Inilah Besaran Pembayaran Zakat Fitrah Di Sarolangun

Jumat 25 Mei 2018 22:12:41 WIB Dilihat : 1029 Kali


Inilah Besaran Pembayaran  Zakat Fitrah Di Sarolangun

HALUANNEWS.COM, Sarolangun--Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki maupun perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Adapun besaran zakat fitrah yang harus diberikan oleh setiap Muslim adalah sebesar 2.5 kg  beras untuk satu jiwa disesuaikan  dengan jenis beras  yang biasa di makan oleh masing -masing  wajib zakat  fitrah,ada merujuk pada keadaan manusia  saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin allah akan kembali fitrah. 
 
Seiring berjalannya bulan Ramadhan 1439 H/ 2018 M, pemerintah Kab. sarolangun , Kankemenag dan (MUI) majelis ulama indonesia  Kab. sarolangun  telah mengadakan rapat bersama untuk menentukan besaran zakat fitrah. Hasil kesepakatan ini di beritahukan kepada masyarakat kabupaten sarolangun  dalam bentuk pengumuman bersama pemerintah Kab. Kankemenag dan MUI Kab. sarolangun
Saat ini, masjid-masjid dan mushala juga sudah mulai membuka layanan pembayaran zakat fitrah. Berdasarkan pengumuman bersama pemerintah Kabupaten, Kankemenag dan MUI Kab. sarolangun berdasarkan  hasil pemantauan tim dari kemenag kabupaten sarolangun, MUI kabupaten sarolangun dan dinas koperasi UKM, perindustrian dan perdagangan kab. sarolangun perlu disampaikan pedoman dan standar pembayaran zakat  fitra kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat dalam wilayah kabupaten sarolangun berdasarkan kwalitas beras dan harga di pasar kota sarolangun dan sekitarnya adalah sebagai berikut : 
1.harga beras kwalitas  tertinggi( beras solok , dan sejenisnya) sebesar RP. 37.500 (tiga puluh tujuh ribu lima ratus rupiah).
2. harga beras kwalitas tinggi (beras anggur, BJ dan sejenisnya ) RP 32.500 (tiga puluh dua ribu lima ratus rupiah). 
3. harga beras kwalitas menengah ( beras king, belido, raja premium, raja platinum, kasih sayang naruto, slyp BPR dan jenis nya ) sebesar RP 31.250( tiga puluh satu ribu dua ratus lima puluh rupiah ) 
4. harga beras kwantitas rendah ( beras sepat siam, raja, kerinci, lokal sarolangun dan sejenis nya ) sebesar RP 27. 500(dua puluh tujuh ribu lima ratus rupiah).
 
Ka. Kankemenag sarolangun Drs. H. sulaeman, M.HI diwakili Mstar  "saat ditemui diruang kerjanya, menuturkan “sesuai pengumuman bersama yang telah dikeluarkan,"
 
masjid-masjid dan mushola telah mulai menerima zakat fitrah, dengan membayar zakat fitrah , mari kita sambut hari yang fitri dengan senyum merata bagi semua untuk itu tunaikan lah zakat sebelum batas waktu yang ditentukan” tuturnya.(Yunus)

Tag Berita :
#InfoTerkini #Sarolangun #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #daerah

Berita terakit :


Warga Kassi Kassi, Deng ical bersama PMI Gelar Bhakti Sosia
Minggu 09 April 2017

Warga Kassi Kassi, Deng ical b ...

PEMKAB PRINGSEWU GELAR KONSULTASI PUBLIK REVISI RENCANA TATA RUANG WILAYAH
Rabu 20 Desember 2017

PEMKAB PRINGSEWU GELAR KONSULT ...

Polemik Gunung Kerinci & Danau Gunung Tujuh, Bupati Kerinci terkesan tutup mata
Minggu 13 Agustus 2017

Polemik Gunung Kerinci & Danau ...