Bolehkah Penderita Diabetes Puasa?

Senin 14 Mei 2018 21:50:46 WIB Dilihat : 137 Kali


Bolehkah Penderita Diabetes Puasa?

HALUANNEWS.COM--Bulan Ramadan sebentar lagi akan tiba. Dengan kata lain, semua umat Muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa, tidak terkecuali para penderita diabetes. Penderita diabetes pada prinsipnya boleh melaksanakan ibadah puasa, kecuali sedang mengalami komplikasi berat yang mengharuskannya minum obat setiap 6 jam sekali.

Menjalankan ibadah puasa boleh dilakukan oleh para penderita diabetes. Dengan ketentuan, tetap mengatur asupan kalori serta pola makan yang tidak berlebihan dan sesuai kebutuhan. Selain itu, jika Anda mengonsumsi obat, minumlah tepat waktu serta tidak lupa untuk olahraga ringan selama 10-15 menit setiap hari.

Jika ketiga hal tersebut Anda lakukan, maka ibadah puasa pun akan berjalan dengan lancar walaupun Anda adalah penderita diabetes mellitus.

Puasa bagi penderita diabetes jika tidak dipersiapkan dengan baik bisa menjadi hal yang membahayakan. Karena kandungan gula darah menjadi tidak terkontrol dan bisa menimbulkan komplikasi pada setiap organ tubuh, hingga dapat menyebabkan kematian.

Bahaya berpuasa bagi penderita diabetes pada kondisi tertentu

Setiap penderita diabetes memiliki keadaan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk itu disarankan agar diet yang Anda lakukan tidak meniru diet dari orang lain. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter yang merawat untuk memantau kadar gula secara lebih rutin di saat puasa.

Jika dokter melarang Anda untuk berpuasa, ada baiknya Anda menuruti apa yang diminta oleh dokter tersebut. Sebab, pada kondisi tertentu, yang ditakutkan ahli medis saat penderita diabetes melakukan ibadah puasa adalah:

  • Penderita diabetes akan mengalami hipoglikemia atau kadar gula darah yang sangat menurun drastis selama melakukan puasa. Saat berpuasa, karena insulin sudah terbiasa terbentuk dalam jumlah yang lebih banyak, saat itulah penderita diabetes akan rentan mengalami hipoglikemi. Keadaan ini cukup berbahaya bagi penderita diabetes.
  • Selain hipoglikemia, penderita diabetes bisa mengalami kenaikan kadar gula darah secara singkat. Peningkatan kadar gula darah secara tiba-tiba juga merupakan keadaan yang berbahaya bagi penderita diabetes.

Tips berpuasa bagi penderita diabetes

Berikut adalah hal yang perlu Anda lakukan agar puasa dapat berjalan lancar walaupun Anda adalah seorang penderita diabetes:

1. Frekuensi makan pada saat puasa tetap normal. Makan tetap dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari, hanya saja waktunya yang bergeser. Makan pagi diganti makan saat sahur. Makan siang adalah saat buka puasa dan yang terakhir adalah makan setelah sholat tarawih.

Waktu makan sahur sebaiknya didekatkan dengan waktu subuh. Pengosongan lambung menyebabkan kadar gula dalam darah juga menurun terlalu lama, sehingga terjadi hipoglikemia.

2. Pilih karbohidrat yang lambat dicerna oleh tubuh. Hal ini agar kandungan gula dalam darah pun tidak menurun terlalu cepat. Pilih beras merah atau oatmeal untuk sahur dan berbuka.

Untuk makanan setelah sholat tarawih sebaiknya hindari makanan yang tinggi kalori dan pilih buah atau sayur yang kandungan airnya lebih banyak untuk menggantikan cairan Anda yang hilang selama puasa.

3. Rutin memeriksa kadar gula darah. Periksakan kadar gula dalam darah Anda sesering mungkin, untuk menghindari komplikasi puasa pada penderita diabetes yaitu hipoglikemia ataupun hiperglikemia.

4. Rajin mengonsumsi obat sesuai petunjuk dokter. Tetap komsumsi obat antidiabetes Anda secara teratur, sesuai dengan saran dokter. Tujuannya untuk mengurangi risiko kondisi yang lebih serius.

5. Tetap berolahraga. Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, sebaiknya Anda tetap melakukan olahraga sebelum sahur dan berbuka untuk menjaga kebugaran selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika penderita diabetes ingin melakukan ibadah puasa Ramadan. Yang terpenting, tetap lakukan pemeriksaan kadar gula darah dengan dokter, agar ibadah puasa dapat dilakukan dengan khusyuk. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Ketua Umum LSM SEMUT MERAH  Mengadakan Silaturahmi Dengan Kapolda Jambi.
Kamis 22 Februari 2018

Ketua Umum LSM SEMUT MERAH Me ...

Bhabinkamtibmas Polsek Batang Asai Melakukan Patroli dan Sambang Warga  Desa Paniban Baru
Senin 05 Februari 2018

Bhabinkamtibmas Polsek Batang ...

Mantan Kasi Propam Dipenjara,Ini Tanggapan Kasat Reskrim Polres Manggarai.
Minggu 19 Agustus 2018

Mantan Kasi Propam Dipenjara,I ...

40 Atlet Taekwondo Kota Ikuti Kejuaraan di Lebong
Jumat 03 Maret 2017

40 Atlet Taekwondo Kota Ikuti ...

Bangun 32 Buah Jembatan Gantung, Kementerian PUPR Hadirkan Kemudahan Akses Bagi Masyarakat
Senin 07 Agustus 2017

Bangun 32 Buah Jembatan Gantun ...