BAKAMLA RI BAHAS PERCEPATAN PERWUJUDAN EKONOMI MARITIM

Selasa 17 April 2018 17:14:58 WIB Dilihat : 1093 Kali


BAKAMLA RI BAHAS PERCEPATAN PERWUJUDAN EKONOMI MARITIM

HALUANNEWS.COM, Jakarta---Badan Keamanan Laut RI membahas  Percepatan Perwujudan Ekonomi Maritim Indonesia dalam Kegiatan Diskusi Kelompok Terarah. Kegiatan ini bekerja sama dengan Intensif Agromaritim Indonesia (I AM Indonesia), bertempat di Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No. 56, Menteng Jakarta Pusat, Selasa (17/04/2018). 
 
Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk merefleksikan dan memetakan percepatan pembangunan ekonomi maritim, menentukan langkah strategis untuk mempercepat pertumbuhan, peluang usaha dan investasi maritim Indonesia, serta merumuskan peran pihak terkait guna mempercepat visi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.
 
Secara umum tujua dari pelaksanaan Diskusi Kelompok Terarah ini untuk merumuskan rekomendasi kebijakan dan saran tindakan dalam mempercepat pembangunan maritim yang efisien dan tangguh terkait tiga aspek penting yakni: perencanaan, kebijakan dan penerapan program ekonomi maritim; peningkatan peran masyrakat dalam mewujudkan negara maritim; serta peluang dan inisiatif bagi masyarakat  dalam usaha ekonomi maritim.
 
Diskusi terarah ini dibuka oleh Sestama Bakamla RI Marsekal Muda TNI Widiantoro, M.B.A. dan turut mengundang narasumber dari Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, yang akan mengupas topik pembahasan dengan tajuk “Tata Kelola Sumber Daya Perikanan dan Kelautan Indonesia Untuk Memenuhi Kebutuhan Dalam Negeri dan Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Global”.
 
Narasumber dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI juga turut dihadirkan, dan membahas topik “Perlindungan Lingkungan Dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Suber Daya Maritim”. Selain itu narasumber dari Kamar Dagang dan Industri menyampaikan topik dengan tajuk “Peluang Pengembangan dan Meningkatkan Daya Saing dan Bisnis Pelaku Usaha Maritim Indonesia”. 
 
Narasumber dari I AM Indonesia sendiri menyampaikan topik “Pengelolaan Sumberdaya Maritim Indonesia Berbasis Masyarakat”. Selain itu, pembahasan mengenai “Peningkatan Pendapatan Maritim dan Multipier Effect”, disampaikan oleh narasumber dari Economy Social Investment Research Institut (Esiri). Kegiatan diskusi dan tanya jawab dipandu moderator Muh. Karim yang sehari-harinya bertugas sebagai Dosen Universitas Trilogi Indonesia.
 
Kegiatan ini turut dihadiri undangan dari perwakilan stakeholder Bakamla RI, seperti Kementrian Keuangan RI, Kementrian Perindustrian RI, dan Kementrian Perhubungan RI. Selain itu turut hadir perwakilan dari Komisi IV DPR RI, perwakilan akademisi, dan pelaku usaha sektor perikanan dan kelautan.
 
Autentikasi: Kasubbag Humas Bakamla RI Mayor Marinir Mardiono

Tag Berita :
#InfoTerkini #Militer #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional

Berita terakit :


Kiprah Perempuan di Politik Kian Diperhitungkan
Jumat 17 November 2017

Kiprah Perempuan di Politik Ki ...

FKPT Babel Gandeng Insan Pers Lokal Tangkal Paham Radikal dan Terorisme
Kamis 26 Oktober 2017

FKPT Babel Gandeng Insan Pers ...

Antisipasi Bulan Ramadhan, Pemerinah Perkuat Stabilitas Pangan
Selasa 26 April 2016

Antisipasi Bulan Ramadhan, Pem ...

USAI DIBANGUN, ZOLA TINJAU JALAN RUAS PADANG LAMO – TANJUNG
Selasa 16 Januari 2018

USAI DIBANGUN, ZOLA TINJAU JAL ...

Pemprov Lampung Gelar Upacara Peringatan Hari Konsumen Nasional
Jumat 22 April 2016

Pemprov Lampung Gelar Upacara ...

Teknologi Pengolahan Sampah Kota Bandung Masih Diseleksi
Senin 03 Oktober 2016

Teknologi Pengolahan Sampah Ko ...