6 Penyakit Penyebab Bad Mood

Senin 16 April 2018 23:30:55 WIB Dilihat : 54 Kali


6 Penyakit Penyebab Bad Mood

HALUANNEWS.COM, Bad mood merupakan perkara yang rasanya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Ada saja hal-hal yang memicu terjadinya kondisi itu, misalnya tuntutan pekerjaan, kemacetan atau perkara rumah tangga. Namun di balik itu, tahukah Anda bahwa bad mood juga bisa terjadi akibat adanya penyakit tertentu?

Ya, bad mood dapat dicetuskan oleh beberapa penyakit. Berikut 6 penyakit yang dimaksud:

1. Gangguan tiroid

Tiroid merupakan kelenjar yang memproduksi hormon untuk mengatur suhu tubuh, berat badan, kesehatan kulit dan rambut, energi hingga mood. Oleh karena itu, jika mengidap gangguan ini – misalnya kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroid) – Anda akan cenderung mengalami bad mood, lesu dan tidak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

2. Stroke

Gejala stroke yang timbul berpengaruh dari letak lesi di otak. Contohnya, ketika lesi terjadi di otak sebelah kiri, maka tubuh sebelah kanan akan mengalami kelumpuhan, lidah menjadi pelo, dan bicara kurang jelas.

Sedangkan, jika lesi stroke terbentuk di bagian lobus frontal kiri, penderita akan kerap mengalami kondisi bad mood, mudah sedih atau cemas.

3. Penyakit Parkinson

Seseorang yang mengidap penyakit Parkinson dapat mengalami tanda dan gejala fisik berupa tangan tremor, bergerak lebih lambat, anggota tubuh kaku dan gangguan keseimbangan.

Tak hanya itu, pengidap penyakit Parkinson juga dapat mengalami gangguan mood, bahkan 40-50% di antaranya juga dapat mengalami depresi.

4. Premenstrual dysphoric disorder (PMDD)

Keadaan ini merupakan bentuk premenstrual syndrome (PMS) berat, yang menyerang 5% wanita usia subur. Premenstrual dysphoric disorder ditandai dengan perubahan moodmenjelang menstruasi.

Gejala premenstrual dysphoric disorder dapat berupa gelisah, mudah tersinggung, depresi, insomnia, mudah cemas, serta gejala fisik lain seperti pada PMS. Gejala ini timbul 1-2 minggu menjelang menstruasi, dan hilang seiring dengan mulainya menstruasi.

5. Kekurangan vitamin

Ketika tubuh kekurangan vitamin D dan vitamin B12, Anda akan lebih berisiko untuk mengalami bad mood. Karena pada dasarnya, kekurangan asupan vitamin tak hanya berpengaruh pada kerja tubuh semata, tapi kerja otak juga.

6. Obstructive sleep apnea syndrome (OSAS)

OSAS adalah gangguan kolapsnya saluran pernapasan ketika tidur, dan menyebabkan Anda berhenti bernapas selama beberapa detik. Pada kondisi ini, dinding saluran napas akan saling menggesek dan bergetar ketika Anda bernapas.

Penderita OSAS akan menghasilkan suara dengkur saat tidur, sehingga kerap terbangun dengan kondisi mulut kering dan nyeri tenggorokan. Pada akhirnya, sederet peristiwa yang terjadi akibat OSAS dapat mencetuskan terjadinya bad mood di kemudian hari.

Jadi, jika saat ini Anda sedang bad mood, jangan buru-buru menyalahkan perkerjaan atau kemacetan. Bisa jadi penyebab dari kondisi yang sedang Anda alami adalah salah satu penyakit di atas. Karena itu, bila Anda kerap mengalami bad mood, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter, ya!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Pemerintah Diminta Berikan Perhatian kepada Tenaga Honorer
Rabu 15 Februari 2017

Pemerintah Diminta Berikan Per ...

Rapat Koordinasi kerukunan umat beragama dibuka secara resmi oleh Wawako
Kamis 24 Agustus 2017

Rapat Koordinasi kerukunan uma ...

Koordinator Kopertis IX Sulawesi: Baru Sepertiga Dosen PTS Laksanakan Ristek Dikti
Selasa 13 Maret 2018

Koordinator Kopertis IX Sulawe ...

Truk Tabrak Separator Busway di Kebon Nanas Jaktim, Lalin Padat
Kamis 01 Februari 2018

Truk Tabrak Separator Busway d ...

Penghentian Penempatan TKI Sektor Domestik Ke Timteng Masih Berlaku
Jumat 19 Agustus 2016

Penghentian Penempatan TKI Sek ...

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X Kagum Hasil Daur Ulang Sampah
Selasa 21 Februari 2017

Wakil Gubernur DIY Paku Alam X ...