Pertahankan Pertanian sebagai Champion Kerjasama Teknis, Kemlu RI Lanjutkan “Traning Gambia” di Lemb

Jumat 01 April 2016 17:24:16 WIB Dilihat : 319 Kali


Pertahankan Pertanian sebagai Champion Kerjasama Teknis, Kemlu RI Lanjutkan “Traning Gambia” di Lemb

HALUANNEWS-Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Kementerian Pertanian membuka pelatihan “International Training on Agriculture Sector for African Countries di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang (01/04). 

Dirjen Esti dari  Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) menyampaikan selamat datang kepada peserta pelatihan seraya menjelaskan kepada ke-18 peserta bahwa program ini merupakan lanjutan program pelatihan di Gambia 20-28 Maret 2016.

“Selama 17 tahun, Indonesia telah memberikan 460 program capacity buildings kepada 5400 peserta yang tersebar dari Amerika Selatan ke Pasifik, dari Asia ke Afrika dan Timur Tengah. 65program pelatihan adalah program di bidang pertanian. Pertanian tetap menjadi salah satu program unggulan kerja sama teknis Kemlu. Saya bangga menyatakan bahwa Indonesia sudah mendapatkan reputasi sebagai penyedia program -  program capacity building yang inovatif namun efektif, tailored-made to the needs of the recipients.” Kata Dirjen Esti. 

Esti juga menambahkan komitmen Indonesia pada program kerja sama teknis dan sharing best-case practice yang sudah dimulai sejak tahun 1981 melalui progam pelatihan, pertukaran pengalaman dan pengetahuan sekaligus pengiriman tenaga ahli. 

“Status Indonesia sebagai negara pendapatan menengah dan anggota dari G20 telah memainkan peranan penting dalam menyediakan bantuan pembangunan kepada sesama negara berkembang,”imbuhnya. 

Kepala BBPP Lembang dari Kementerian Pertanian, Bandel Hartopo menyampaikan pelaksanaan pelatihan akan bermanfaat bagi peserta khususya dari Afrika untuk mndapat pengetahuan secara teknis maupun praktek di lapangan terkait sektor pertanian. 

Sementara, Bapak Widi Hardjono, Kepala Pusat Pelatihan Pertanian mewakili Dirjen Holtikutura, meyampaikan bahwa negara-negara Afrika merupakan mitra pembangunan sektor pertanian Indonesia dan di bawah skema Kerja Sama Selatan-Selatan(KSS) ,kerja sama di bidang pertanian merupakan salah satu komitmen kerja sama Pemri.

Selanjutnya, peserta pelatihan akan mendapatkan pre-test sebelum mendapatkan materi dan post-test setelah pelatihan berakhir untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta selesai pelatihan dan field trip ke beberapa lokasi percontohan pertanian.

editor : hi

 


Tag Berita :
#nasional #presiden #ekonomi #politik

Berita terakit :


Mutasi Jabatan dan Promosi 39 Perwira Tinggi TNI
Sabtu 24 Maret 2018

Mutasi Jabatan dan Promosi 39 ...

TNI Meredam OPM Dengan Humanis Dan Budaya
Jumat 17 November 2017

TNI Meredam OPM Dengan Humanis ...

Kemenpora Sediakan Wadah Pemuda Kreatif Bidang Teknologi Pamerkan Karya Terbaiknya
Jumat 12 Agustus 2016

Kemenpora Sediakan Wadah Pemud ...

Kemenag Salurkan PIP kepada Lebih 1,5 Juta Siswa Madrasah
Jumat 19 Januari 2018

Kemenag Salurkan PIP kepada Le ...

Bio Farma Siapkan 1,4 Miliar Dosis Vaksin Polio
Selasa 08 Maret 2016

Bio Farma Siapkan 1,4 Miliar D ...