Terima Pengurus IWAPI, Seskab Ajak Partisipasi dalam Program Prioritas Pemerintah

Kamis 24 Maret 2016 14:48:55 WIB Dilihat : 224 Kali


Terima Pengurus IWAPI, Seskab Ajak Partisipasi dalam Program Prioritas Pemerintah

HALUANNEWS - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menerima 8 orang pengurus DPP (Dewan Pengurus Pusat) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di ruang kerjanya, lantai 2 Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (24/3) siang. Dalam pertemuan tersebut, IWAPI yang kini berusia 41 tahun menyampaikan kegiatan dan program kerja IWAPI.

Sementara Seskab menyampaikan, bahwa titik berat pemerintahan Presiden Jokowi adalah pembangunan infrastruktur dan deregulasi. “Pemerintah ingin membangun dari daerah, dari pinggiran,” tegas Seskab.Perubahan yang telah dilakukan Pemerintah, lanjut Seskab, salah satunya terlihat dari pembangunan bandara di luar Jawa yang kini lebih bagus dibanding di Jawa.

“Ini yang menjadi prioritas Presiden. Pertama, Presiden menginginkan semua daerah perbatasan lebih bagus dibanding negara tetangga. Jalan Entikong yang sebelumnya hanya 5 meter kini menjadi 20 meter. Proyek mangkrak juga diselesaikan,” lanjut Seskab

Dalam kesempatan ini Seskab menyampaikan kebijakan Pemerintah terkait Daftar Negatif Investasi (DNI) juga diarahkan agar tetap melindungi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), khususnya UMKM dengan modal di bawah Rp. 10 miliar. Pemerintah juga fokus untuk menghilangkan praktek kartel dan oligopoli.

Seskab memberikan contoh bahwa pemain utama industri film saat ini dikuasai oleh tiga pemain besar, sementara jumlah bioskop di Indonesia hanya 1.117 buah, dengan konsentrasi 43% ada di Jakarta, dan 57% tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah ini kalah jauh dengan Kota Beijing yang memiliki layar hingga 2.500 bioskop.  

“Yang seperti ini dibuka, dengan persyaratan bahwa semua bioskop menampilkan 60% film Indonesia,” lanjut Seskab. Kebijakan yang sama juga diberlakukan untuk obat, yang masih dikuasai beberapa kelompok. Pemerintah dalam hal ini ingin menurunkan harga obat sehingga lebih terjangkau oleh rakyat.

Dorong Sektor Pariwisata

Sementara Ketua IWAPI Nita Yudi menjelaskan, saat ini organisasi yang dipimpinnya fokus pada pengembangan Indonesia Timur sesuai fokus Pemerintahan Jokowi. IWAPI juga berterima kasih karena Pemerintah terus memberikan dukungan terhadap kegiatan yang dilakukan IWAPI.

“Program kemudahan ijin UMKM yang dibahas dalam ratas sangat membantu IWAPI untuk mempersiapkan diri bersaing dalam MEA, bahkan memenangkan pasar global,” ujar Nita Yudi.

Lebih lanjut Nita menyampaikan bahwa IWAPI juga fokus pada sektor pertanian dan kedaulatan pangan. Khususnya berkaitan dengan bagaimana caranya agar petani dapat harga yang reasonable, end-user juga mendapat harga yang baik.

Dalam kesempatan ini Seskab mengajak IWAPI untuk ikut berpartisipasi menyukseskan program prioritas pemerintah, misalnya dengan bekerja sama dengan BUMN.   “Ini adalah opportunity. Termasuk memanfaatkan CSR-nya BUMN. Sebab jika tidak di-empowering tidak ada proteksi, tidak didorong, akan susah bertarung dengan perusahaan besar-besar ,” ujar Seskab.

Seskab juga menyampaikan bahwa sektor yang perlu dipersiapkan adalah sektor pariwisata.  “Kita mendorong beberapa daerah, Borobudur, Danau Toba, Bitung, dan sebagainya utamanya yang wisata, kalau bisa teman-teman IWAPI di daerah bisa menyambut,” ujarnya.

IWAPI sendiri dibentuk sebagai wadah wanita pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Mayoritas dari 30.000 anggota IWAPI adalah pengusaha kecil – menengah yang bergerak dalam bidang usaha kreatif. Saat menerima perwakilan Pengurus IWAPI itu, Seskab Pramomo Anung didampingi oleh Deputi Bidang Perekonomian Agustina Murbaningsih.

editor : cub


Tag Berita :
#nasional #presiden #selebritis #keluarga #sehat #kampus #daerah

Berita terakit :


7 Sekolah Retak Akibat Gempa di Sumba Barat
Minggu 14 Februari 2016

7 Sekolah Retak Akibat Gempa d ...

Tips Meletakkan Barang Bawaan dengan Rapi di Bagasi Mobil Sebelum Travelling
Sabtu 30 April 2016

Tips Meletakkan Barang Bawaan ...

Mahasiswa S2  PPs-UNM Kuliah Lapangan di Mall dan Media Fajar
Selasa 12 Desember 2017

Mahasiswa S2 PPs-UNM Kuliah L ...

Kementerian PUPR Serahkan Instalasi Pengolahan Sampah Kepada Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Selasa 14 Maret 2017

Kementerian PUPR Serahkan Inst ...

INSTANSI PEMERINTAH WAJIB OPTIMALKAN E-GOVERNMENT
Selasa 06 September 2016

INSTANSI PEMERINTAH WAJIB OPTI ...