Kenali Penyebab Sakit Kepala Berdasarkan Lokasinya

Minggu 15 April 2018 11:51:16 WIB Dilihat : 93 Kali


Kenali Penyebab Sakit Kepala Berdasarkan Lokasinya

HALUANNEWS.COM--Sakit kepala adalah keluhan yang umum dialami oleh banyak orang. Rasanya hampir semua orang pernah terserang sakit kepala. Sakit kepala bukanlah penyakit, melainkan gejala yang mengindikasikan adanya suatu penyakit. Ada banyak penyebab sakit kepala, mulai dari yang berhubungan dengan kepala dan struktur di dalamnya, hingga hal-hal lain yang bersifat umum.

Untuk mendapatkan terapi yang tepat, Anda harus mengetahui dengan lebih jelas jenis penyakit yang menyebabkan sakit kepala tersebut. Karena, sakit kepala bukan sekadar sakit kepala belaka. Sakit kepala di setiap bagian memiliki penyebab yang berbeda, sehingga penanganannya pun berbeda. Berikut penjelasannya.

  • Sakit kepala tipe tegang

Sakit kepala tipe ini adalah yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Bagaimana tidak, sakit kepala tipe tegang dapat disebabkan oleh berbagai hal yang umum dialami sehari-hari, seperti stres dalam pekerjaan dan urusan rumah tangga, pola tidur yang buruk, perubahan pola makan, masalah penglihatan, dan postur tubuh yang kurang baik (terutama leher).

Sakit kepala tipe tegang paling sering dialami di dahi dan tengkuk pada kedua sisi kepala (kiri dan kanan), serta terasa seperti ditekan, diperas, atau kencang. Meskipun lebih sering dialami, intensitas nyeri pada sakit kepala jenis ini umumnya sebatas ringan-sedang, dan dialami dalam waktu yang lebih singkat.

  • Migrain

Ini adalah tipe sakit kepala yang lebih banyak dialami oleh wanita. Nyeri pada sakit kepala jenis ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu nyeri yang berdenyut dan hanya dirasakan di satu sisi kepala. Meskipun dapat pula dirasakan di kepala bagian depan dan atas, migrain lebih sering dirasakan di samping kepala.

Tidak seperti sakit kepala tipe tegang yang umumnya dipengaruhi oleh faktor stres, ada berbagai faktor yang bisa mencetuskan migrain, seperti hormonal (misalnya menstruasi) dan makanan (misalnya kafein, alkohol, keju).

Migrain dapat berlangsung lama (jam bahkan hari) dan memiliki intensitas sedang-berat. Bau-bau yang merangsang, cahaya yang terlalu terang, serta suara yang terlalu berisik juga dapat memperparah migrain. Sebelum timbul migrain, sebagian orang biasanya mengalami kejadian pendahulu, yang disebut dengan aura. Selain itu, migrain juga dapat disertai  dengan gejala mual muntah.

  • Sakit kepala tipe cluster

Apabila Anda seorang perokok dan gemar minum alkohol, hati-hati terkena sakit kepala tipe cluster. Sakit kepala jenis ini umumnya dialami di satu sisi, tepatnya di belakang mata.

Sakit kepala yang dialami intensitasnya sangat berat, dan terasa seperti ditusuk-tusuk. Selain itu, dapat pula dibarengi dengan mata merah, berair, dan hidung tersumbat. Nyeri tersebut dapat berlangsung 10 menit hingga 3 jam.

  • Sakit kepala karena sinusitis

Anda memiliki sinusitis? Sering berulang kali mengalami pilek, hidung tersumbat, atau meler yang disertai dengan cairan berwarna kuning kehijauan? Bisa jadi Anda mengalami sakit kepala karena sinusitis.

Sakit kepala akibat sinusitis terjadi karena penumpukan cairan di rongga sinus, yang menyebabkan tekanan di dalam rongga tersebut meningkat. Sakit kepala jenis ini dapat dialami di dahi, area dalam mata, dan pipi. Nyeri di wajah tersebut umumnya akan bertambah apabila ditekan.

 

Sakit kepala tipe tegang memang dapat hilang dengan sendirinya. Jikapun memerlukan pengobatan, umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang dijual bebas. Namun demikian, untuk sakit kepala jenis lainnya, Anda harus berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Anda juga harus waspada apabila sakit kepala yang Anda alami makin berat, atau tiba-tiba merasakan nyeri kepala yang hebat dan tidak tertahankan. Segeralah ke dokter jika Anda mengalami gejala tersebut. Deteksi dan terapi dini akan memberikan hasil yang lebih baik.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Pemerintah Beri Penghargaan Kepada Karya Film Anak Bangsa
Minggu 09 Oktober 2016

Pemerintah Beri Penghargaan Ke ...

Manfaat Puasa Senin Kamis
Minggu 22 April 2018

Manfaat Puasa Senin Kamis

Wali kota Makassar Teken MOU Assesment Calon Pejabat Pemkot Makassar
Kamis 20 Oktober 2016

Wali kota Makassar Teken MOU A ...

Rektor Unasman Polman  Peserta Rembuk Nasional APTISI
Kamis 30 November 2017

Rektor Unasman Polman Peserta ...

Tehnik UNSA Gelar Dialog Lintas Angkatan
Sabtu 07 Oktober 2017

Tehnik UNSA Gelar Dialog Linta ...

Rumah Sakit Pendidikan UIN Terbesar di Bagian Timur Indonesia
Jumat 06 Januari 2017

Rumah Sakit Pendidikan UIN Ter ...