SPAM Tanjab Timur Akan Menjadi PDAM

Rabu 14 Februari 2018 22:56:09 WIB Dilihat : 347 Kali


SPAM Tanjab Timur Akan Menjadi PDAM

HALUANNEWS.COM, Tanjab Timur- Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) pada 2018 akan beralih status menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Peralihan itu setelah SPAM mendapatkan rekomendasi dari biro organisasai dan tata leksana (Ortala) Provinsi Jambi.
 
Kepala UPTD SPAM Kabupaten Tanjabtim Ahmad Pauzan saat disambangi sejumlah awak media mengatakan karena sistem pengelolaan air minum Kabupaten Tanjabtim ini memenuhi syarat, bekemungkinan pada 2018 SPAM Kabupaten Tanjabtim  segera beralih statusnya menjadi Perusahan Daerah Air Minum (PDAM). Pelaralihan tersebut masih menunggu Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Tanjabtim. " Ketentuan lainnya sudah mendukung, kita tinggal menunggu perevisian perda PDAM ," jelas Fauzan.
 
Di Provinsi Jambi ini, hanya Kabuoaten Tanjabtim yang saat ini belum memiliki perusahaan daerah air minun (PDAM).  "Ada sekitar 5000 lebih sambungan di Tanjabtim, insyaallah tahun 2028 kuta sudah memiliki PDAM ," katanya.
 
Menurutnya, peralihan status itu dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Tanjabtim. Jika PDAM telah diresmikan, maka setiap sambungan akan dikenakan tarif. " Tarif tersebut beguna bagi peningkatan mutu pelayanan publik PDAM dan akan semakin banyak sambung terhubung ke masyarakat" tambah.
 
Bilamana sudah menjadi PDAM, secara otomatis menjadi suatu badan tersendiri, dan masih dalam subsidi Daerah.  " kalau Pengelolaan PDAM sudah berjalan, secara bertahap subsidi dari Daerah itu semakin mengecil, bahkan dapat dihapuskan. Sehinga PDAM dapat mandiri ," Tandasnya. (amt).

Tag Berita :
#Sabak #InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Kualitas SDM Suatu Negara Tentukan Kualitas Budayanya
Kamis 20 Oktober 2016

Kualitas SDM Suatu Negara Tent ...

Polres Metro Jakarta Barat Tangkap 3 dari 11 Orang yang Keroyok Ustaz Basit di Kemanggisan
Minggu 11 Februari 2018

Polres Metro Jakarta Barat Tan ...

Kemenristekdikti Luncurkan Program Penguatan Pendidikan Pancasila
Sabtu 12 Agustus 2017

Kemenristekdikti Luncurkan Pro ...