Diduga Cendol Berbahan Pewarna Tekstil Beredar di Pasar Beduk

Kamis 24 Mei 2018 21:17:07 WIB Dilihat : 560 Kali


Diduga Cendol Berbahan Pewarna Tekstil Beredar di Pasar Beduk

HALUANNEWS.COM, Jambi- Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Jambi menemukan Cendol menggunakan pewarna tekstil dijual di pasar Beduk Sengeti Kabupaten Muaro Jambi. Ini merupakan hasil sidak BPOM Jambi mengantisipasi beredar makanan berbahaya selama Ramadhan di Provinsi Jambi. 
 
Kepala BPOM Jambi Ujang Supriatna mengatakan sejak awal ramadhan hingga 23 Mei 2018 mereka melakukan pengujian terhadap sejumlah bahan makanan  yanh dijuak di pasat beduk mengacu empat parameter uji (Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Metanyl Yellow). 
 
"Kami melakukan pengujian terhadap 379 sampel, hasilnya 378 sampel Memenuhi Syarat (MS), hanya 1 yang mengandung Rhodamin B (pewarna tekstil), yaitu pada cendol merah di pasar bedug Sengeti Muaro Jambi,” paparnya. 
 
Untuk yang Tidak Memenuhi Sayarat (TMS) BPOM akan melakukan penelusuran ke pembuatnya untuk tindakan lebih lanjut. 
 
Dia menjelaskan, dari total 379 sampel yang diambil tersebut diantaranya Kota Jambi 155 sampel, Muaro Jambi 52 sampel, Batanghari 66 sampel, Kerinci  20 sampel, Sungai Penuh 38 sampel, Tanjab Barat 25 sampel dan Tanjab Timur  22 sampel. 
 
Dalam waktu dekat BPOM akan kembali melakukan pemeriksaan ke sejumlah kabupaten kota lain dalam Provinsi Jambi untuk memastikan makanan beredar aman di konsumsi yakni Sarolangun, Merangin, Bungo dan Tebo. 
 
Dria mengimbau agar para penjual makanan jenis papun tidak lagi menjual makanan dengan bahan-bahan kimia yang dapat mebahayakan konsumen. Dan bagi para konsumen, Ujang juga berpesan agar tetap waspada dan teliti dalam membeli makanan.
 
“Ya untuk penjual, jangan menambahkan bahan-bahan berbahaya kepada pangan (makanan/minuman) baik pangan siap saji maupun pangan olahan kemasan , gunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang dibolehkan oleh peraturan, dan untuk para  konsumen, jadilah konsumen cerdas dengan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kadaluarsa) saat berbelanja produk makanan/minuman ,” imbaunya.(rif) 

Tag Berita :
#InfoTerkini #KotaJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Presiden Minta Refinery Didalam Negeri Mampu Penuhi Kebutuhan BBM Nasional
Jumat 17 Februari 2017

Presiden Minta Refinery Didala ...

Puting Beliung Hantam Kota Karang
Selasa 03 Oktober 2017

Puting Beliung Hantam Kota Kar ...

Disiapkan Perpresnya, Seskab: Satgas Saber Pungli Tidak Permanen
Jumat 14 Oktober 2016

Disiapkan Perpresnya, Seskab: ...

FKIP Unsa Makassar Jalin Kerjasama SMAN 5 Takalar
Minggu 14 Januari 2018

FKIP Unsa Makassar Jalin Kerja ...

Fauzih Amro Kritik Perusahaan yang Hanya Raih Keuntungan Tapi Tak Peduli Lingkungan
Rabu 16 November 2016

Fauzih Amro Kritik Perusahaan ...

KOTA BANDUNG HADIRKAN KAMPUNG TOLERANSI DI KECAMATAN BOJONGLOA KALER
Senin 21 Agustus 2017

KOTA BANDUNG HADIRKAN KAMPUNG ...