Unpad Dampingi Universitas Kuningan Jadi PTN Baru

Rabu 17 Februari 2016 13:42:18 WIB Dilihat : 404 Kali


Unpad Dampingi Universitas Kuningan Jadi PTN Baru

JAKARTA - Provinsi Jawa Barat mendorong agar Universitas Kuningan (Uniku) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB). Dengan begitu, kampus ini bisa mewakili beberapa wilayah di Jawa Barat atara lain Cirebon, Indramayu, Majalengka serta Kuningan (Ciayumajakuning).

Dorongan itu juga ditunjukkan dengan pendampingan dari Universitas Padjajaran (Unpad) yang membantu dalam penguatan di bidang kualitas. Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad menuturkan, kualitas akademis yang dimiliki Uniku bisa menjadi salah satu untuk upaya meminimalisasi urbanisasi pendidikan di Jawa Barat.

"Lokasi PTN yang terpusat di kota besar menyebabkan banyak mahasiswa bermigrasi untuk menuntut ilmu. Ini berdampak pada peningkatan kepadatan penduduk di kota-kota besar," ungkap Tri Hanggono seperti dinukil dari laman Unpad, Rabu (17/2/2016).

Dengan kuatnya kualitas pendidikan yang tersedia di Uniku, imbuh Tri Hanggono, maka pendidikan tinggi tidak hanya terfokus di satu wilayah, melainkan bisa menyebar di beberapa wilayah. "Ini bisa mengatasi permasalahan di kota besar. Selain itu, pengembangan ini bisa menjadi pendorong pengembangan wilayah," ujarnya.

Dalam sebuah pertemuan belum lama ini, pimpinan Unpad dan Unika juga membahas kerjasama yang akan dibangun antara kedua kampus. Salah satunya pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Kami ingin menjadi junior partner dengan Unpad sehingga sedikit demi sedikit Uniku menjadi perguruan tinggi yang kuat,” imbuhnya.

Saat ini, Unika sendiri telah memiliki 4.700 mahasiswa serta 151 dosen. Akreditasi juga menjadi fokus utama dalam pengembangan Uniku menjadi PTNB. Keinginan untuk menjadikan Uniku sebagai PTNB sendiri menjadi harapan serta rencana dari Gubernur Jabar, Ir Ahmad Heryawan agar masyarakat memiliki alternatif memilih pendidikan tinggi di Jawa Barat.

Bupati Kuningan, Utje Hamid menambahkan bila usaha yang dilakukan Unpad untuk mendorong serta meningkatkan kualitas akademik Uniku menjadi PTNB sangat diapresiasinya. "Kami sudah siap, ini adalah salah satu upaya mendukung peningkatan pendidikan di Kuningan," tukasnya. sumber okezone.com


Tag Berita :
#presiden #seni #selebritis #keluarga #sehat #kampus #daerah #hiburan

Berita terakit :


Dandim 0417 Kerinci ajak generasi muda menjaga keutuhan bangsa
Rabu 27 September 2017

Dandim 0417 Kerinci ajak gener ...

Kepri Terima DIPA Rp7,071 Triliun
Rabu 07 Desember 2016

Kepri Terima DIPA Rp7,071 Tril ...

Kemenag Terus Kembangkan Program Beasiswa Guru
Jumat 28 Oktober 2016

Kemenag Terus Kembangkan Progr ...

 ISTRI ASN HARUS MEMILIKI PERAN DALAM PEMBANGUNAN
Rabu 13 Desember 2017

ISTRI ASN HARUS MEMILIKI PERA ...

Menaker : Tingkatkan Kesejahteraan, Kemampuan Negosiasi Buruh Diperkuat
Selasa 29 Maret 2016

Menaker : Tingkatkan Kesejahte ...

Polusi Udara Ancam Kesehatan Lansia
Rabu 03 Januari 2018

Polusi Udara Ancam Kesehatan L ...