Ini Produk Hasil Dari Buah Pohon Kepayang

Kamis 10 Mei 2018 21:46:17 WIB Dilihat : 719 Kali


Ini Produk Hasil Dari  Buah Pohon Kepayang

HALUANNEWS.COM, Sarolangun--Buah pohon kepayang yang saat ini banyak ditemukan di kawasan hutan lindung, yang berada Di Kecamatan Limun, dan Kecamatan Batang Asai,  Kecamatan Batang Asai, tiap desa di memiliki pohon kepayang, yang memiliki nilai lebih untuk dijadikan sebagai minyak goreng.
 Saat ini, Unit Pelaksa Tekhnis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) LImau tengah membuat sebuah terobosan baru dalam memanfaatkan kandungan yang ada di dalam buah kepayang, dimana KPHP Limau membuat sabun, body lotion, Minyak urut dan Sabun Batangan yang bisa bermanfaat untuk kesehatan kulit.
 
Kepala KPHP Limau, Misriadi,  kemarin saat dibincangi media onlen ini, mengatakan bahwa Produk tersebut saat ini masih beredar dikalangan KPHP Limau saja, belum diproduksikan untuk khalayak banyak, dikarenakan pihaknya masih memerlukan izin produksi dan legalitas produk tersebut.
 
" Produk turunan minyak kepayang itu ada Sabun Kepayang, Body Lotion, Minyak Urut, juga ada Sabun Batangan. kita lakukan dalam rangka disersifikasi program, dan juga menambah nilai pohon kepayang. kalau kita menjual minyaknya saja tidak ada nilai tambah, tapi kalau Kita olah menambah nilai, tapi ini perlu dukungan berbagai pihak, "Katanya misriadi 
 
Dijelaskannya, berdasarkan hasil uji laboratorium, didalam minyak kepayang yang sudah jadi mengandung vitamin-E yang tinggi, dimana vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kadar PH-nya, juga sangat menyesuaikan dengan kulit manusia.
 
 " sabun misalnya,  akan kita terus kembangkan, karena dari hasil lab minyak kepayang banyak manfaatnya untuk kulit, vitamin E. juga tinggi, sehingga sangat bagus untuk kulit apalagi dijadikan sabun. ini merupakan Prodak terobosan, kulit semakin bagus. ini sudah melalui tes, kadar PH nya menyesuaikan dengan kulit kiat, "Jelasnya.
 
Untuk pengembangan produk ini, lanjutnya, saat ini KPH Limau memiliki 23 kelompok masyarakat di Kecamatan Batang Asai dalam membina masyarakat untuk mengolah buah kepayang menjadi Minyak Kepayang, dimana pihaknya memberikan fasilitas peralatannya. dan KPH sendiri membeli minyak kepayang kepada masyarakat sebesar Rp 30 ribu perkilonya, dan jika dijadikan sabun atau body lotion, pihaknya untuk pertama kalinya menjual kepada seputaran KPH Limau sebesar Rp 50 ribu, karena sabun itu kayanya bukan sabun biasa tapi sabun yang memiliki kualitas.
 
" Kalau bahan baku cukup banyak , tersedia di hutam alam kita, terutama hutan lindung di Limun dan Batang Asai, dan di Batang Asai tersebar pohon kepayang di semua desa, kita ada sekitar 23 kelompok binaan KPH, kita coba dampingi mereka agar bisa mengolah buah kepayang lebih baik dan kita justru dorong, untuk menjual minyak kepayang ini, kita fasilitasi peralatan dari KPH, dan harapannya efektifitas dan efesiensi kelompok dalam pengoilahan kepayang ini terus di dorong, minyak ini kita beli dengan petani Rp 30 ribu perkilo,"dia menambahkan.
 
" Kalau sudah jadi, seperti sabun dan lotion ini, sudah melalui tekhnologi dicampur beberapa zat kimi, per 100 mili liter, kita jual untuk pertamanya ini Rp 50 ribu, ini bukan sabun murahan, ini kategori sabun berkualitas. untuk sekarang ini kita baru mulai, kita baru mengolah sabun, sekitar satu galon, nanti kita lengkapi dulu legalitasnya supaya sabun ini bisa beredar, dan kita siap produksi besar-besaran, "Jelasnya.
 
Ia juga mengharapkan dukungan semua pihak untuk proses pengembangan produk ini, karena menurutnya potensi ini sangat diharapkan apalagi ini akan menjadi produk minyak kepayang satu-satunya di Indonesia, karena pohon kepayang ini katanya di seluruh dunia hanya ada di Kabupaten Sarolangun.
 
" Asalkan dapat dukungannya, karena mengolah bahan-bahannya, ada beberapa zat kimia, untuk proses formulasinya yang harus kita beli dan harganya juga tidak murah. Kita ngolahnya di kantor KPHP limau sementara ini, harapannya kedepan dapat dukungan berbagai pihak, agar kami bisa mengolah prodak turunan ini dengan baik, karena kita ini produk ini memiliki tenaga khusus, memiliki lab dan memiliki standar produksi sesuai dengan SNI, " tukasnya.(Yunus)

Tag Berita :
#InfoTerkini #Sarolangun #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan #daerah #ekonomi

Berita terakit :


Perdana, Ada layanan pijat sehat di stan Dinsos.
Rabu 06 September 2017

Perdana, Ada layanan pijat seh ...

Tak Saatnya Lagi Cengengesan
Kamis 05 Mei 2016

Tak Saatnya Lagi Cengengesan

Meriahkan HUT RI ke-73, Indobatt Gelar Turnamen Mini Soccer di Lebanon Selatan
Jumat 03 Agustus 2018

Meriahkan HUT RI ke-73, Indoba ...

Nyasar 3 Pekan di Hutan, Umar Ditemukan Selamat
Selasa 17 April 2018

Nyasar 3 Pekan di Hutan, Umar ...

Sembilan Kepala Puskesmas Kota Jogja Bertekad Siap Menuju Puskesmas Paripurna
Senin 03 Oktober 2016

Sembilan Kepala Puskesmas Kota ...