialisasi ini, diharapkan seluruh pegawai di lingkungan Bakamla mendapatkan bekal yang cukup untuk bersama KPK menghindari dan memerangi korupsi.
 
Autentikasi :
Kasubbag Humas Bakamla, Mayor Marinir Mardiono

Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #Hukum

Berita terakit :


Menkeu Ajak WNI di Singapura Ikut Amnesti Pajak
Kamis 11 Agustus 2016

Menkeu Ajak WNI di Singapura I ...

Nasdem & Demokrat ke Monadi, HTK akan didukung 3 partai
Sabtu 04 November 2017

Nasdem & Demokrat ke Monadi, H ...

Sutarmidji Minta Jamaah Calon Haji Dengarkan Arahan Pembimbing
Selasa 25 Juli 2017

Sutarmidji Minta Jamaah Calon ...

Ini Ulasan Mengapa Mendagri Tak Berhentikan Sementara Ahok
Minggu 12 Februari 2017

Ini Ulasan Mengapa Mendagri Ta ...

PKB Rutin Komunikasi dengan Presiden
Kamis 29 Desember 2016

PKB Rutin Komunikasi dengan Pr ...

Gubernur Riau Kukuhkan Pjs Bupati Inhil Rudyanto
Jumat 16 Februari 2018

Gubernur Riau Kukuhkan Pjs Bup ...

Alex Noerdin : Poltekpar Dijamin Kualitasnya Bagus
Sabtu 03 September 2016

Alex Noerdin : Poltekpar Dijam ...