Sekjen DPR Berikan Sosialisasi Tentang Perjalanan Dinas Bagi Tenaga Ahli

Sabtu 02 April 2016 03:00:45 WIB Dilihat : 233 Kali


Sekjen DPR Berikan Sosialisasi Tentang Perjalanan Dinas Bagi Tenaga Ahli

HALUANNEWS -Sekretariat Jendral DPR RI diwakili oleh Deputi Administrasi Ahmad Juned, Kepala Biro Perencanaan dan Pengembangan Setyono Pramboyo dan Kepala Bagian Perjalanan Sekjen DPR RI Sunardi melakukan sosialisasi tentang perjalanan dinas dalam negeri dan luar negeri bagi Tenaga Ahli (TA) DPR RI Periode T.A 2014-2019.

Acara yang diselengarakan Sekjen DPR berlangsung selama dua hari yaitu pada hari kamis dan jumat, di Gedung Nusantara KK2, DPR RI, Jakarta. Hari pertama, Kamis (31/03/2016) dihadiri oleh  para tenaga ahli yang berasal dari Fraksi PDIP, Gerindra, PAN, PKB  dan  Hanura. Untuk hari jumat, tanggal 1 april 2016 pesertanya terdiri dari tenaga ahli Fraksi Golkar, Demokrat,PKS, PPP dan Nasdem.

Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk membangun pemahaman yang sama sehingga tercipta harmoni dan kerjasama yang baik antara Sekjen DPR RI dan para tenaga ahli yang merupakan bagian dari keluarga besar unsur pendukung DPR RI. Acara ini diselengarakan untuk lebih memahami ketentuan dan persyaratan perjalanan dinas dalam negeri dan luar negeri berdasarkan peraturan DPR RI nomor 1 tentang tata tertib.

“Tenaga ahli melakukan perjalanan dinas baik dalam negeri maupun luar negeri mendampingi anggota dewan, oleh karena itu tenaga ahli perlu memahami dengan benar peraturan perundang-undangan yang mengatur pelaksanaan perjalanan dinas tersebut untuk menjamin akuntabilas baik akuntabilitas administrasi ataupun kinerja,” ujar Ahmad Juned.

Selanjutnya ia menjelaskan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan perjalanan dinas dalam dan luar negeri, yang meliputi dasar hukum perjalanan dinas, jenis-jenis perjalanan dinas, persyaratan pertanggung jawaban, perjalanan dinas, persyaratan dinas di luar negeri, pembuatan passpor baru, persyaratan permohonan keterangan, ijin prinsip perjalanan ke luar negeri dan sebagainya.

Sekjen DPR RI merujuk pada peraturan DPR nomor 3 tahun 2014 tentang pengelolaan tenaga ahli dan staff administrasi anggota. bahwa di dalam pasal 29 khusunya huruf e dan f disebutkan bahwa tugas tenaga ahli adalah mendampingi anggota dalam perjalanan salah satunya adalah membuat laporan.

“Laporan hasil kunjungan kerja dan pertanggungjawaban adalah tugas  yang akan dilakukan oleh tenaga ahli ketika mengikuti kunjungan kerja. Sehingga hal-hal yang berkaitan dengan laporan pertanggungjawaban dan pengurusan  administrasi kunjungan kerja anggota menjadi tugas tenaga ahli anggota” katanya.  

Lanjutnya, maka tenaga ahli harus memahami proses untuk melakukan kunjungan kerja, baik di dalam negeri maupun di luar negeri oleh karena itu BURT mengamanatkan kepada sekjen bahwa agar sekjen memberikan sosialisasi kepada seluruh tenaga ahli anggota agar nantinya di dalam mengikuti tugas kunjungan kerja anggota tidak mengalami berbagai permasalahan karena sudah didampingi tenaga ahli.

editor : cub


Tag Berita :
#nasional #presiden #keluarga #kampus #daerah #ekonomi

Berita terakit :


6 Perguruan Tinggi Babel Tandatangani LoI dengan Universiti Kebangsaan Malaysia
Senin 25 September 2017

6 Perguruan Tinggi Babel Tanda ...

PKK Kota Denpasar Gelar Berbagai Lomba, Libatkan Anak-Anak Difabel
Rabu 18 Januari 2017

PKK Kota Denpasar Gelar Berbag ...

UMKM JATIM SUMBANG 54,98 PERSEN TERHADAP PDRB
Jumat 13 Januari 2017

UMKM JATIM SUMBANG 54,98 PERSE ...

RIO HERMANTO  DAN KETUA BPD  PEMUYIN BERKERJA KERAS DALAM MEMBANGGUN DUSUN
Selasa 12 Desember 2017

RIO HERMANTO DAN KETUA BPD P ...

10 Tas Jemaah Haji Asal Kubu Raya Sudah Ditemukan
Minggu 18 September 2016

10 Tas Jemaah Haji Asal Kubu R ...