Sekda Drs.HM Dianto M.Si Menekankan Pentingnya Hilirisasi dan Diversifikasi Komoditi Perkebunan

Selasa 13 Maret 2018 23:27:18 WIB Dilihat : 169 Kali


Sekda  Drs.HM Dianto M.Si Menekankan Pentingnya Hilirisasi dan Diversifikasi Komoditi Perkebunan

HALUANNEWS.COM, Jambi---Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.HM Dianto M.Si menekankan pentingnya hilirisasi dan diversifikasi komoditi perkebunan.
Hal itu dikemukakan Dianto ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perkebunan Tahun 2019, Selasa (13/3/2018), di Hotel Novita , Kota Jambi.
Sekda minta Dinas Perkebunan Provinsi Jambi selaku leading sector musrenbang perkebunan bekerjasama dengan semua pihak yang iukut serta dalam musrenbang perkebunan tersebut memikirkan hilirisasi dan diversifikasi produk perkebunan.
“Hilirisasi komoditi perkebunan sangat penting untuk menghasilkan nilai tambah produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermata pencahariaan dalam subsektor perkebunan” tegas M.Dianto
Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jambi terus berusaha mendorong hilirisasi komoditi Provinsi Jambi, baik karet maupun kelapa sawit serta komoditi lainnya, diantaranya dengan memermudah proses perizinan (sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat), dan mengusahakan pembangunan pelabuhan di Jambi, sehingga pengiriman produk lebih praktis dan tidak berbiaya tinggi.
“Hilirisasi produk, terutama karet dan kelapa sawit sangat penting karena harga karet dan sawit sangat tergantung dengan harga di luar negeri, dan salah satu cara hilirisasi yang sedang dikaji saat ini adalah mencampur karet dengan aspal,” kata Sekda.
Untuk komoditi karet, selain hilirisasi, Sekda mengatakan sangat pentingnya bahan olahan karet (bokar) yang bersih karena pihak pengusaha pabrik karet komplain tentang sering adanya bokar yang relatif tidak bersih, yang tentunya akan mempengaruhi harga karet.
Terkait diversifikasi produk perkebunan, Sekda menyatakan, hal itu menjadi penting, sebagai upaya, ketika harga komoditi utama (terutama karet dan kelapa sawit) anjlok, petani masih ditopang oleh adanya diversifikasi (keberagaman) komoditi, termasuk dengan adanya tanaman sela.
Untuk meningkatkan produktivitas komoditi perkebunan, Sekda mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi berusaha melakukan peremajaan komoditas perkebunan, kerjasama pembenihan dengan lembaga penelitian. (san,rik)

 


Tag Berita :
#InfoTerkini #Pemerintah #KotaJambi #PemprovJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


MAPERWA dan BEM  Universitas Sawerigading Makassar Dilantik
Minggu 04 Februari 2018

MAPERWA dan BEM Universitas S ...

Sambut Harbubnas, Walikota Luncurkan Wifi Gratis Trans Metro Pekanbaru
Senin 26 September 2016

Sambut Harbubnas, Walikota Lun ...

Kemenag Gelar Kompetisi Robotik Madrasah 2016
Senin 17 Oktober 2016

Kemenag Gelar Kompetisi Roboti ...

Gunakan LPG, Biaya Operasional Melaut Jadi Lebih Ringan
Selasa 07 November 2017

Gunakan LPG, Biaya Operasional ...

174 Kasus Perceraian di Muarojambi  Disebabkan Faktor Ekonomi dan KDRT
Selasa 18 April 2017

174 Kasus Perceraian di Muaroj ...

Calon Kepala Daerah Kena OTT, Apa Boleh Buat...
Selasa 16 Januari 2018

Calon Kepala Daerah Kena OTT, ...