Patroli Indobatt XXIII-L Kembali Temukan UXO di Distrik Az Zaqqiyah Lebanon

Selasa 13 Februari 2018 20:34:48 WIB Dilihat : 153 Kali


Patroli Indobatt XXIII-L Kembali Temukan UXO di Distrik Az Zaqqiyah Lebanon

HALUANNEWS.COM, Lebanon--Tim Patroli Satgas Indobatt (Indonesia Battalion) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) kembali menemukan UXO (Unexploded Ordnance)di AoR Kompi Charlie UNP 9-2  wilayah Az Zaqqiyah Lebanon Selatan, Senin (12/2/2018).
 
Penemuan UXO tersebut, berawal ketika Tim Patroli Kompi Charlie yang dipimpin Serda Mar Engga melaksanakan SFP 488 rutin disekitaran compound.  Tatapan mata anggota patroli atas nama Kopda Mar Anton Subagio terhenti ketika melihat sesuatu benda yang mencurigakan.
 
Setelah  dicermati dan diobservasi, dipastikan benda tersebut adalah sebuah UXO berjenis Granat Mortir 80 dan masih aktif.  Penemuan ini langsung dilaporkan ke TOC (Tactical Operation Center) Kompi Charlie dan dilanjutkan ke TOC Markas Battalion Indobatt di UNP 7-1.
 
Selanjutnya, TOC Markas Battalion melanjutkan ke LAF (Lebanese Armed Force) dan tidak berapa lama Tim EOD (Eksplosive Ordnance Disposal) yaitu tim penjinak bahan peledak dari LAF yang dipimpin Letnan Mussa Muhamad datang ke lokasi.
 
Selang beberapa saat, UXO berjenis Geranat Mortir 80 tersebut dapat dijinakkan kemudian segera dibawa ke Markas mereka sebagai barang bukti untuk segera dimusnahkan.
 
Menurut Komandan Kompi Charlie Kapten Mar Taufiq HidayatFoot Patrol yang dilaksanakan anggota kami adalah patroli rutin mengingat kondisi di area operasi Kompi Charlie ini sangat rawan. “Kemungkinan penemuan UXO ini merupakan sisa-sisa konflik di Lebanon beberapa waktu yang lalu,” ucapnya.
 
Ditempat terpisah disela-sela kunjungannya di Kompi Alfa, Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P.,  mengucapkan terima kasih atas kinerja anggotanya yang benar-bener fokus dalam menjalankan tugas.  Saya mengapresiasi kinerja anggota dalam menjalankan tugas. Dalam kurun waktu 2 minggu belakangan ini, Satgas kami sudah dua kali menemukan UXO, pertama di wilayah Tulin, dan kedua di Az Zaqqiyah AoR Kompi Charlie,” jelasnya.
 
“Ini sesuatu yang menunjukkan kalau daerah operasi Satgas Indobatt benar-benar rawan, dan Allhamdulillah anggota kami sangat fokus dalam menjalankan tugas,” pungkas Letkol Inf Arfan Johan Wihananto.
 
Autentikasi :
Perwira Penerangan Konga XXIII-L/Unifil, Lettu Inf Yandra HP/WA 08128370478

Tag Berita :
#Prajurit-TNI #InfoTerkini #Militer #Internasional #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional

Berita terakit :


KKN UNSA 2017 Diikuti 120 Mahasiswa
Selasa 03 Oktober 2017

KKN UNSA 2017 Diikuti 120 Maha ...

 Pemuda Harus Bisa Membangun Jiwa Optimisme Untuk Menjadi Pemimpin
Rabu 21 Desember 2016

Pemuda Harus Bisa Membangun J ...

ZOLA TINJAU PELEBARAN JALAN Sp. TIGA KEBUN KOPI – Sp. TIGA XAVERIUS
Senin 11 September 2017

ZOLA TINJAU PELEBARAN JALAN Sp ...

40 PASANGAN MENGIKUTI PENGANTIN NIKAH MASSAL DI PENDOPO KOTA BANDUNG
Rabu 22 November 2017

40 PASANGAN MENGIKUTI PENGANTI ...

Mengejutkan Pupuk berbahan Alami Kieserite masuk di kabupaten Tebo
Minggu 10 Desember 2017

Mengejutkan Pupuk berbahan Ala ...

Unsa Makassar  Adu Ketangkasan Lomba Bulu Tangkis Hardiknas 2018
Sabtu 28 April 2018

Unsa Makassar Adu Ketangkasan ...