ODED: PEMIMPIN HARUS PUNYA NORMA YURIDIS DAN ETIS

Rabu 13 September 2017 22:09:29 WIB Dilihat : 89 Kali


ODED: PEMIMPIN HARUS PUNYA NORMA YURIDIS DAN ETIS

HALUANNEWS.COM, Kota Bandung--"Apa bedanya pejabat dengan pemimpin?" tanya Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada para mahasiswa baru Program Studi Ilmu Administrasi Negara di Kampus Universitas Pasundan, Jalan Lengkong Besar No. 68 A, (13/9/2017).

Para mahasiswa baru itu bergeming, menunggu kelanjutan materi yang disampaikan Oded. Pria yang karib disapa Mang Oded itu memang diundang oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara Unpas untuk memberikan motivasi pada sesi Masa Bimbingan mahasiswa baru.

"Pemimpin adalah dia yang menerima amanah dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, sementara pejabat sekadar menerima jabatan demi fasilitas-fasilitas," imbuh Oded. Ia lantas mengimbau agar para mahasiswa tidak sekadar menjadi pejabat, melainkan menjadi pemimpin yang baik dan amanah.

Dalam pandangannya, ada dua cara untuk menjalankan amanah sebagai pemimpin. Pertama, ia harus menggunakan akal dan pikirannya untuk menjalankan norma-norma yuridis.

"Norma yuridis itu adalah aturan-aturan yang telah tertulis, seperti Undang-Undang. Seorang pemimpin harus patuh terhadap hal itu," katanya.

Sementara yang kedua, pemimpin juga harus memiliki norma-norma etis yang menggunakan hati nurani sebagai panduan. Ia menceritakan bahwa ia tak jarang menggunakan norma etis di atas norma yuridis.

"Contohnya soal fasilitas negara, secara yuridis saya berhak mendapatkan fasilitas-fasilitas tertentu. Tapi saya dengan Wali Kota sepakat untuk menggunakannya secukupnya saja karena kami merasa masih ada ribuan warga miskin di Bandung yang harus lebih kami pikirkan," tutur Oded.

Oded menitipkan agar para mahasiswa harus menuntut ilmu secara tekun, tidak hanya di dalam kelas tetapi juga mendalami ilmu-ilmu kehidupan. Dengan begitu, kelak pada mahasiswa baru ini bisa menjadi pemimpin yang cerdas dan baik.

"Saya titip pesan, negeri yang kaya raya yang kita tinggali ini mencari sosok pemimpin yang amanah. Jadilah pemuda harapan bangsa yang dicintai oleh masyarakat," ucap pria yang juga menjadi alumnus kampus tersebut.(YAYAN A. BRILLYANA)


Tag Berita :
#Info #berita terkini indonesia #koran indonesia #daerah

Berita terakit :


Polsek Penjaringa Ungkap Kasus penculikan Anak Modus Membelikan Makanan
Selasa 31 Oktober 2017

Polsek Penjaringa Ungkap Kasus ...

 Harga Cabe Semakin Pedas
Selasa 10 Januari 2017

Harga Cabe Semakin Pedas

Agus Yudhoyono Berharap Raih 99,9% Suara di Kepulauan Seribu
Rabu 23 November 2016

Agus Yudhoyono Berharap Raih 9 ...

Kinerja BPK dan BPKP di Sorot
Senin 04 Januari 2016

Kinerja BPK dan BPKP di Sorot

Permudah Urusan Bisnis, Forum TTI Hadirkan Para Menteri Kabinet Kerja
Senin 26 September 2016

Permudah Urusan Bisnis, Forum ...