PEMKAB DAN PHBI GELAR PAWAI TA`ARUF

Selasa 19 September 2017 08:43:32 WIB Dilihat : 37 Kali


PEMKAB DAN PHBI GELAR PAWAI TA`ARUF

Sambut Tahun Baru Hijriah

HALUANNEWS.COM, PURWOKERTO--Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) akan menggelar pawai taaruf untuk menyambut tahun baru 1439 Hiriyah. Kegiatan akan digelar Rabu malam (20/9) di Alun-alun Purtwokerto.

Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas, Fatikhul Iksan mengatakan bahwa Pawai Taaruf akan diikuti oleh Sekolah Madarasah Aliyah (MA) Madarsadan Ibtidaiyah (MI), Madarasah Tsanawiyah (M.Ts), Pondok Pesantren, Madarasah Diniyah (Madin) dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ).

“Selain sekolah tersebut yang ingin mengikuti kegiatan juga diperbolehkan dengan mendaftar di Kantor Kementrian Agama untuk sekolah dan oragnisasi yang berbasis Agama Islam, untuk sekolah umum mendaftar di Bagian Kesra Setda Kabupaten Banyumas” kata Fatikul.

Peserta rencana akan diberangkatkan dari Alun-alun Purwokerto jam 19.30 WIB akan melewati route Alun-alun ke timur Jl Jenderal Sudirman, sampai pertigaan Jl Merdeka ke utara sampai Tugu Pembangunan, kemudian kebarat menyusuri Jl Gatot Subroto sampai perempatan Jl Masjid ke selatan kembali finish di Alun-alun Purwokerto.

Fatikhul menambahkan sebelum kegiataan pawai taaruf, Rabu sore (20/9) sekitar jam 17.00 WIB, Bupati Banyumas bersama unsur Pimpinan Forkompinda, Ulama dan Kepala SKPD akan melakukan doa akhir tahun dan pemukulan bedug sebagai pertanda berakhirnya Tahun 1438 H datangnya Tahun Baru 1439 Hijiriyah. Setelah sholat maghrib akan dilakukan doa awal tahun ditempat yang sama yaitu Pendopo Sipanji.

“Untuk menyemarakan suasana, akan diadakan panggung seni islami yang akan diisi oleh Hadroh Elsas dari Desa Gununglurah Kecamatan Cilongok di Alun-alun Purwokerto,” lanjutnya.

Tanpa Obor

Fatikhul mengingatkan bahwa peserta pawai taaruf tidak diijinkan, menggunakan obor. Hal itu untuk mengurangi risiko, mengingat obor dapat menimbulkan kebakaran karena saat ini musim kemarau.

“Namun agar suasana tetap semarak, para peserta diperbolehkan membawa lampu yang berasal dari batery, misal center, dan lampu lainnya yang bersumber battery” kata Fatikhul

Pawai taaruf yang digagas oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein sejak menjabat itu semakin tahun semakin ramai. Fatikhul mengaku banyak masukan yang menginginkan dan menyanggupi tahun baru Islam atau Hijriah diramaikan dengan perayaan kembang api. Akan tetapi setelah meminta pertimbangan kepada para kiai dan tokoh agama Islam, usulan tersebut tidak dilaksanakan.

“Pak Bupati berpesan agar dalam merayakan tahun baru Islam atau Hijriah agar masyarakat lebih memperbanyak doa, sholawat dan takbir secara khusyuk supaya diampuni dosanya di tahun lampau dan akan diberi petunjuk serta bimbingan agar diberi keselematan dan kesuksesan pada tahun yang akan datang,” kata Fatikhul. (Parsito/hms)

 

Tag Berita :
#Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah #hiburan

Berita terakit :


Aher : Jangan Sampai Perkembangan TIK Mempengaruhi Ketenagakerjaan
Selasa 14 Maret 2017

Aher : Jangan Sampai Perkemban ...

Produk DIY Dibanjiri Pengunjung Dalam Festival Indonesia di Rusia
Jumat 14 Oktober 2016

Produk DIY Dibanjiri Pengunjun ...

Apresiasi Penanaman Hutan Oleh Koperasi, Presiden: Jangan Beri Konsesi Besar Pada Korporasi
Senin 28 November 2016

Apresiasi Penanaman Hutan Oleh ...

Tiga Bulan Uji Coba Pejabat Eselon 3 dan 4 Copot
Rabu 18 Januari 2017

Tiga Bulan Uji Coba Pejabat Es ...

Komisi IX Minta BPJS Percepat Analisa Data Biaya Pelayanan
Kamis 03 Maret 2016

Komisi IX Minta BPJS Percepat ...

KPD JATIM JADI MODEL PENGUATAN EKONOMI NASIONAL
Rabu 15 Februari 2017

KPD JATIM JADI MODEL PENGUATAN ...