Presiden Jokowi Minta Menpora Siapkan Alternatif Penggunaan Proyek Hambalang

Kamis 31 Maret 2016 21:22:52 WIB Dilihat : 313 Kali


Presiden Jokowi Minta Menpora Siapkan Alternatif Penggunaan Proyek Hambalang

HALUANNEWS-Terkait dengan audit teknis dan keuangan yang dilakukan terhadap proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi untuk menyiapkan alternatif penggunaan proyek tersebut.

“Presiden tadi juga memberikan arahan ke Kemenpora untuk menyiapkan alternatif-alternatif baru bagi penggunaan Hambalang bilamana semua kajian itu sudah selesai dan diteruskan atau tidaknya , dilanjutkan atau tidak,” kata Imam kepada wartawan usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/3) petang.

Menurut Menpora, Proyek Hambalang itu pelajaran penting bagi pemerintah terutama Kemenpora, bahwa merencanakan sesuatu yang baik itu butuh ketelitian, butuh waktu yang cukup detail untuk merencanakan sehingga tidak mengulangi kesalahan-kesalahan yang terjadi di masa lalu.

“Ini penting sehingga semua kajian nanti betul-betul menjadi  poin yang penting bagi Kemenpora untuk melanjutkan dengan berbagai macam kebutuhan yang betul-betul kami harapkan,” terang Imam seraya menyebutkan, pemerintah tidak hanya butuh sekolah olahraga, tapi juga butuh pusat pelatihan dan pendidikan olahraga.

Rp600 miliar Lebih

Sementara itu Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Harry Azhar Azis menyampaikan dukungannya pada rencana Presiden Jokowi untuk melakukan audit sebelum memutuskan mengenai kelanjutan Proyek Hambalang.

Ia menyebutkan, hasil audit investigasi BPK di tahun 2012 ada sekitar Rp243 miliar anggaran yang telah digelontorkan untuk proyek tersebut. Sementara di tahun 2013 ada lagi sebanyak  Rp463 miliar.

“Kami sampaikan kepada Bapak Presiden, jadi kami sangat appreciated sekali kepada Pak Presiden, tadi dari angka yang total lost, berapa yang  kita selamatkan untuk apakah kita akan teruskan lagi dengan Kementerian Menpora ataukah kita akan cari tempat lain,” kata Harry Azhar.

Dari pihak BPK, lanjut Harry Azhar, apapun keputusannya akan sangat appreciate betul seberapa jauh yang sudah dinyatakan oleh BPK sebagai total lost, dan yang dikukuhkan di pengadilan itu bisa diselamatkan sebagai aset bagi negara. “Artinya upaya Pak Presiden ini patut kita apresiasi,” pungkasnya.

editor : hi


Tag Berita :
#nasional #presiden #sehat #daerah #hiburan

Berita terakit :


Dosen S2 Administrasi Publik Unismuh  Makassar  Dominasi Penelitian Tim Pascasarjana Kemenristekdikt
Senin 29 Januari 2018

Dosen S2 Administrasi Publik U ...

Danau Kerinci Diusulkan Jadi Lokasi Pelatnas Dayung Indonesia
Minggu 08 Oktober 2017

Danau Kerinci Diusulkan Jadi L ...

BERSAMA BRIGJEN ANEKA PRISTAFUDDIN, PLT WALIKOTA SAKSIKAN SIMULASI PENGAMANAN PILKADA
Rabu 18 Januari 2017

BERSAMA BRIGJEN ANEKA PRISTAFU ...

Komandan Satgas Indobatt-03 Tinjau Lokasi Quick Impact Projects di Sudan
Sabtu 23 September 2017

Komandan Satgas Indobatt-03 Ti ...

ZOLA TEKANKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM HUT KE-61 JAMBI
Kamis 04 Januari 2018

ZOLA TEKANKAN PARTISIPASI MASY ...

Gerakan tanam padi serentak desa cawang lama
Selasa 05 April 2016

Gerakan tanam padi serentak de ...

Istana Kesultanan Kadariah Pontianak
Sabtu 15 Oktober 2016

Istana Kesultanan Kadariah Pon ...

Rumah Tahan Gempa Masih Terbatas
Rabu 20 Januari 2016

Rumah Tahan Gempa Masih Terbat ...