Sekda Drs.HM Dianto M.Si Menekankan Pentingnya Hilirisasi dan Diversifikasi Komoditi Perkebunan

Selasa 13 Maret 2018 23:27:18 WIB Dilihat : 87 Kali


Sekda  Drs.HM Dianto M.Si Menekankan Pentingnya Hilirisasi dan Diversifikasi Komoditi Perkebunan

HALUANNEWS.COM, Jambi---Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Drs.HM Dianto M.Si menekankan pentingnya hilirisasi dan diversifikasi komoditi perkebunan.
Hal itu dikemukakan Dianto ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perkebunan Tahun 2019, Selasa (13/3/2018), di Hotel Novita , Kota Jambi.
Sekda minta Dinas Perkebunan Provinsi Jambi selaku leading sector musrenbang perkebunan bekerjasama dengan semua pihak yang iukut serta dalam musrenbang perkebunan tersebut memikirkan hilirisasi dan diversifikasi produk perkebunan.
“Hilirisasi komoditi perkebunan sangat penting untuk menghasilkan nilai tambah produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermata pencahariaan dalam subsektor perkebunan” tegas M.Dianto
Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jambi terus berusaha mendorong hilirisasi komoditi Provinsi Jambi, baik karet maupun kelapa sawit serta komoditi lainnya, diantaranya dengan memermudah proses perizinan (sesuai dengan kebijakan Pemerintah Pusat), dan mengusahakan pembangunan pelabuhan di Jambi, sehingga pengiriman produk lebih praktis dan tidak berbiaya tinggi.
“Hilirisasi produk, terutama karet dan kelapa sawit sangat penting karena harga karet dan sawit sangat tergantung dengan harga di luar negeri, dan salah satu cara hilirisasi yang sedang dikaji saat ini adalah mencampur karet dengan aspal,” kata Sekda.
Untuk komoditi karet, selain hilirisasi, Sekda mengatakan sangat pentingnya bahan olahan karet (bokar) yang bersih karena pihak pengusaha pabrik karet komplain tentang sering adanya bokar yang relatif tidak bersih, yang tentunya akan mempengaruhi harga karet.
Terkait diversifikasi produk perkebunan, Sekda menyatakan, hal itu menjadi penting, sebagai upaya, ketika harga komoditi utama (terutama karet dan kelapa sawit) anjlok, petani masih ditopang oleh adanya diversifikasi (keberagaman) komoditi, termasuk dengan adanya tanaman sela.
Untuk meningkatkan produktivitas komoditi perkebunan, Sekda mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi berusaha melakukan peremajaan komoditas perkebunan, kerjasama pembenihan dengan lembaga penelitian. (san,rik)

 


Tag Berita :
#InfoTerkini #Pemerintah #KotaJambi #PemprovJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Serahkan Bantuan, Pegadaian Syariah Terkesan Pengelolaan  Masjid Agung Nurul Iman
Sabtu 18 November 2017

Serahkan Bantuan, Pegadaian Sy ...

Rakor Tingkat Menteri, Menpora Siap Tingkatkan Program Olahraga Tradisional dan Prestasi
Selasa 17 Januari 2017

Rakor Tingkat Menteri, Menpora ...

kelulusan cpns dari PTT dinas kesehatan
Minggu 05 Maret 2017

kelulusan cpns dari PTT dinas ...

Baru Akan Dikaji Maret, Pemerintah Pastikan Harga Premium, Solar, dan Minyak Tanah Tidak Naik
Jumat 06 Januari 2017

Baru Akan Dikaji Maret, Pemeri ...

IWO ajak Panwaslu Kota Sungaipenuh Hearing
Rabu 22 November 2017

IWO ajak Panwaslu Kota Sungaip ...

Terlalu Banyak Minum Air Bisa Berakibat Fatal
Sabtu 27 Januari 2018

Terlalu Banyak Minum Air Bisa ...