KONI Diminta Orientasikan Program

Jumat 12 Januari 2018 14:01:08 WIB Dilihat : 188 Kali


KONI Diminta Orientasikan Program

HALUANNEWS.COM, Semarang – Brigjend TNI (Pur) Subroto resmi menjabat Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Tengah periode 2017-2021 menggantikan Hartono. Pelantikan Subroto bersama pengurus KONI lainnya dilakukan Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jawa Tengah di Wisma Perdamaian, Kamis (11/1).

Usai dilantik Subroto menyatakan komitmen, di bawah kepemimpinannya KONI Jateng akan mendongkrak produktivitas kinerja dan meningkatkan prestasi atlet.

“Kepengurusan KONI baik provinsi, kabupaten/kota, dan pengprov cabor memiliki posisi strategis dan prospektif untuk mencapai produktivitas dalam meningkatkan prestasi. Baik prestasi atlet, kesejahteraan, maupun meningkatkan kinerja manajemen organisasi dan hubungan kelembagaan seluruh stakeholders kelembagaan,” terangnya.

Subroto yang juga didaulat sebagai Ketua Umum Federasi Hoki Indonesia (FHI) itu membeberkan, pekerjaan rumah dalam waktu dekat adalah menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi XV yang rencananya dihelat pada Oktober 2018 di Kota Surakarta.

“Oleh karena itu, kami berharap Porprov sukses dalam penyelenggaraannya, dan sukses prestasi untuk menyongsong PON XX tahun 2020 di Papua,” harapnya.

Sementara itu, mantan Ketua Umum KONI Jateng Hartono berharap, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dapat memberikan perhatian lebih kepada KONI Jateng dan olahraga prestasi. Salah satunya dengan memastikan alokasi anggaran yang cukup. Sehingga prestasi atlet Jateng pada PON XIX 2016 yang semula berada pada peringkat empat, dapat beranjak ke peringkat pertama pada penyelenggaraan PON 2020.

“Mudah-mudahan olahraga KONI bisa maju ke depan, siapa pun nanti yang menjadi gubernur. Saya juga akan ikut ngomong nanti, supaya olahraga prestasi Jawa Tengah ini nanti betul-betul diberikan anggaran yang cukup. Orientasinya mesti kepada program,” harapnya.

Menanggapi harapan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Drs Rukma Setyabudi MM menyatakan pihaknya setuju apabila alokasi anggaran untuk KONI dan olahraga prestasi di Jateng berasaskan money follow programme. Sebelum menentukan alokasi anggaran, KONI Jateng pun dituntut menyusun program-program kerja yang realistis untuk diimplementasikan.

“Saya setuju sekali bahwa money follow programme. Artinya, kita buat program kerja yang nyata, lalu anggarannya berapa itu yang kita tentukan jumlahnya. Bukan seperti dulu money follow function. Sekarang lebih jelas programnya apa,” jelasnya.

Pihaknya mempersilakan KONI Jateng untuk menyampaikan usulan alokasi anggaran, asalkan sesuai dengan program kerja, transparan, dan akuntabel.

“Mangga diajukan saja. Sejauh itu riil, masuk akal, transparan dan akuntabel, pasti kita dukung. Karena kita tahu atlet kita pasti melalui proses panjang. Tidak bisa langsung menjadi jagoan dan menang. Semua itu butuh proses bagaimana kita melatih, membimbing, membina dan memberi mereka kesempatan,” ujar Rukma.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan kepada para atlet akan membentuk jiwa sportif di dalam diri mereka. Sehingga atlet akan berupaya meraih kemenangan dengan menjunjung etika.

“Nggak fair kalau kita menang tetapi dengan cara yang tidak benar, tidak sportif. Menang harus dengan cara-cara beretika dan terhormat,” tegas Rukma.

Senada dengan Rukma, Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi berpesan agar Subroto dan para pengurus KONI Jateng dapat memajukan olahraga prestasi dengan mengelola sumber daya yang sudah ada dengan sebaik-baiknya.

“Saya harap (KONI Jateng) bisa memenej sumber daya yang sudah tersedia secara maksimal agar mampu memajukan olahraga prestasi di Jateng,” pesannya.

Pelindung KONI Jateng itu meyakini, olahraga mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dengan olahraga, masalah SARA bisa dieliminasi. Karena olahraga itu tidak mengenal suku, agama, ras, asal-usul. Pokoknya putra-putri Indonesia. Dengan olahraga, kita berupaya mewujudkan semboyan kita NKRI harga mati,” pungkasnya.( Ar/Humas Jateng)


Tag Berita :
#berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah #hiburan

Berita terakit :


Tunggakan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sako Batuah  Mencapai 2 Milyar Lebih
Kamis 22 Februari 2018

Tunggakan Pelanggan Perusahaan ...

Menpora Anugerahkan Penghargaan Kepada 286 Legenda Olahraga Indonesia
Kamis 14 Desember 2017

Menpora Anugerahkan Penghargaa ...

Negara Maju Karena Industri Tangguh
Selasa 31 Januari 2017

Negara Maju Karena Industri Ta ...