4 Jurus Jitu Hindari Kanker Kulit

Sabtu 26 Mei 2018 23:48:20 WIB Dilihat : 56 Kali


4 Jurus Jitu Hindari Kanker Kulit

HALUANNEWS.COM--Kanker kulit terjadi akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak normal pada kulit. Pada umumnya, penyebab kanker kulit pun bisa berbeda-beda. Meski lebih banyak menyerang pria lanjut usia, kanker ini juga bisa menyerang kaum muda –baik pria maupun wanita. Seperti yang terjadi pada menantu Hatta Rajasa.

Faktor penyebab kanker kulit

Dilansir dari Cleve and Clinic, beberapa ahli menyatakan bahwa penyebab utama seseorang terkena kanker kulit adalah paparan sinar matahari secara langsung. Sinar ultraviolet pada sinar matahari dapat merusak sel-sel kulit pada tubuh.

Senada dengan hal tersebut, dr. Dyah Novita Anggraini dari Klikdokter menjelaskan seputar dampak sinar ultraviolet terhadap kulit.

“Dalam kadar cukup, sinar ultraviolet dari matahari memberikan pasokan vitamin D yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Tetapi jika berlebihan, DNA kulit dapat rusak hingga meningkatkan risiko kanker kulit,” terangnya.

Lebih lanjut wanita yang akrab dipanggil dr. Vita ini juga memberitahu radiasi sinar ultraviolet yang terbagi dalam dua jenis, yaitu sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Keduanya dapat memicu kerusakan kulit dan meningkatkan risiko penyakit kanker kulit.

“Gelombang UVA lebih panjang dan menyebabkan kerusakan kulit dalam jangka panjang, seperti penuaan dini. Sedangkan gelombang UVB lebih pendek dan menyebabkan kulit terbakar. Keduanya sama-sama bisa memicu kanker kulit,” terang dr. Vita.

Selain itu, terlalu sering menggunakan bahan-bahan kimia pada saat perawatan kulit juga dapat merusak tekstur kulit serta menghilangkan nutrisi pada kulit secara perlahan. Kerusakan pada kulit tersebut bersifat kumulatif.

Cegah dengan cara ini

Menurut dr. Vita, meski mematikan dan bisa merenggut nyawa, nyatanya penyakit ini bisa dicegah. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan:

1. Penggunaan sunscreen dan sunblock sebelum bepergian

Untuk mencegah Anda terkena kanker kulit, dr. Vita memaparkan terdapat dua jenis produk pelindung dengan fungsi dan cara kerja yang berbeda, yaitu sunscreen dan sunblock.

Sunscreen dapat meresap ke lapisan kulit dengan cepat dan berfungsi menyaring sinar ultraviolet. Sedangkan sunblock membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit dan berfungsi menangkal sinar ultraviolet.

Pilihlah kadar SPF yang tinggi. Semakin tinggi kandungan SPF, maka semakin panjang kulit Anda terlindung dari paparan sinar ultraviolet. Misalnya saja pada produk dengan SPF 10, perlindungan hanya akan bertahan selama 150 menit. Sedangkan SPF 30 akan bertahan hingga 300 menit.

Skin Cancer Organization menyarankan Anda agar mengaplikasikan kembali kedua produk ini setiap dua jam bila sedang berada di luar ruangan. Untuk kulit yang sudah terkena air ataupun berenang dan berkeringat, pemakaian ulang sangat dianjurkan.

2. Menghindari paparan sinar matahari langsung

Jam 10 pagi hingga 4 sore merupakan jam kritis di saat matahari sedang memancarkan sinar teriknya. Jika aktivitas mengharuskan Anda untuk berada di jam tersebut, usahakan gunakan topi atau payung untuk melindungi kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.

3. Berikan nutrisi untuk kulit

Kulit yang kering dan kusam menandakan kulit yang tidak sehat. Jika dibiarkan begitu saja, dapat timbul masalah yang lebih serius. Sebab kekurangan vitamin pada kulit dapat mengakibatkan kinerja kulit menurun. Selain merawat kulit dari luar, Anda juga bisa menambah asupan vitamin D lewat makanan atau suplemen.

Beberapa makanan yang direkomendasikan adalah ikan salmon, susu, daging, dan buah-buahan –seperti pisang, apel, dan pepaya. Jika Anda mengonsumsi suplemen, pilihlah yang terbuat dari bahan alami.

4. Gunakan kacamata hitam

Selama beraktivitas di luar ruangan, gunakan kacamata hitam untuk melindungi kulit sekitar mata Anda. Sebab kulit di area mata merupakan kulit yang cukup sensitif dan tipis. Oleh karena itu, penggunaan kacamata hitam dapat mencegah Anda terkena risiko kanker kulit.

Meski sinar matahari memiliki manfaat bagi kesehatan, jangan lupakan dampak sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan kerusakan kulit. Lindungi kulit dengan cara-cara di atas agar Anda terhindar dari penyakit kanker kulit seperti yang terjadi pada mendiang menantu Hatta Rajasa.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


HIDUP BERMANFAAT KUNCI KESUKSESAN
Selasa 05 September 2017

HIDUP BERMANFAAT KUNCI KESUKSE ...

Mutasi Jabatan dan Promosi 39 Perwira Tinggi TNI
Sabtu 24 Maret 2018

Mutasi Jabatan dan Promosi 39 ...

Regulasi Tidak Boleh Menghambat Kreativitas StartUp
Kamis 26 Oktober 2017

Regulasi Tidak Boleh Menghamba ...

Paslon Zainal-Arsal Sudah Sampaikan Akun Medsos Resmi ke KPU
Senin 26 Februari 2018

Paslon Zainal-Arsal Sudah Samp ...

Kebiasaan Menpora Kunker ke Jombang, Dari Ziarah ke Makam Hingga Makan Nasi Kikil Kesukaan Gus Dur
Minggu 29 Januari 2017

Kebiasaan Menpora Kunker ke Jo ...