Mulut Kering Pertanda Sakit Ginjal?

Kamis 15 Februari 2018 09:20:27 WIB Dilihat : 39 Kali


Mulut Kering Pertanda Sakit Ginjal?

HALUANNEWS.COM---Bagi sebagian orang, kondisi mulut kering mungkin terlihat biasa dan tak terlalu dianggap penting. Namun, tahukah Anda bahwa mulut kering merupakan suatu pertanda sakit ginjal?

Kelainan pola makan (anoreksia), kelainan darah (anemia), tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung merupakan kelainan-kelainan yang diderita oleh pasien penyakit ginjal. Namun selain kelainan tersebut, penderita sakit ginjal juga sering mengalami gangguan pada rongga mulut.

Keadaan rongga mulut seseorang yang mempunyai masalah pada ginjalnya bisa menunjukkan kondisi penyakit yang dideritanya. Namun tentu saja hal tersebut harus dipastikan dengan pemeriksaan lengkap untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Mulut kering merupakan salah satu keluhan yang muncul pada penderita penyakit ginjal. Hal tersebut terkait dengan gangguan pada kelenjar air liur, pembatasan asupan cairan, dan efek terapi dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Selain mulut kering, ada juga gangguan rongga mulut lainnya yang bisa dialami para penderita sakit ginjal. Seperti bau mulut atau halitosis.

Bau mulut atau halitosis disebabkan karena meningkatnya kadar urea dalam darah dan air liur akibat dari gangguan fungsi ginjal. Urea tersebut kemudian berubah menjadi amonia yang berbau tak sedap dan menimbulkan bau mulut yang khas.

Selain itu, terdapat pula rasa yang tidak enak dalam mulut dan gangguan pada pengecapan rasa yang dikaitkan dengan peningkatan kadar urea pada air liur. Peradangan pada gusi dan tulang yang mendukung gigi juga bisa terjadi dan menyebabkan gigi menjadi goyang serta lepas.

Perawatan gigi pada penderita penyakit ginjal memerlukan perhatian khusus dari dokter gigi. Hal tersebut bukan hanya karena penderita penyakit ginjal memiliki beberapa masalah dalam rongga mulutnya, tetapi juga karena efek samping dari perawatan yang mungkin saja terjadi.

Sebelum perawatan dilakukan, jelaskan mengenai kondisi penyakit Anda dan terapi yang Anda jalani. Hal ini dilakukan guna menghindari komplikasi yang bisa saja terjadi, dan untuk menentukan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan.

Meski tak semua kondisi mulut kering disebabkan karena sakit ginjal, jangan pernah menyepelekan gangguan rongga mulut yang satu ini. Periksakan diri Anda ke dokter gigi secara rutin.

Sumber : www.klikdokter.com


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #keluarga #kesehatan

Berita terakit :


Gubernur Zola Tinjau Dan Beri Bantuan Warga Yang Terkena Musibah Kebakaran
Kamis 21 April 2016

Gubernur Zola Tinjau Dan Beri ...

Disperindag Terus Lalukan Pengawasan Elpiji 40 Ribu Tabung Elpiji 3 Kg Disiapkan
Selasa 21 Maret 2017

Disperindag Terus Lalukan Peng ...

Sederet Barang Wajib Dimiliki Wanita Karier
Senin 11 Januari 2016

Sederet Barang Wajib Dimiliki ...

Inilah Agenda Hari Terakhir Muktamar XV Tapak Suci di Makassar
Sabtu 24 Februari 2018

Inilah Agenda Hari Terakhir Mu ...

Jaga Kerukunan, Menag Ajak Masyarakat Ambon Tumbuhkan Tiga Sikap Toleransi
Minggu 01 Januari 2017

Jaga Kerukunan, Menag Ajak Mas ...

‘Groundbreaking’ Rusunami MBR, Presiden Jokowi: Kalau DPnya 1 Persen, Mampulah Pekerja
Kamis 27 April 2017

‘Groundbreaking’ Rusunami ...