10 Alasan Mengapa Anda Harus Mengurangi Gula

Minggu 27 Mei 2018 11:39:47 WIB Dilihat : 20 Kali


10 Alasan Mengapa Anda Harus Mengurangi Gula

HALUANNEWS.COM--Mungkin selama ini Anda masih menganggap lemak sebagai musuh nomor satu bagi kesehatan tubuh. Itu dulu. Sekarang para ahli telah sepakat bahwa gula adalah musuh nomor satu, yang menjadi biang kerok penyebab berbagai penyakit (termasuk komplikasi) dan penuaan dini.

Dietary Guidelines Advisory Committee menyarankan agar Anda membatasi konsumsi gula maksimal 10 persen dari total konsumsi kalori dalam sehari. Jadi, misalkan Anda mengonsumsi total 1500 kalori, maka Anda hanya boleh mengonsumsi gula sebanyak 150 kalori  atau setara dengan 39 gram (maksimal tiga sendok makan sehari).

Sedangkan anjuran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sedikit berbeda, yang mematok konsumsi gula maksimal adalah 50 gram atau setara dengan empat sendok makan per hari).

Terlepas dari dua rekomendasi tersebut, data menunjukkan bahwa konsumsi gula masyarakat dunia masih jauh melampaui batas yang direkomendasikan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan bahwa penduduk Amerika Serikat (AS) rata-rata mengonsumsi 13-20 sendok teh gula per hari (setara dengan 230 kalori untuk wanita dan 335 kalori untuk laki-laki).

Gula dapat ditemukan dalam berbagai makanan, mulai dari aneka kue, krim, permen, minuman manis, es kopi, bubble tea, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Jika konsumsi gula tidak dikendalikan, gula yang terdapat dalam makanan dan minuman tersebut dapat berdampak buruk terhadap kesehatan Anda. Apa saja?

1. Gigi berlubang

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat berakibat buruk bagi kondisi mulut, seperti timbulnya gigi berlubang atau bolong dan radang gusi. Kondisi tersebut tentunya juga dapat membuat kantong bolong karena harus bolak-balik pergi ke dokter gigi dan mengeluarkan biaya berobat yang tak sedikit.

2. Jerawat

Ingin wajah cantik, bersih, mulus, dan bebas dari jerawat? Cobalah kurangi konsumsi gula mulai dari sekarang. Makanan manis memiliki indeks glikemik tinggi, yang terbukti dapat memiliki efek terhadap hormon Anda—terutama para wanita—sehingga dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.

3. Kegemukan

Ingin mendapatkan tubuh langsing dan berat badan yang ideal? Lagi-lagi jawabannya: kurangi konsumsi gula. Makanan dan minuman manis yang mengandung tinggi gula juga mengandung tinggi kalori, yang secara perlahan akan membuat tubuh Anda melebar (dan membesar) ke samping. Salah satu rahasia diet sukses adalah dengan mengurangi konsumsi gula.

4. Penuaan dini

Siapa, sih, yang tidak ingin tampak senantiasa cantik dan awet muda? Untuk mewujudkan keinginan ini, mulailah dengan mengurangi konsumsi gula dari menu makanan sehari-hari. Penelitian membuktikan bahwa asupan gula yang terlalu banyak dapat membuat kulit kusam, kendur, dan keriput lebih cepat. Ini karena gula dapat menempel pada protein-protein di kulit seperti kolagen dan elastin, mempercepat kerusakannya, serta menurunkan kadar antioksidan dalam tubuh. Dengan demikian, terjadilah penuaan dini.

5. Diabetes mellitus

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat meningkatkan risiko Anda mengidap kencing manis alias diabetes mellitus. Penyakit ini nantinya dapat menimbulkan berbagai komplikasi lain, mulai dari penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kebutaan.

6. Meningkatkan tekanan darah

Asupan gula yang terlalu banyak juga ternyata dapat meningkatkan tekanan darah Anda, lho! Tekanan darah tinggi (hipertensi) ini kelak juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

7. Meningkatkan kolesterol

Selain hipertensi, terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena kelebihan gula yang dibutuhkan oleh tubuh akan diubah menjadi lemak.

8. Risiko penyakit jantung

Data berkata, orang yang mengonsumsi gula 25 persen lebih banyak dari yang dianjurkan ternyata berisiko dua kali lipat lebih tinggi untuk meninggal akibat penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang mengontrol asupan gulanya sesuai dengan rekomendasi kesehatan.

9. Risiko Alzheimer

Penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi terlalu banyak gula memiliki risiko mengalami gangguan memori dan penyakit Alzheimer yang lebih tinggi. Jadi, kalau tidak ingin cepat pikun, segera turunkan konsumsi gula Anda!

10. Kanker

Mengurangi asupan gula dapat menurunkan risiko Anda untuk menderita berbagai macam kanker, salah satunya adalah kanker pankreas.

Sepuluh poin di atas seharusnya sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda mengurangi gula dari konsumsi makanan dan minuman. Beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan konsumsi gula harian antara lain adalah dengan membaca dan memahami label makanan, tidak menunda waktu makan dan dapat membedakan antara rasa lapar yang sesungguhnya dan rasa lapar yang dipicu keinginan semata. Selain itu lakukan olahraga secara rutin, dan terapkan pola makan sehat rendah gula. Yuk, segera batasi asupan gula mulai hari ini!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Kepala Bakamla RI Jadi Pembicara FGD Komite IV DPD RI
Rabu 18 Oktober 2017

Kepala Bakamla RI Jadi Pembica ...

Agar Tepat Sasaran, Presiden Jokowi Minta Belanja Subsidi, Bansos, dan Dana Desa Diintegrasikan
Kamis 22 September 2016

Agar Tepat Sasaran, Presiden J ...

Kemendikbud Siap Selenggarakan International Junior Science Olympiad (Ijso) Ke-13 Tahun 2016
Senin 28 November 2016

Kemendikbud Siap Selenggarakan ...

Dana ADD Cair Bangun  Infrastruktur Rabat Beton Di Kebun
Minggu 30 April 2017

Dana ADD Cair Bangun Infrastr ...

Khofifah Imbau Muslimat NU Ikut Memerangi Kejahatan Narkoba
Jumat 12 Agustus 2016

Khofifah Imbau Muslimat NU Iku ...