MASYARAKAT ANTUSIAS IKUTI ANEKA KEGIATAN HUT PROVINSI JAMBI

Minggu 14 Januari 2018 19:51:33 WIB Dilihat : 112 Kali


MASYARAKAT ANTUSIAS IKUTI ANEKA KEGIATAN HUT PROVINSI JAMBI

Zola: Saya Terimakasih sekali kepada Masyarakat dan Sponsor

HALUANNEWS.COM, Jambi--– Minggu (14/1) pagi hingga siang, masyarakat berjejal di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi untuk mengikuti aneka kegiatan dalam rangka Peringatan Ulang Tahun ke-61 Provinsi Jambi Tahun 2018. Guna memeriahkan ulang tahun ke-61 Provinsi Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi bekerjasama dengan berbahgai pihak menyelenggarakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat. Masyarakat Jambi dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, bahkan para orangtua memadati Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi

Acara dimulai dengan jalan santai, dengan rute : start dari Lapangan Depan kantor Gubernur Jambi – depan bundaran air mancur – depan Bank Indonesia – belok kiri sampai ke Museum Siginjai – dan finish di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi. Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA melepas jalan santai sekaligus ikut serta dalam jalan santai tersebut.

Usai mengikuti jalan santai, didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola meninjau Pasar Tani, yakni pasar yang mempromosikan dan menjual berbagai produk hasil pertanian, terutama sayur mayur dan buah-buahan. Pasar Tani ini diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi, beberapa kelompok tani dan SMK yang berbasis industri pertanian. Dalam Pasar Tani ini juga dipamerkan tanaman hidroponik, yang akhir-akhir ini semakin terkenal.

Kemudian, gubernur dan istri membuka dan meninjau Pasar Lelang Terpadu Komoditi Agro Edisi Tahun 2018, yang menjual berbagai komoditi Provinsi Jambi, pangsa pasarnya bukan hanya Provinsi Jambi, tetapi juga nasional. Saat meninjau pasar lelang tersebut, panitia lelang menjelaskan bahwa madu dari Jambi dibeli oleh warga Bogor, dengan harga Rp1 miliar lebih.

Setelah itu, Zola dan Sherrin meninjau stand makanan Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), dengan berbagai pangan non beras. Di stand ini, puluhan pelajar baik putra maupun putri melakukan makan bersama makanan B2SA.

Selanjutnya, Zola dan Sherrin menuju panggung utama untuk menarik nomor undian jalan santai. Puluhan hadiah menarik diberikan kepada masyarakat, dengan hadiah utama 4 umroh, 2 diantaranya kepada 2 orang guru berprestasi. Selain paket umroh, ada juga 1 unit sepeda motor, kulkas, beberapa unit sepeda, mesin cuci, kipas angin, setrika, dan berbagai hadiah lainnya.

Dua orang guru yang mendapat umroh adalah Kepala SLB Sri Soedewi Masjchun Safwan Jambi, Solbi,S.Pd,M.Pd atas prestasi juara 1 guru berprestaasi se nasional dan Dwi Astuti, S.Pd juara 3 guru berprestasi se nasional. Dwi Astuti merupakan guru TK di Kabupaten Batanghari.

Selama penarikan undian jalan santai, secara semultan digelar final lomba tarik tambang, lomba balap karung, lomba panjat pinang, dan lomba menangkap belut. Gubernur Jambi dan Sekda Provinsi Jambi Drs.H.M. Dianto, M.Si ikut serta dalam balap karung tersebut.

Selain itu, di Gedung DPRD Provinsi Jambi dilaksanakan khitanan massal, pemeriksaan kesehatan dan test IVA gratis. Donor darah juga dilaksanakan dalam kegiatan kesehatan ini. Sekda Provinsi Jambi, meninjau pelaksanaan khitanan massal dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut. Saat peninjauan, dari data pihak penyelenggara khitanan massal, terdapat 62 anak yang mengikuti khitanan tersebut.

Berbagai kegiatan yang dimulai sekitar jam 07 WIB tersebut berakhir mendekati jam 12 WIB, seluruh ragkaian kegiatan berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar. Masyarakat sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan tersebut dari awal hingga selesai

Usai acara, dalam sesi wawancara, Zola menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut memang puncak acara untuk masyarakat Jambi, dengan pusat kegiatan di lapangan Kantor Gubernur. “Tadi kita mulai dengan jalan sehat. Ada pasar Tani, dari 11 kabupaten/kota hadir di sana, menjual kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih murah daripada di pasar, dan ini sudah habis semuanya, kemudian ada lelang, lelang ini menarik, tadi madu dilelang, itu sudah dibeli, nilainya Rp1 miliar lebih dengan pembeli dari Bogor. Total semua lelang itu dari belasan komoditas, mencapai Rp20 miliar, itu semua Jambi punya, masyarakat punya. Jadi kita memfasilitasi penjualan komoditi yang dimiliki masyarakat, ternyata pembelinya banyak sekali secara nasional,” ujar Zola.

“Selain ada grand prize umroh, juga kita berikan umroh kepada 2 orang guru berprestasi. Kita juga undang juga guru-guru se Provinsi Jambi dengan kepala sekolahnya, dan pengawas sekolah. Kita igin memberikan penghargaan kepada para guru yang selama ini mendedikasikan mendidik anak-anak kita, terutama di daerah-daerah terpencil,” jelas Zola.

Selain itu, lanjut Zola, juga ada Balap Karung, Panjat Pinang dengan jumlah batang pinang 61 sesuai dengan usia Provinsi Jambi. “Ramai sekali yang datang ke acara ini, dan yang datang bukan hanya dari Kota Jambi, tetapi juga dari kabupaten/kota se Provinsi Jambi. dan sampai sekarang, sudah hampir jam 12, masih ramai juga,” ungkap Zola.

“Saya terimakasih sekali kepada, pertama, masyarakat Provinsi Jambi yang sudah ramai-ramai datang ke acara ini, mohon doanya dan dukungannya untuk pembangunan Provinsi Jambi, kedua, kepada semua pihak dan sponsor yang telah berkontribusi untuk acara ini, banyak pihak swasta yang memberikan dukungan, dari pihak perbankan, hotel, ini adalah kebersamaan kita. Intinya adalah, yuk kita sama-sama merayakan dan memberikan sesuatu yang positif kepada masyarakat Provinsi Jambi. Insyaallah, tahun depan kita buat konsep yang menarik untuk masyarakat Jambi,” tutup Zola. (Humas Pemprov Jambi) 


Tag Berita :
#Jambituntas #KotaJambi #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah #hiburan

Berita terakit :


Toyota Tetap Mempertahankan Posisi di 2016
Kamis 14 Januari 2016

Toyota Tetap Mempertahankan Po ...

Pelajar ASEAN Pelajari Budaya Indonesia dalam Belajar Bersama Maestro se-ASEAN
Selasa 09 Agustus 2016

Pelajar ASEAN Pelajari Budaya ...

Mia Audina Temui Menpora Tanyakan Penghargaan Terhadap Mantan Atlet Peraih Medali Olimpiade
Selasa 02 Agustus 2016

Mia Audina Temui Menpora Tanya ...