Komisi VI DPR RI Khawatir Impor Beras Rugikan Petani

Kamis 18 Januari 2018 23:08:10 WIB Dilihat : 147 Kali


Komisi VI DPR RI  Khawatir Impor Beras Rugikan Petani

HALUANNEWS.COM, Jakarta--Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno mengkhawatirkan kebijakan pemerintah yang akan melakukan  impor beras dalam menangani gejolak tingginya harga beras dapat merugikan petani. Untuk itu, pemerintah harus memberikan penjelasan mengenai kebijakan tersebut.

“Kita tidak ingin para petani kita yang saat ini sedang mengharapkan agar panen raya yang jatuh pada bulan Februari mendatang dengan hasil yang baik dapat menguntungkan. Dengan kebijakan impor beras dikhawatirkan membuat petani terpuruk,” katanya saat memimpin Rapat Kerja dengan Menteri Perdagangan dan jajarannya, yang dihadiri juga Kementerian BUMN, PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dan Perum Bulog, di Gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Kementerian Perdagangan memang telah memutuskan untuk membuka keran impor beras sebanyak 500.000 ton untuk bisa memenuhi pasokan dan menjaga stabilisasi harga.

Sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 48 Tahun 2016. Dimana dalam aturan itu Bulog ditugaskan untuk melakukan impor, dalam rangka stabilisasi harga beras, dalam rangka meningkatkan cadangan beras pemerintah, dan menjaga ketersediaan beras di masyarakat.

Teguh Juwarno lalu menjelaskan agenda rapat bahwa dalam rapat kerja dan rapat dengar pendapat pada hari ini dalam rangka membahas kebijakan impor beras dan gejolak peningkatan harga beras.

“Jadi di sini kita mendengarkan penjelasan mengenai permasalahan impor beras. Agar publik tahu secara clear mengapa kebijakan ini harus ditempuh,” pungkasnya. (as/sc/Hms DPR )


Tag Berita :
#InfoTerkini #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional #ekonomi #politik

Berita terakit :


Pemberian Bantuan Mesti Dalam Kendali
Selasa 27 Desember 2016

Pemberian Bantuan Mesti Dalam ...

Kejar Ketertinggalan Pendidikan, Presiden Jokowi: Jangan Belajar di Ruangan Saja
Minggu 29 Oktober 2017

Kejar Ketertinggalan Pendidika ...

TERJATUH DARI KAPAL ABK KAPAL PASER 02 DITEMUKAN MENINGGAL DUNIA
Minggu 27 Maret 2016

TERJATUH DARI KAPAL ABK KAPAL ...

ILLIZA TINJAU PROSES PEMBUATAN KTP ELEKTRONIK
Rabu 07 September 2016

ILLIZA TINJAU PROSES PEMBUATAN ...