Bakamla RI Jajaki Framework Kerjasama Bilateral Dengan India CG

Jumat 12 Januari 2018 13:43:07 WIB Dilihat : 114 Kali


Bakamla RI Jajaki Framework Kerjasama Bilateral Dengan India CG

HALUANNEWS.COM, New Delhi--Delegasi Indonesia dipimpin Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto melakukan kunjungan kerja The First Indonesia-India Security Dialogue (IISD-1) dan diterima Penasehat Keamanan India Ajit K. Doval. Pada kesempatan tersebut perwakilan Bakamla RI bertemu dengan Direktur Operasi India Coast Guard (ICG) Laksda Paramesh di kantor Mako ICG, New Delhi India, beberapa hari lalu. 
 
Perwakilan Bakamla RI Kabagum Zona Kamla Barat Kolonel Marinir Sandy Muchjidin Latief yang hadir bersama Kepala Pangkalan Serei Kolonel Laut (P) Agung Jaya Saktika mengatakan acara berlangsung dengan aman dan lancar. Pertemuan yang dilaksanakan untuk menjajaki kerjasama bilateral kedua negara di bidang hukum dan keamanan untuk pertama kalinya tersebut berhasil membuka peluang hubungan kerjasama keamanan laut yang lebih baik antara Bakamla RI dengan ICG.
 
Kolonel Sandi mengatakan, melalui pertemuan tersebut Menko membuka peluang atau koridor yang memungkinkan adanya hubungan yang lebih baik antar Coast Guard to Coast Guard. Pembicaraan menghasilkan rencana untuk pelaksanaan IISD ke-2 dalam format working group. Pertemuan ini akan menjadi agenda tetap dalam kerja sama Indonesia-India, dan untuk pertemuan berikutnya rencananya dilakukan di Indonesia.
 
Pertemuan yang difasilitasi secara aktif oleh Dubes RI di India Sugiharto tersebut membahas beberapa peluang kerjasama antara lain patroli bersama, capacity building, dan upaya penanganan masalah keamanan lainnya.
 
Selaku perwakilan ICG, Laksda Paramesh menyambut baik kehadiran Bakamla RI dalam pertemuan tersebut. Menurutnya, ditengah kompleksnya permasalahan laut, ICG memerlukan adanya otoritas resmi Indonesia di bidang keamanan laut yang dapat menjadi partner India dalam kerjasama untuk mengatasi permasalahan yang ada. Laksda Paramesh juga berharap dapat diberikan kemudahan untuk memantau kapal-kapal yang melewati perairan Indonesia dan bergerak menuju perairan India.
 
Autentikasi: 
Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono

Tag Berita :
#Militer #Internasional #berita terkini indonesia #koran indonesia #nasional

Berita terakit :


Menikmati Gowes, Menikmati Kebersamaan
Sabtu 08 Oktober 2016

Menikmati Gowes, Menikmati Keb ...

TIGA TAHUN DANA DESA TURUNKAN ANGKA KEMISKINAN DI DESA
Kamis 14 Desember 2017

TIGA TAHUN DANA DESA TURUNKAN ...

Jangan Biarkan Yang Lemah Mati
Rabu 27 September 2017

Jangan Biarkan Yang Lemah Mati ...

GUBERNUR KUKUHKAN TUJUH KOMISIONER KPID JATIM 2016-2019
Selasa 06 Desember 2016

GUBERNUR KUKUHKAN TUJUH KOMISI ...