Orang Tua Gemar Bacakan Dongeng Bikin Anak Lebih Cerdas?

Senin 19 Maret 2018 20:44:30 WIB Dilihat : 132 Kali


Orang Tua Gemar Bacakan Dongeng Bikin Anak Lebih Cerdas?

HALUANNEWS.COM--Hari Dongeng Sedunia jatuh pada minggu ini, tepatnya hari Selasa (20/3). Tak ada salahnya bila sebagai orang tua, Anda mulai rajin membacakan dongeng untuk anak. Karena ternyata, dongeng dapat membuat anak lebih cerdas.

Peringatan Hari Dongeng Sedunia atau World Storytelling Day berasal dari Swedia dan ditetapkan pada rentang tahun 1991 -1992. Beberapa tahun setelahnya, Hari Dongeng Sedunia tak cuma dirayakan di Swedia. Peringatan ini lalu merambat ke negara-negara lain di Eropa, hingga akhirnya menyebar ke seluruh dunia.

Dilansir dari situs resmi World Storytelling Day, perayaan ini dilakukan dalam rangka merayakan eksistensi seni mendongeng yang telah ada sejak sekian abad silam. Selain itu, ajang ini juga mampu menjadian kesempatan bagi masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan soal cerita-cerita yang nantinya berkaitan dengan kebudayaan.

Menurut dr. Kartika Mayasari, dari KlikDokter, dongeng yang disampaikan oleh orang tua untuk anaknya mampu memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang sang buah hati. Oleh karenanya, kebiasaan mendongeng dianggap penting untuk dilakukan orang tua kepada anak dalam segala kesempatan, terutama menjelang tidur.

Mendongeng dapat memicu tumbuh kembang sang anak dari sejumlah aspek, khususnya memicu kecerdasan sejak dini. Kecerdasan apa sajakah itu?

1. Kemampuan mendengarkan

Hampir seluruh anak memiliki daya atensi yang rendah dan kerap sulit untuk berkonsentrasi pada sesuatu dengan waktu relatif. Jika itu terjadi, mereka akan memilih untuk lebih banyak bicara dibandingkan mendengar. Mendongeng adalah salah satu upaya membuat anak memiliki kemampuan atensi, mendengar, dan memahami secara tenang atas apa yang diceritakan atau disampaikan pihak luar.

2. Daya kreativitas dan imajinasi

Mendengarkan dongeng, membantu anak mengimajinasikan karakter, tempat, plot, dan sebagainya, ketimbang melihat suatu medium secara visual. Selain daya imajinasi, sang anak juga kelak akan lebih terbuka pada segala macam ide dan berpikir secara bebas.

3. Mudah menyerap pelajaran akademis

Bila orang tua menjadikan dongeng sebagai rutinitas sehari-hari, hal ini akan membuat sang anak semakin mudah dalam menyerap apapun ketika mulai sekolah dan membaca buku pelajaran. Hal ini terjadi karena di dalam otaknya, sang anak mampu menarasikan sesuatu dengan baik karena sudah terbiasa dengan mengimajinasikan dongeng yang diceritakan.

4. Komunikasi yang lebih baik

Usia anak-anak adalah masa dimana timbul pertanyaan dalam benak karena rasa penasaran yang tak habis-habis. Namun terkadang, pertanyaan yang diajukan kerap acak dan tak terstruktur, sehingga Anda sebagai orang tua sering bingung dalam menghadapinya.

Menurut dr. Kartika Mayasari, membacakan dongeng bisa menjadi salah satu cara untuk mengasah kecerdasan linguistik anak. Lewat mendongeng, anak akan memiliki kesabaran dan mempelajari seni berbahasa dan berkomunikasi yang baik mulai dari bertanya, memaparkan pemikiran, hingga berpendapat.

orang tua

Selain daya serap otak, kemampuan mental juga akan terbentuk lewat dongeng yang disampaikan oleh orang tua kepada anaknya. Melalui ragam karakter, plot, hingga masalah yang dipaparkan lewat cerita, anak akan belajar tentang menghadapi sejumlah masalah yang dia alami di masa depan. Melalui dongeng, Anda bisa mengajarkan tentang luka, penderitaan, hingga kebahagiaan dengan cara yang manis.

Selain meningkatkan kecerdasan otak dan kemampuan mengingat, membacakan dongengsecara rutin ampuh membuat anak lebih siap menghadapi segala hal dari segi kejiwaan serta kesiapan hati. Jadi Anda, para orang tua, jangan pernah berhenti mendongeng untuk anak, ya!

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


PON Adalah Ajang untuk Pembinaan Atlet Berprestasi Menuju Internasional
Jumat 23 September 2016

PON Adalah Ajang untuk Pembina ...

Proyek di LPMP Tanpa PPTK?
Senin 06 November 2017

Proyek di LPMP Tanpa PPTK?

Bertolak ke Sumatera, Presiden Tinjau Destinasi Wisata Danau Toba
Selasa 01 Maret 2016

Bertolak ke Sumatera, Presiden ...

Desa Balai Rajo laksanakan Rapat RPJMDES dan RPT kedepan.
Selasa 03 Januari 2017

Desa Balai Rajo laksanakan Rap ...

Kyai Haji Abdurrahman Wahid (Gud Dur)
Minggu 25 Desember 2016

Kyai Haji Abdurrahman Wahid (G ...