6 Trik agar Gampang Bangun Saat Sahur

Kamis 24 Mei 2018 21:24:45 WIB Dilihat : 60 Kali


6 Trik agar Gampang Bangun Saat Sahur

HALUANNEWS.COM--Jam dinding menunjukkan pukul empat lewat. Ini artinya waktu sahur sebentar lagi habis. Namun kenyataannya, Anda masih setengah sadar di tempat tidur, berusaha keras untuk membuka mata. Ya, skenario ini mungkin sudah berkali-kali Anda hadapi dengan penuh perjuangan.

Padahal ada triknya, lho, agar bangun sahur Anda terasa lebih ringan. Dilansir berbagai sumber, berikut ini cara-cara yang dapat Anda coba agar lebih mudah bangun saat sahur:

1. Tidur lebih awal

Cara termudah agar bisa bangun sahur tepat waktu adalah tidur lebih awal pada malam harinya. Dengan begini, saat Anda bangun untuk sahur, tubuh pun sudah lebih siap karena telah mendapatkan istirahat yang cukup. Supaya lebih cepat terlelap, sebisa mungkin minimalkan bising atau cahaya yang terlalu terang di dalam kamar. Ruangan yang sejuk dan bersih juga berperan dalam mengatur mood tidur.

2. Pasang alarm

Sering pasang alarm, tapi segera dimatikan setelah berbunyi? Coba pasang alarm dengan nada yang sama dengan nada panggilan masuk. Karena orang biasanya akan lebih mudah terbangun oleh bunyi panggilan masuk dibandingkan dengan alarm. Satu lagi, letakkan alarm pada jarak yang agak jauh sehingga Anda terpaksa bangkit untuk mematikannya. 

3. Hindari kafein dan gula sebelum tidur

Tak hanya kopi, teh dan soda juga memiliki kafein yang bisa membuat Anda terjaga. Sebaiknya Anda tidak mengonsumsi semua jenis minuman berkafein ini sebelum tidur. Anda juga perlu menjaga diri dari makanan yang manis-manis sebelum terlelap, karena jika terlalu banyak malah dapat membuat tidur kurang nyenyak.

4. Olahraga

Olahraga yang dilakukan dengan tepat dapat membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah latihan fisik yang berintensitas ringan, seperti joging kecil, yoga, bersepeda, taici, dan berenang. Anda dapat berolahraga 30 menit sebelum beduk, atau pada malam hari asalkan tidak mendekati jam tidur. Jika jamnya terlalu berapit dengan waktu tidur, bisa-bisa Anda jadi sulit terlelap.

5. Minta dibangunkan

Terkadang, satu-satunya cara agar Anda lebih mudah bangun sahur adalah dengan minta dibangunkan orang lain. Pesankan orang tersebut untuk membangunkan Anda dengan cara apa pun (asal tidak ekstrem, ya) sampai bangun. Biasanya orang akan lebih cepat menyahut jika dibangunkan orang lain. Tentunya ada perasaan segan atau tidak enak hati jika mengabaikannya.

6. Niat

Dari sekian cara di atas, niat mungkin adalah hal yang paling penting. Karena segala usaha yang dilakukan tanpa tekad yang kuat, jatuhnya akan sama saja. Jadi pasanglah niat untuk bangun lebih awal sehingga otomatis Anda akan bangun dengan sendirinya saat sahur nanti. 

Anda sudah berhasil bangun tepat waktu saat sahur? Selamat! Sekarang, hal yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan pola makan saat sahur. Ada sejumlah “dosa” yang harus dihindari saat sahur, seperti mengonsumsi makanan yang kurang serat dan tinggi gula, langsung menyantap makanan dalam porsi besar, serta tidak cukup minum.

Mengonsumsi makanan yang kurang serat dan tinggi gula malah akan membuat tubuh mudah lapar dan lemas. Menyantap makanan dalam porsi besar juga tidak membantu karena dapat membebani perut. Lalu, jangan langsung buru-buru tidur usai sahur dan pastikan Anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik. Dua gelas air putih saat sahur sebenarnya sudah cukup. Yuk, lakukan sahur dengan tepat waktu dan cerdas agar puasa jadi lancar!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga

Berita terakit :


KADES PEMAYUGAN DAN JAJARAN NYA TIDAK KENAL LELAH MEMBAGUN DESA
Rabu 20 September 2017

KADES PEMAYUGAN DAN JAJARAN NY ...

Gubri Serahkan Penghargaan Pada 19 Pelaku IKM Di Riau
Jumat 28 Oktober 2016

Gubri Serahkan Penghargaan Pad ...

Histeria Warga Sambut Kedatangan Danny
Jumat 27 Januari 2017

Histeria Warga Sambut Kedatang ...

 Kemenpora Dukung Marathon Siosar 10 K Sebagai Ajang Mencari Bibit Atlet Baru
Rabu 28 Desember 2016

Kemenpora Dukung Marathon Sio ...

Wagub Hadiri Dies Natalies ITERA ke 2
Jumat 07 Oktober 2016

Wagub Hadiri Dies Natalies ITE ...

Rektor Unhas Dukung Konfrensi Internasional dan Rakornas ASWGI
Sabtu 21 Oktober 2017

Rektor Unhas Dukung Konfrensi ...